Download Gratis! 5 Contoh Sambutan Isra Miraj 2024 Singkat & Penuh Makna
Kata Sambutan Ketua Panitia Isra Miraj (Freepik)
17:29
7 Februari 2024

Download Gratis! 5 Contoh Sambutan Isra Miraj 2024 Singkat & Penuh Makna

Isra Mi’raj 2024 akan diperingati Kamis (8/2/2024) besok. Contoh sambutan peringatan Isra Miraj ini pun bisa menjadi inspirasi apabila di hari tersebut anda diberi tugas memimpin jalannya acara memperingati peristiwa bersejarah umat muslim, 

Saat Isra Miraj, Rasulullah melakukan perjalanan hanya dalam waktu satu malam dari Masjidil Haram menuju Masjidil Aqsa kemudian diangkat ke langit hanya dalam satu malam. Peristiwa agung ini lumrahnya diperingati umat muslim dengan berkumpul, mengadakan agenda khusus seperti lomba – lomba atau pengajian. Berikut adalah contoh sambutan peringatan Isra Miraj. 

1. Sambutan 1

Assalamualaikum Wr. Wb. 

Alhamdulillahi rabbil alamin, wabihi nasta'in ala umuuriddunya waddiin, wash shalatu was salamu alaa asyrafil anbiyai wal mursalin, wa ala aalihi wa ash-habihi ajma'in amma ba'du. 

Yang terhormat, (nama pejabat setemoat/tamu agung), serta para alim ulama yang saya muliakam. Juga seluruh jamaah Masjid Al-Amin sekalian yang tengah berbahagia. 

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur sedalam-dalamnya atas kehadirat Allah SWT, yang telah memberikan rahmat, taufiq, hidayah-Nya serta kesehatan dan kesempatan kepada kita semua sehingga kita bisa berkumpul di tempat yang penuh keberkahan ini, dalam rangka memperingati hari besar agama Islam yakni Isra Miraj Nabi Muhammad SAW. 

Shalawat serta salam semoga senantiasa dilimpahkan kepada junjungan kita Nabi Agung Muhammad SAW, yang sudah menuntun manusia dari gelap gulita kekafiran menuju jalan yang penuh cahaya  dan kebenaran yang terang benderang yaitu agama Islam. 

Tak lupa, saya  mengucapkan terimakasih kepada pembawa acara yang sudah memberikan kesempatan kepada saya, selaku ketua panitia penyelenggara peringatan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW untuk menyampaikan kata sambutan di acara ini. 

Hadirin dan hadirat sekalian yang saya hormati, 

Sebagai Ketua Panitia kegiatan peringatan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW di Masjid Al-Amin, kami menyampaikan beribu terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada seluruh pihak, yang berpartisipasi dalam menyukseskan peringatan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW ini. 

Melalui peringatan Isra Miraj ini, hendaklah kita mampu menggerakan perenungan tentang corak intelektualitas kita, dan apa yang selama ini telah kita jadikan sebagai ukuran dalam menilai kebenaran. Hal ini kemudian jadi hal yang penting untuk kita lakukan demi menjaga keimanan agar tidak terjadi pergeseran. 

Sebagai seorang manusia kita harus meyakini dengan penuh dengan kesadaran akan kemahakuasaan Allah SWT. Sehingga makhluk yang sangat lemah dan memiliki kecenderungan menyombongkan diri merasa serba tahu dan bisa. 

Akhirnya, saya sebagai perwakilan panitia penyelenggara peringatan Isra Miraj pada malam ini, memohon maaf kepada semua pihak atas segala kesalahan dan juga kekhilafan serta kurang lebihnya dalam penyelenggaraan acara malam ini. 

Ihdinas shirathal mustaqim, tsummas salamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh. 

2. Sambutan 2

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Alhamdulillahirobbil alamin wabihi nasta'inu ala umuriddunya waddin wa sholatu wassalamu ala asrofil Ambiya Iwal mursalin wa'ala alihi washohbihi ajma'in Amma ba’du.

Yang terhormat bapak, ibu para hadirin sekalian yang dirahmati Allah.

Pertama-tama, mari kita panjatkan puji syukur ke hadirat Allah subhanahu wa ta'ala yang memberi rahmat Taufik dan hidayah, juga kesehatan pada kita sehingga bisa berkumpul di tempat ini.

Malam ini kita bersama akan memperingati Isra Mi’raj Nabi Muhammad sallallahu alaihi wasallam.

Shalawat dan salam semoga senantiasa dilimpahkan kepada junjungan nabi kita Muhammad shallallahu alaihi wasallam, yang mengeluarkan manusia dari kegelapan menuju cahaya Kebenaran yaitu Islam.

Hadirin sekalian yang saya hormati,

Atas nama panitia penyelenggara peringatan Isra Mi'raj 2024, kami menyampaikan terima kasih pada semua pihak yang sudah berpartisipasi baik berupa tenaga maupun harta benda.

Semoga amal saudara bapak dan ibu semua diterima oleh Allah subhanahu wa ta'ala dan dicatat sebagai amal saleh dan mendapat balasan yang lebih baik dari Allah. 

Marilah senantiasa kita melakukan sholawat dengan mengucap "Allahumma sholli 'ala sayyidina Muhammad wa'ala alihi sayyidina Muhammad".

Semoga dengan memperbanyak sholawat, Nabi Muhammad berkenan menolong kita di Yaumil Mahsyar kelak. Amin...

Hadirin sekalian yang saya hormati,

Izinkan saya mengucapkan terima kasih kepada bapak Ustadz (nama), atas kesediaannya untuk hadir dan dapat memberikan tausiah pada acara ini. Semoga apa yang disampaikan nanti bermanfaat bagi kita semua.

Selanjutnya saya sampaikan bahwa acara ini bisa terselenggara berkat dukungan dari  (sebutkan pihak  donatur satu persatu). Kami selaku panitia mengucapkan terima kasih atas sumbangan yang diberikan.

Semoga Allah melipatgandakan pahala dan menambah rezeki yang berlipat kepada bapak dan ibu sekalian.

Selanjutnya, saya ucapkan terima kasih pada rekan-rekan panitia yang dengan ikhlas bekerja secara maraton mulai tanggal (sebut tanggal atau hari) sampai saat ini dengan tidak mengenal lelah.

Semoga bantuan saudara demi terselenggaranya acara ini mendapat imbalan yang setimpal di sisi Allah SWT.

3. Sambutan Isra Miraj 3

Assalamu'alaikum warrahmatullahiwabarrakatuh

Puji syukur kepada Allah SWT, atas berkat dan rahmat-Nya, kita dapat berkumpul hari ini untuk menghadiri acara peringatan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW. 

Hadirin dan Hadirat yang saya hormati dan berbahagia karena dirahmati oleh Allah SWT, atas nama panitia, saya sebagai Ketua Pelaksana Isra Miraj Nabi Muhammad SAW, mengucapkan selamat datang kepada para hadirin dan hadirat. Saya ucapkan terima kasih ata kesediaan bapak dan ibu hadir dalam perayaan Isra Miraj di masjid kami. Semoga Anda sekalian mendapatkan berkah dari kehadiran Anda di pengajian siang hari ini. 

Hadirin dan hadirat yang dirahmati Allah SWT, Isra dan Miraj Nabi Muhammad merupakan peristiwa agung di mana Nabi memperoleh keajaiban, sebuah pengalaman dan pengetahuan untuk umat manusia, khususnya pemeluk agama Islam. 

Mengenai perjalanan Isra Miraj ini, secara lebih lengkap nantinya akan disampaikan oleh penceramah. Saya, atas nama panitia hadir di hadapan Anda adalah untuk menyampaikan tujuan dari acara ini adalah agar kita semua senantiasa ingat kepada kebesaran Nabi Muhammad SAW. Acara yang kami selenggarakan kami buat sebagai sebuah sarana untuk melakukannya. Oleh karenanya, jika nantinya ada kekurangan yang membuat bapak dan ibu kurang berkenan di hati, kami mohon maaf. 

Demikian itu yang dapat saya sampaikan sebagai ketua Pelaksana peringatan Isra Miraj hari ini. Semoga kita semua senantiasa diridhai oleh Allah swt. 

Wabillahi taufiq wal hidayah, Wassalamu Alaikum Wr. Wb.

4. Sambutan Isra Miraj 4

Assalamua'laikum wr. wb.

Hadirin yang dirahmati Allah SWT

Alhamdulillah (3x) puji serta syukur kita panjatkan kepada Allah SWT. Tuhan Yang Maha Esa, yang memberi kita kesempatan berkumpul untuk memperingati Isra Mikraj.Hadirin yang dirahmati Allah SWT.

Isra merupakan perjalanan Nabi Muhammad SAW pada malam hari dari Masjidilharam di Makkah ke Masjidilaqsa di Baitulmaqdis. Mikraj merupakan perjalanan Nabi Muhammad SAW dari Masjidilaqsa ke Sidratulmuntaha (langit ke tujuh) pada malam hari. Inti dari perjalanan ini adalah Nabi Muhammad menerima perintah salat lima waktu dari Allah Swt.

Isra Mikraj terjadi pada malam 27 Rajab tahun ke-10 kenabian. Jadi, Isra Miraj merupakan dua perjalanan yang dilakukan Nabi Muhammad SAW dalam satu malam.

Dalam perjalanan menuju Sidratulmuntaha, Nabi Muhammad SAW dan Malikat Jibril bertemu nabi-nabi. Di langit pertama bertemu Nabi Adam As. Di langit kedua, Nabi Muhammad bertemu Nabi Yahya As serta Nabi Isa As di langit ketiga. Di langit keempat bertemu Nabi Idris As. Di langit kelima, bertemu Nabi Harun As. Di keenam, bertemu dengan Nabi Musa As. Di langit ketujuh, bertemu Nabi Ibrahim As.

Kemudian Nabi Muhammad SAW naik menuju Baitul Makmur. Arahnya lurus dengan Ka'bah di bumi. Setiap hari ada tujuh puluh ribu malaikat masuk untuk berthawaf di dalamnya. Di sana, Nabi disuguhi arak, susu dan madu. Nabi mengambil susu, Jibril mengatakan susu adalah lambang kemurnian dan fitrah yang menjadi ciri khas Nabi Muhammad dan umatnya.

Di Baitul Makmur, Nabi Muhammad bertemu dengan Allah SWT. Allah SWT mewajibkan Nabi untuk melaksanakan salat fardu sebanyak 50 waktu setiap hari. Nabi menerimanya. Namun dalam perjalanan pulang, Nabi Muhammad bertemu dengan Nabi Musa. Nabi Musa mengingatkan, umat Nabi Muhammad tidak akan mampu menunaikan salat 50 kali sehari. Lalu Nabi Musa menyarankan Nabi Muhammad untuk kembali kepada Allah SWT, memohon keringanan. Nabi Muhammad kembali menghadap Allah SWT dan diringankan perintah salatnya menjadi sepuluh kali.

Nabi Muhammad kembali kepada Nabi Musa. Namun Nabi Musa mengingatkan kembali, sehingga Nabi Muhammad kembali menghadap Allah SWT, memohon keringanan lagi. Akhirnya Allah SWT mewajibkan salat lima waktu. Nabi Muhammad kembali pada Nabi Musa. Nabi Musa tetap mengatakan bahwa umat Nabi Muhammad tidak akan kuat. Namun Nabi Muhammad menjawab, 'saya malu untuk kembali menghadap Allah SWT, saya ridho dan pasrah kepada Allah SWT.

Ini adalah petunjuk di mana perintah Shalat merupakan ibadah yang datang langsung dari Allah Swt. Kita telah mendapatkan keringanan, sehingga malu jika tak menjalankannya. Mungkin cukup sekian yang bisa saya sampaikan. Kurang lebihnya saya mohon maaf dan terima kasih atas waktunya. Semoga peringatan Isra Mikraj ini dapat meningkatkan keimanan, ketakwaan, dan keyakinan kita kepada Allah Swt. 

Wabillahit taufiq wal hidayah, wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

5. Sambutan Isra Miraj 5

Assalamualaikum Wr. Wb.

Kepada yang terhormat, kepala sekolah, guru-guru, dan wali kelas 

Yang terhormat, ketua kelas dan teman-teman yang Allah SWT muliakan

Pertama-tama, marilah kita panjatkan puja-puji syukur pada Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat-Nya kepada kita semua.

Shalawat salam semoga tercurahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW yang telah membawa kita dari jalan kegelapan menuju jalan yang terang benderang.

Pada kesempatan ini izinkan saya untuk menyampaikan pidato berjudul "Wahyu yang Diterima Nabi SAW dalam peristiwa Isra Miraj.”

Isra Miraj adalah perjalanan spiritual Nabi Muhammad SAW dalam dan menjadi salah satu mukjizat yang beliau terima dari Allah SWT. Secara etimologi, isra memiliki makna berjalan atau perjalanan dan miraj memiliki makna naik.

Secara istilah, isra miraj berarti memiliki makna sebagai perjalanan spiritual Nabi SAW dalam waktu semalam dari Masjidil Haram Mekkah ke Masjidil Aqsa Yerussalem kemudian ke Langit Ketujuh atau Sidratul Muntaha untuk mendapatkan wahyu salat lima waktu dari Allah SWT.

Sebagaimana firman Allah yang termaktub dalam Alquran surah Al Isra ayat 1 yang bunyi ayatnya sebagai berikut,

Sub-hanallazi asra bi'abdihi lailam minal-masjidil-harami ilal-masjidil-aqsallazi barakna haulahi linuriyahu min ayatina, innahu huwas-sami'ul-basir

Artinya: "Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al Masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsha yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui."

Demikian pidato yang saya sampaikan tentang "Wahyu yang Diterima Nabi SAW dalam peristiwa Isra Miraj". Kurang lebihnya saya memohon maaf.

Wassalamualikum Wr. Wb.

Kontributor : Nadia Lutfiana Mawarni

Editor: M Nurhadi

Tag:  #download #gratis #contoh #sambutan #isra #miraj #2024 #singkat #penuh #makna

KOMENTAR