Dikirim Puluhan Karangan Bunga Kematian, Ini Kronologi Kasus Seunghan RIIZE dari Awal
Seunghan RIIZE. (Foto: Akun X Resmi RIIZE)
09:12
18 Oktober 2024

Dikirim Puluhan Karangan Bunga Kematian, Ini Kronologi Kasus Seunghan RIIZE dari Awal

- Dunia Kpop kini sedang dihebohkan oleh satu nama yang sedang hangat dibahas akhir-akhir ini. Adalah Seunghan RIIZE yang menjadi trending topik di media sosial berbagai negara.

Bagi kamu yang tidak mengikuti Kpop ataupun mengikuti tapi tidak tahu menahu soal masalah apa yang menyertai Seunghan, artikel ini akan membahas dengan tuntas awal mula kronologi kasus yang menimpa Idol Korea tersebut.

Sebelum membahas lebih lanjut, perlu diketahui bahwa Seunghan adalah Idol Korea dari grup bernama RIIZE yang berada dibawah naungan SM Entertainment. Grup tersebut debut pada akhir tahun 2023 dengan lagu berjudul ‘Get A Guitar’.

Dalam debutnya, grup RIIZE memiliki tujuh anggota yakni Sungchan, Shotaro, Wonbin, Eunseok, Sohee, Anton dan Seunghan. Ketujuh member tersebut diterima baik oleh fans terutama beberapa diantaranya yang sudah muncul sebagai SM Rookies.

SM Rookies merupakan trainee yang belum debut namun sudah diperkenalkan oleh perusahaan kepada fans. Sebagai salah satu dari SM Rookies, debut dari anggota Seunghan sangat dinanti oleh fans - fansnya.

Dilansir dari Billboard, aktivitas Seunghan secara mendadak diumumkan akan berhenti dari grup sejenak pada November 2023 karena foto pribadinya disebar di internet. Foto tersebut menampakkan Seunghan sedang mencium seorang wanita yang disinyalir pacarnya sebelum debut menjadi seorang anggota RIIZE.

Tidak hanya foto tersebut, ada juga foto yang menunjukkan dirinya merokok di jalanan. Meski kedua foto ini merupakan hal yang biasa dari pandangan fans internasional, namun fans di Korea tidak berpikiran hal yang sama.

Beberapa fans yang mengaku bagian dari BRIIZE, nama fandom RIIZE menyatakan ketidaksukaan dan menganggap tindakan Seunghan merusak citra RIIZE sebagai grup Kpop. Pada Agustus 2023, postingan instagram resmi RIIZE menyatakan bahwa Seunghan meminta maaf atas segala tindakan pribadi.

Dalam postingan instagram tersebut, Seunghan juga menyakatan akan menempatkan grupnya sebagai prioritas. Ia juga mengatakan akan merefleksikan perbuatannya di masa depan. Postingan ini diunggah bahkan pada masa sebelum grup RIIZE resmi debut.

Namun, bahkan setelah debut, kritik terhadap Seunghan tidak juga berkurang. Hal ini kemudian berujung pada dihentikannya aktivitas Seunghans ebagia bagian dari RIIZE dan diputusan untuk hiatus pada November 2023 sampai waktu yang tidak ditentukan.

Sebagai seorang Idol Korea, masa hiatus tidak selalu berarti menghilang sepenuhnya. Namun untuk Seunghan RIIZE, keberadaan dirinya sepenuhnya hilang dan para member bahkan tidak bisa berbicara soal Seunghan. Dalam beberapa kesempatan, perwakilan dari SM Entertainment bahkan menyatakan pada Billboard untuk tidak menyebutkan Seunghan dalam sebuah wawancara.

Meski SM Entertainment pernah menyatakan bahwa akan mengambil tindakan serius soal hal negatif yang menimpa artisnya, nyatanya fans tidak melihat tindakan apapun dari SM Entertainment. Sampai sepuluh bulan lamanya, fans RIIZE terutama Hongjanggus, fans dari Seunghan RIIZE tidak mendapatkan pembaharuan apapun soal keberadaan Seunghan.

Hingga pada 11 Oktober 2024, akun resmi media sosial RIIZE menyatakan bahwa Suenghan akan kembali beraktivitas di grup. Hal ini tentu membuat banyak fans dari RIIZE terutama fans dari internasional. Namun, tentunya ada beberapa BRIIZE dari Korea Selatan yang tidak senang hal ini.

Beberapa orang yang tidak senang ini menamakan dirinya OT6, sebagai perwujudan bahwa mereka setuju apabila RIIZE hanya berjumlah 6 orang tanpa Seunghan. Perpecahan kelompok fans ini semakin memburuk dengan adanya berbagai gelombang serangan baik di media sosial dan secara langsung.

Segera setelah Seunghan diumumkan kembali sebagai anggota RIIZE, beberapa fans yang menolak melaksanakan protes dan mengirimkan karangan bunga kematian puluhan bahkan ratusan didepan gedung SM Entertainment.

Tindakan ini merupakan tindakan yang sangat tidak sopan dan keluar batas, yakni mengirimkan karangan bunga kematian pada orang yang masih hidup. Banyak fans merasa bahwa kiriman tersebut secara tidak langsung menyuruh Seunghan untuk mengakhiri hidupnya.

Dua hari setelah diumumkannya Seunghan kembali ke grup, pada 13 Oktober 2024 akun media sosial resmi RIIZE menyatakan bahwa Seunghan memutuskan untuk keluar dari grup. Dalam akun Weverse pribadinya, Seunghan juga menuliskan surat tulisan tangan yang menyatakan bahwa hal ini merupakan keputusan yang diambil demi grup.

Keputusan ini tentu membuat para fans yang mendukung kembalinya Seunghan ke grup marah. Selama sepuluh bulan mereka terombang-ambing tanpa kejelasan, dan hanya dua hari setelah kembalinya Seunghan ke grup mereka dikejutkan dengan informasi bahwa Seunghan keluar dari grup.

Ada banyak emosi yang melanda fandom BRIIZE sekarang ini. Tidak hanya BRIIZE, banyak fans dari grup lain bahkan orang yang tidak mendengarkan Kpop mulai merasakan simpati dari keadaan Seunghan.

Hal yang paling membuat para fans merasa tidak senang akan keputusan SM adalah bagaimana selama 10 bulan itu mereka tidak terlihat melakukan tindakan hukum yang tegas pada orang yang menyebarkan foto atau membuat rumor lain yang membahayakan.

Para fans juga merasakan kemarahan pada sebagian fans OT6, dimana mereka menganggap bahwa berpacaran dan merokok merupakan pelanggaran yang tidak sebanding dari berbagai kasus Idol Kpop lain yang pernah terjadi sebelum ini.

Kini, media sosial dipenuhi tagar yang ditujukan pada SM Entertainment untuk mengembalikan Seunghan ke grup. Para fans juga menyatakan tagar bahwa SM mudah sekali dalam menyerah dan seakan mendukung perilaku perundungan dari para OT6. SM juga dikatakan mengabaikan sepenuhnya dukungan dari para fans yang setuju akan kembalinya Seunghan.

Kini, gelombang tagar dan protes dari fans di seluruh dunia masih berlangsung. Semoga, perjuangan ini membuahkan hasil dan Idol Korea tidak lagi dianggap sebagai mesin penghasil uang dan diperlakukan sebagaimana manusia yang perlu dilindungi secara hukum.

Editor: Setyo Adi Nugroho

Tag:  #dikirim #puluhan #karangan #bunga #kematian #kronologi #kasus #seunghan #riize #dari #awal

KOMENTAR