7 Tips Efektif: Cara Tidur Cepat untuk Memaksimalkan Waktu Istirahat, Salah Satunya dengan Metode Militer
Ilustrasi seorang lelaki yang tertidur dengan pulas (freepik.com)
07:44
25 Februari 2024

7 Tips Efektif: Cara Tidur Cepat untuk Memaksimalkan Waktu Istirahat, Salah Satunya dengan Metode Militer

 

Apakah Anda sering merasa sulit tidur di malam hari? Apakah Anda mencari cara untuk meningkatkan kualitas tidur, agar dapat memaksimalkan waktu istirahat?

Tidur nyenyak secara langsung dapat mempengaruhi kesehatan mental dan fisik. Hal tersebut dapat berdampak serius pada energi di siang hari, serta mengancam produktivitas, keseimbangan emosional, bahkan berat badan Anda. 

Dilansir dari helpguide.org, Minggu (25/2), meskipun berbagai situasi dan kondisi dapat berdampak pada kualitas tidur, Anda memiliki kendali lebih besar untuk mendapatkan waktu istirahat yang maksimal.

Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui lebih banyak tentang waktu dan cara, untuk tidur dengan cepat, sehingga Anda dapat memaksimalkan waktu istirahat di malam hari. 

Seberapa cepat saya harus tertidur?

Setiap orang memiliki waktu yang berbeda-beda untuk mencapai tidurnya. Tetapi, kebanyakan orang dewasa yang sehat seharusnya bisa tertidur di malam hari dalam waktu 10 hingga 20 menit. 

Jika Anda membutuhkan waktu lebih dari 30 menit, mungkin itu merupakan tanda bahwa Anda mengalami kondisi, seperti insomnia.

Namun, ada kemungkinan juga kita tertidur terlalu cepat. Jika Anda sering tertidur begitu kepala menyentuh bantal, itu mungkin pertanda Anda kurang tidur. 

Dengan kata lain, Anda tidak mendapatkan kualitas tidur yang cukup di malam hari. Oleh karena itu, beberapa tips berikut, dapat membantu Anda untuk tertidur dengan cepat, serta memaksimalkan waktu istirahat di malam hari. 

7 Tips untuk Tertidur dengan Cepat

  1. Tetap Selaras dengan Siklus Tidur dan Bangun Alami Tubuh

Usahakan untuk tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari. Ini membantu mengatur jam internal tubuh dan mengoptimalkan kualitas tidur Anda.

Pilihlah waktu tidur ketika Anda biasanya merasa lelah, agar Anda tidak gelisah. Jika Anda cukup tidur, Anda harus bangun secara alami tanpa alarm. 

  1. Kendalikan Cahaya

Melatonin merupakan hormon alami yang dikendalikan oleh paparan cahaya, membantu mengatur siklus tidur dan bangun Anda. 

Dalam kondisi tersebut, otak Anda mengeluarkan lebih banyak melatonin di situasi yang gelap, sehingga membuat Anda mengantuk, begitu pula dengan sebaliknya.

  1. Olahraga Siang Hari

Orang yang rutin berolahraga akan tertidur lebih cepat di malam hari, dan berdampak pada tidur yang nyenyak, serta jarang mengantuk di siang hari. 

Selain itu, olahraga teratur juga memperbaiki gejala insomnia dan apnea tidur, serta meningkatkan jumlah waktu yang Anda habiskan dalam tahap tidur nyenyak dan restoratif.

  1. Mengatur Pola Makan dan Minum

Kebiasaan makan Anda di siang hari, dapat berperan terhadap seberapa baik Anda tidur di malam hari, khususnya makan dan minum pada jam-jam sebelum tidur.

Oleh karena itu, yang perlu dilakukan untuk mendapatkan waktu tidur yang tepat, yaitu dengan berfokus pada pola makan yang menyehatkan jantung, membatasi kafein, nikotin, alkohol, hindari makan besar di malam hari, dan hindari minum terlalu banyak di malam. 

 

  1. Perbaikan Lingkungan Tidur 

Hal tersebut dapat dilakukan dengan menjaga ruangan agar tetap gelap, sejuk, dan tenang, serta membuat kamar yang dapat mengurangi kebisingan.

  1. Mengelola Stres

Stres, kekhawatiran, dan kemarahan, dapat membuat Anda sulit tidur dengan nyenyak. Mengambil langkah untuk mengelola tingkat stres Anda secara keseluruhan dapat mempermudah untuk melepas lelah di malam hari. 

Anda juga dapat mencoba mengembangkan kebiasaan bersantai sebelum tidur untuk membantu mempersiapkan pikiran menjelang tidur.

Hal tersebut dapat dilakukan, seperti mempraktikkan teknik relaksasi, mandi air hangat, meredupkan lampu, hingga mendengarkan musik lembut.

  1. Gunakan Metode Militer untuk Tidur dengan Cepat

Cara tidur dengan cepat seperti anggota militer, dapat menjadi salah satu cara untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik. Berikut langkah-langkah metode militer untuk tidur dengan cepat. 

  • Setelah nyaman di tempat tidur, pejamkan mata, dan tarik napas dalam-dalam.

  • Ambil napas panjang dan hembuskan beberapa kali, serta rilekskan semua otot, mulailah dari dahi, lalu turun ke pipi, dan rahang.

  • Lanjutkan bernapas dalam-dalam dan lepaskan ketegangan di bahu, lengan, dan tangan Anda, hingga ke ujung jari Anda.

  • Rilekskan dada, perut, dan pinggul, dan rasakan semua otot Anda rileks saat bernapas.

  • Fokus pada kaki Anda, dan rilekskan satu per satu. Mulailah dengan paha dan turunkan ke betis, kaki, dan jari kaki. 

  • Kosongkan pikiranmu untuk melakukan metode ini. 

     

    ***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #tips #efektif #cara #tidur #cepat #untuk #memaksimalkan #waktu #istirahat #salah #satunya #dengan #metode #militer

KOMENTAR