Doa setelah Sholat Dhuha dan Artinya
ILUSTRASI Berdoa - Berikut adalah bacaan doa setelah sholat Dhuha. 
19:40
11 Januari 2024

Doa setelah Sholat Dhuha dan Artinya

- Sholat Dhuha adalah sholat yang dilaksanakan pada pagi hari, yakni ketika matahari sedang naik.

Sholat Dhuha dilaksanakan sekurang-kurangnya 2 rakaat.

Dikutip dari Buku Pintar Panduan Lengkap Ibadah oleh Ist. M. Syukron Muslim, ada bacaan yang dapat dilafalkan setelah melaksanakan sholat Dhuha, yakni:

اَللهُمَّ اِنَّ الضُّحَآءَ ضُحَاءُكَ، وَالْبَهَاءَ بَهَاءُكَ، وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ، وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ، وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ، وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ. اَللهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقَى فِى السَّمَآءِ فَأَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَأَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسَّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَاءِكَ وَبَهَاءِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ آتِنِىْ مَآاَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

Latin: “Allahumma innad dhuha-a dhuha-uka, wal baha-a baha-uka, wal jamala jamaluka, wal quwwata quwwatuka, wal qudrota qudrotuka, wal ‘ismata ‘ismatuka. Allahumma in kana rizqi fis sama-i fa-anzilhu, wa in kana fil ardhi fa akhrijhu, wa in kana mu’assaron fa yassirhu, wa in kana haroman fathohhirhu, wa in kana ba’idan faqorribhu, bihaqqi dhuha-ika, wa baha-ika, wa jamalika, wa quwwatika, wa qudrotika, aatini ma atayta ‘ibadakas sholihin”.

Artinya: “Ya Allah, bahwasannya waktu Dhuha itu adalah waktu Dhuha-Mu, dan keagungan itu adalah keagungan-Mu, dan keindahan itu adalah keindahan-Mu, dan kekuatan itu adalah kekuatan-Mu, dan perlindungan itu adalah perlindungan-Mu. Ya Allah, jika rezekiku masih di atas langit, maka turunkanlah, jika masih di dalam bumi, maka keluarkanlah, jika masih sukar, maka mudahkanlah, jika (ternyata) haram, maka sucikanlah, jika masih jauh, maka dekatkanlah. Berkat waktu dhuha, keagungan-Mu, keindahan-Mu, kekuatan-Mu dan kekuasaan-Mu, limpahkanlah kepada kami segala yang telah Engkau limpahkan kepada hamba-hamba-MU yang sholeh”.

Dikutip dari Buku Do'a Sehari-hari oleh Kementerian Agama, berikut 10 waktu yang paling baik untuk berdoa:

  1. Antara azan dan Iqamat
  2. Menjelang waktu shalat dan sesudahnya
  3. Waktu sepertiga malam yang terakhir
  4. Sepanjang hari jum'at
  5. Antara Dzuhur dan Ashar, serta Ashar dan Maghrib
  6. Ketika Khatam membaca Al-Qur'an
  7. Ketika Turun hujan
  8. Ketika melakukan Tawaf
  9. Ketika menghadapi musuh dimedan perang
  10. Dalam berdoa sebaiknya diulang 3 kali

(Tribunnews.com, Widya)

Editor: Nuryanti

Tag:  #setelah #sholat #dhuha #artinya

KOMENTAR