Karier Titiek Soeharto Vs Selvi Ananda: Sama-sama Kuliah Ekonomi, Siapa Paling Moncer?
Potret Titiek Soeharto dan Selvi Ananda. (Kolase Instagram/selvie_ananda_)
10:15
17 Pebruari 2024

Karier Titiek Soeharto Vs Selvi Ananda: Sama-sama Kuliah Ekonomi, Siapa Paling Moncer?

Unggulnya hasil perolehan suara Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dalam Pilpres 2024 membuat orang-orang di sekitarnya turut disorot. Tak terkecuali, Siti Hediati Hariyadi atau Titiek Soeharto dan Selvi Ananda.

Selvi Ananda adalah istri Gibran, sedangkan Titiek merupakan mantan istri Prabowo. Meski sudah bercerai, Titiek disebut-sebut bakal jadi ibu negara. Begitu pun dengan Selvi yang akan menjabat ibu wakil negara.

Prediksi tersebut lantas membuat keduanya kerap dibanding-bandingkan. Salah satunya soal jejak karier mereka. Apakah mereka sama-sama pernah menggeluti dunia politik seperti Prabowo-Gibran? Berikut informasinya.

Karier Titiek Soeharto

Titiek Soeharto merupakan anak keempat dari presiden ke-2 RI, Soeharto. Ia menamatkan pendidikannya di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (UI). Semasa kuliah, ia diketahui aktif berorganisasi.

Di antaranya dengan menjadi anggota Yayasan Purna Bhakti Pertiwi, Ketua Yayasan Seni Indonesia, dan Ketua Umum Persatuan Panahan Indonesia (PERPANI). Sementara dari segi karier, Titiek memulainya dengan berbisnis.

Ia yang saat itu menjabat sebagai Komisaris Utama PT Abhitama membeli saham kepemilikan PT Surya Citra Media Tbk sebesar 25 persen. Lalu, ia juga mempunyai saham di PT Abhitama hingga mencapai 77,49 persen. 

Tak hanya itu, Titiek Soeharto pun menjabat sebagai komisaris di PT Mekar Unggul Sari dan PT Bursa Efek Jakarta. Di sisi lain, ia juga pernah menjadi host sebanyak tiga kali dalam perhelatan Piala Dunia 2006 yang tayang di SCTV.

Titiek kemudian memulai kariernya di ranah politik dengan bergabung ke Partai Golkar pada 2012 silam. Kala itu, ia dipercaya menjabat sebagai Ketua Bidang Pertanian dan Nelayan DPP partai tersebut sampai tahun 2015.

Ia pun mengikuti Pemilu Legislatif (Pileg) 2014 dan berhasil meraih kursi untuk dapil DIY. Titiek juga menjabat Wakil Ketua Komisi IV DPR RI periode 2014-2018. Lalu, pada Juni 2018, ia memutuskan keluar dari Partai Golkar.

Titiek memilih bergabung dengan Partai Berkarya yang didirikan oleh adiknya, Tommy Soeharto. Kemudian, pada tahun 2023, ia berpindah haluan ke Partai Gerindra hingga menjabat Wakil Ketua Dewan Pembina Partai (DPP).

Bersama partai yang diketuai mantan suaminya, Titiek kembali mendaftarkan diri dalam Pemilu 2024. Ia turut maju sebagai caleg DPR RI untuk dapil DIY. Saat ini, ia pun tengah menunggu hasil apakah bisa lolos ke Senayan atau tidak.

Karier Selvi Ananda

Sementara itu, meski Gibran dan keluarganya aktif di ranah politik, namun Selvi Ananda tidak pernah ikut menggelutinya. Ia adalah lulusan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AUB dengan IPK yang memuaskan, yakni 3,4.

Selama kuliah, Selvi dikenal sebagai mahasiswi yang aktif. Ia diketahui pernah menjadi pembawa acara di sebuah stasiun televisi lokal bernama nama TATV (Terang Abadi Televisi). Begitu lulus, ia sempat bekerja di Panin Bank.

Selvi kemudian mengikuti pemilihan putra-putri Solo pada 2007, namun gagal menjadi pemenang. Selang dua tahun, ia kembali mendaftar kompetisi tersebut dan menjadi juara. Dari sana, ia juga bertemu dengan sang suami.

Setelah memenangkan kompetisi, Selvi sempat menjadi Duta Pariwisata Kota Solo di Singapura. Saat ini, ia disibukkan dengan aktivitas sebagai istri pejabat serta mengasuh kedua anaknya, yakni Jan Ethes dan La Lembah Manah.

Kontributor : Xandra Junia Indriasti

Editor: Agatha Vidya Nariswari

Tag:  #karier #titiek #soeharto #selvi #ananda #sama #sama #kuliah #ekonomi #siapa #paling #moncer

KOMENTAR