Hati-hati! Bukannya Awet Muda, 5 Kebiasaan Sehat Ini Ternyata Malah Membuat Anda Lebih Cepat Menua
Ilustrasi kebiasaan sehat yang membuat Anda cepat menua. (Freepik)
20:16
15 Oktober 2024

Hati-hati! Bukannya Awet Muda, 5 Kebiasaan Sehat Ini Ternyata Malah Membuat Anda Lebih Cepat Menua

 

 – Menjadi awet muda dan terhindar dari tanda-tanda penuaan, adalah impian banyak orang. Berbagai upaya, dari setiap saran dan konsep gaya hidup sehat pun akan dicoba.

Mulai dari membuat racikan jus, hingga latihan yang paling intens, semua akan dilakukan demi mendapatkan kondisi tubuh sehat, segar, dan bebas kerutan. Namun, tahukah Anda, beberapa kebiasaan yang Anda anggap sehat sebenarnya bisa menjadi sebaliknya. Bukannya awet muda, justru kondisi tubuh Anda akan menjadi cepat menua.

Berikut adalah lima kebiasaan sehat yang ternyata membuat Anda menua lebih cepat, seperti yang dilansir dari laman Your Tango, diantaranya:

  1. Obsesi dengan kardio

Meskipun cardio penting untuk kesehatan jantung, terlalu banyak kardio tanpa latihan kekuatan dapat menyebabkan kehilangan massa otot dan mempercepat penuaan. Latihan kekuatan sangat penting untuk menjaga metabolisme, kesehatan tulang, dan kekuatan fungsional seiring bertambahnya usia.

Sebaiknya, sertakan latihan resistensi setidaknya dua sampai tiga kali seminggu, dan pertimbangkan latihan interval intensitas tinggi (HIIT) sebagai pengganti sesi cardio yang panjang. Serta, perhatikan untuk mendapatkan cukup protein dalam dietmu, karena otot memerlukan protein untuk membangun dan memperbaiki otot.

  1. Kebiasaan membuat jus

Meskipun jus dari buah dan sayuran bermanfaat, nyatanya proses juicing dapat meningkatkan kadar gula darah dengan menghilangkan serat dari buah dan sayuran. Banyak orang merasa bangga dengan kebiasaan ini, tanpa menyadari bahwa mereka sedang terjebak dalam lonjakan gula darah yang bisa mempercepat penuaan.

Sebaiknya, konsumsi buah dan sayuran utuh, atau jika Anda ingin membuat jus, tambahkan sebagian pulp untuk memasukkan serat dan padukan dengan protein atau lemak sehat untuk memperlambat kerja glukosa. Anda juga bisa memilih mengonsumsi smoothie daripada jus, karena smoothie mempertahankan sebagian besar serat.

  1. Penghindaran terhadap sinar matahari

Meskipun paparan sinar matahari memiliki risiko, kurangnya sinar matahari dapat menyebabkan kekurangan vitamin D, yang dapat mempengaruhi kesehatan tulang dan mempercepat penuaan.

Vitamin D terbukti memiliki dampak signifikan terhadap kesehatan tulang, kekebalan tubuh, dan pemendekan telomer, yang berkaitan erat dengan penuaan sel. Menurut sebuah penelitian, orang dengan kadar vitamin D yang cukup memiliki telomer yang lebih panjang dibandingkan dengan mereka yang kekurangan, yang merupakan tanda elemen anti-penuaan.

Usahakan untuk mendapatkan paparan sinar matahari singkat selama 10-15 menit beberapa kali seminggu atau mempertimbangkan suplemen vitamin D. Serta, konsumsi makanan yang mengandung vitamin D, terutama ikan berlemak, kuning telur, dan makanan yang diperkaya dengan nutrisi tersebut.

  1. Ketergantungan berlebihan pada suplemen

Banyak orang berpikir suplemen dapat menggantikan diet sehat. Mereka percaya, bahwa mengonsumsi banyak suplemen akan membantu mereka mendapatkan semua nutrisi yang diperlukan untuk tubuh.

Beberapa suplemen memang sangat bermanfaat, akan tetapi penggunaan yang berlebihan dapat merusak hati dan menyebabkan penuaan lebih cepat. Lebih baik, fokuslah pada makanan bergizi dan berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemen baru.

  1. Penggunaan AC secara kronis

Menghabiskan terlalu banyak waktu di lingkungan ber-AC dapat menyebabkan kulit kering dan kurang elastis, yang berkontribusi pada perkembangan garis halus dan kerutan yang dapat mempercepat penuaan.

Sebaiknya, gunakan humidifier untuk membantu meningkatkan kandungan kelembapan di dalam ruangan, luangkan lebih banyak waktu di udara segar, serta jaga kulit Anda tetap terhidrasi dengan minum banyak air dan mengoleskan lotion pada kulit.

 ***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #hati #hati #bukannya #awet #muda #kebiasaan #sehat #ternyata #malah #membuat #anda #lebih #cepat #menua

KOMENTAR