Bolehkah Kucing Makan Sayuran? Intip Fakta Lengkap yang Harus Diketahui Pemilik Kucing
ilustrasi kucing sedang makan. Sumber foto: Freepik
14:36
22 Februari 2024

Bolehkah Kucing Makan Sayuran? Intip Fakta Lengkap yang Harus Diketahui Pemilik Kucing

Pemilik kucing yang baik tahu bahwa salah satu cara terbaik untuk menjaga kesehatan kucing dengan memberikan nutrisi yang baik.

Namun, banyak pemilik kucing yang tidak mengetahui makanan apa saja yang boleh dan tidak boleh dimakan kucingnya, selain makanan kucing biasa.

Jadi, bisakah sayuran berperan dalam pola makan kucing?

Jawaban sederhananya adalah ya, meskipun ada peringatan pada beberapa sayuran. Tidak apa-apa untuk melengkapi makanan kucing dengan beberapa sayuran seperti wortel atau brokoli yang dimasak, tetapi hindari memberi sayuran tertentu, dikutip dari Cats, Kamis (22/2).

Sebagai hewan karnivora obligat, protein yang diperoleh kucing dari daging merupakan satu-satunya jenis protein yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisinya.

Pola makan berbasis daging adalah pilihan terbaik untuk menjaga kucing dalam kondisi terbaiknya.

Sayuran aman untuk kucing:

1. Brokoli

Brokoli tidak hanya enak, tetapi juga aman untuk dimakan kucing. Ini sangat mudah disiapkan dan mengandung banyak antioksidan.

Brokoli juga merupakan sumber serat baik akan membantu kucing buang air besar lebih baik dan sistem pencernaan yang sehat.

2. Wortel

Demikian pula wortel merupakan sumber vitamin dan mineral yang baik. Wortel adalah sumber vitamin A baik.

Wortel bisa menjadi camilan enak, tetapi harus diberikan dalam jumlah sedang. Wortel tidak ideal untuk kucing dengan riwayat batu kandung kemih kalsium oksalat atau kristal dalam urine karena mengandung oksalat dalam jumlah sedang.

Wortel bisa diberikan dalam keadaan matang atau mentah, namun idealnya harus dimasak terlebih dahulu agar tidak menimbulkan bahaya tersedak bagi kucing.

3. Kacang hijau

Banyak sayuran hijau lainnya yang sangat aman untuk dimakan kucing dan berperan penting dalam pola makan sehat termasuk kacang polong dan kacang hijau.

Kacang hijau segar atau beku memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Jika memilih kacang hijau kalengan, pastikan kacang tersebut rendah natrium karena terlalu banyak mengandung natrium berdampak buruk bagi kucing.

Kacang hijau berfungsi sebagai sumber serat dan dapat membantu sistem pencernaan kucing dan mengontrol penurunan berat badan.

Mirip dengan wortel, kacang hijau mengandung oksalat dalam jumlah sedang, jadi batasi pemberian makan pada kucing dengan riwayat masalah kandung kemih.

4. Bayam

Selain memberikan vitamin dan mineral, bayam memberikan efek anti inflamasi pada kucing.

Namun, bayam harus diberikan dalam jumlah sedikit karena mengandung kalsium oksalat.

Dalam dosis kecil hal ini tidak berbahaya, tetapi dalam jumlah yang lebih besar menyebabkan masalah saluran kemih yang serius pada kucing.

5. Apel

Apel adalah makanan manusia yang aman untuk dimakan kucing, meskipun banyak kucing tidak menyukai rasanya.

Beberapa sumber menyatakan bahwa kucing karnivora obligat, mereka tidak dapat mencerna apel, tetapi itu tidak benar.

Karnivora obligat berarti kucing perlu makan daging untuk bertahan hidup karena mereka tidak bisa mendapatkan semua nutrisi yang mereka butuhkan dari sumber nabati, kucing masih bisa mencerna apel dan makanan nabati lainnya.

Apel tidak boleh diberikan kepada kucing penderita diabetes karena mengandung banyak gula dan dapat menyebabkan ketidakstabilan.

Apel harus diberikan dengan sangat hati-hati kepada kucing yang mengidap IBD, sensitivitas, dan gastroenteritis kronis.

Jumlah dan kombinasi jenis serat dalam apel sulit dicerna menyebabkan gas berlebih, sakit perut, dan diare.

Adapun beberapa sayuran yang sebaiknya dihindari untuk kucing antara lain bawang merah, bawang putih, tomat, kucai, daun bawang, dan alpukat.

Secara umum, kucing bisa makan sebagian besar sayur-sayuran. Sebagai aturan umum, pastikan makanan dan suplemen tidak lebih dari 10 persen dari asupan kalori kucing.

Sayuran mengandung nutrisi seperti magnesium, potasium, serat, vitamin, dan antioksidan bermanfaat meningkatkan sistem kekebalan tubuh kucing dan membantu pencernaan.

Sayuran dapat menjadi alternatif rendah kalori dibandingkan makanan kucing pada umumnya, tetapi tetap harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter hewan tentang kebutuhan spesifik sang kucing peliharaan.

Editor: Hanny Suwin

Tag:  #bolehkah #kucing #makan #sayuran #intip #fakta #lengkap #yang #harus #diketahui #pemilik #kucing

KOMENTAR