7 Tanda Seseorang Mengalami Stres yang Tidak Disadari
Ilustrasi seseorang mengalami stres. (pexels)
20:48
7 Pebruari 2024

7 Tanda Seseorang Mengalami Stres yang Tidak Disadari

 - Kita semua pasti pernah mengalami stres dan ada banyak pemicunya. Stres dapat terjadi karena masalah pekerjaan, sosial, keuangan, kesehatan atau gaya hidup, atau kombinasi dari semuanya. 

Stres adalah reaksi tubuh terhadap situasi berbahaya baik nyata maupun dirasakan. Saat anda merasa terancam, reaksi kimia terjadi di tubuh anda yang memungkinkan anda bertindak untuk mencegah cedera. 

Reaksi ini dikenal sebagai “fight-or-flight” atau respons stres. Selama respons terhadap stres, detak jantung meningkat, pernapasan menjadi lebih cepat, otot menegang, dan tekanan darah meningkat. 

Stres dalam jangka waktu singkat tidak menjadi masalah, namun jika dibiarkan, hal ini dapat berdampak signifikan pada kehidupan dan kesejahteraan. Namun, orang sering kali tidak menyadari bahwa mereka sedang stres, dan malah melihat gejalanya saja.

Berikut ini dikutip dari Nuffield Health rabu (7/2), tanda-tanda seseorang mengalami stres yang tidak disadari.

1. Mudah tersinggung

Tanda seseorang sedang mengalami stres adalah mudah tersinggung. Biasanya seseorang yang mengalami ini tidak menyadari bahwa dirinya sedang mengalami stres. Karena stres dapat mempengaruhi suasana hati yang sulit kita kendalikan.
Ketika kita stres, sistem saraf kita menjadi sangat responsif dan reseptor sensorik kita lebih sensitif terhadap rangsangan, membuat segala sesuatunya tampak lebih intens. Hal ini dapat menambah perasaan tertekan dan membuat kita lebih reaktif. 

2. Panik

Bahan kimia yang dilepaskan ke aliran darah saat Anda mengalami stres meningkatkan detak jantung dan kecepatan pernapasan Anda. Hal ini bisa sangat menyusahkan dan, jika parah, dapat menyebabkan perasaan panik, terjadinya reaksi ini bisa disebut serangan panik.

Anda mungkin merasa sesak napas atau mulai panik saat mengalami hiperventilasi. Hiperventilasi sangat erat kaitannya dengan kecemasan, dan biasanya dapat diatasi dengan menjauhkan diri dari situasi tersebut.

3. Menjauhkan diri dari lingkungan

Ketika sedang mengalami stres biasanya seseorang akan ingin ketenangan. Biasanya mereka yang mengalami stres akan menghindari bersosiali dengan lingkungannya.

Ketika segala sesuatunya terasa terlalu berat, Anda cenderung bersembunyi, terutama jika pemicu stres yang Anda hadapi bersifat sosial. Namun penarikan diri dari pergaulan biasanya akan berdampak negatif pada hidup Anda, yang bisa memperburuk keadaan.

4. Mudah sakit

Stres juga memiliki efek pada kesehatan tubuh kita. Hal ini karena ketika kita stres, kita melepaskan kortisol ke dalam aliran darah dan ketika kortisol dilepaskan, hormon pendukung kekebalan DHEA tidak dapat dilepaskan pada saat yang bersamaan, sehingga sistem kekebalan tubuh kita terganggu.

5. Makan terlalu banyak atau terlalu sedikit

Orang yang stres biasanya memiliki pola makan yang buruk atau makan berlebihan. Orang yang berada dalam keadaan stres dalam jangka pendek bisa saja kehilangan nafsu makan, hal ini disebabkan karena bagian otak yang disebut hipotalamus menghasilkan hormon pelepas kortikotropin yang menekan nafsu makan. 

Namun orang yang mengalami stres kronis (dalam jangka waktu lama) melepaskan kortisol, yang meningkatkan nafsu makan, terutama terhadap makanan manis dan bertepung. 

6. Hilangnya hasrat seksual

Saat stres kita akan melepaskan sebuah hormon yang dapat mengganggu keseimbangan dan dapat menyebabkan hilangnya libido.

Agar hasrat seksual dapat berfungsi dengan baik, keseimbangan hormon dan jalur neurologis harus selaras.

7. Merasa lelah

Stres memiliki efek fisiologis pada tubuh Anda dengan melepaskan hormon ke dalam aliran darah yang mempercepat detak jantung dan pernapasan Anda. Ketegangan terus-menerus pada sistem tubuh Anda dapat menimbulkan efek melelahkan, membuat Anda merasa lelah sepanjang waktu.

Sayangnya, stres juga dapat menghalangi Anda untuk tidur. Stres diketahui mengaktifkan poros hipotalamus-hipofisis-adrenal di otak, yang berperan dalam regulasi tidur-bangun.

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #tanda #seseorang #mengalami #stres #yang #tidak #disadari

KOMENTAR