Benarkah Gen Z yang Punya Second Account Instagram Mengalami Gejala Depresi? Berikut Penjelasannya
Gen Z sebagai pengguna instagram terbanyak disebut rentan terkena gejala depresi akibat adanya second account. (Freepik)
14:34
11 Oktober 2024

Benarkah Gen Z yang Punya Second Account Instagram Mengalami Gejala Depresi? Berikut Penjelasannya

– Fenomena second account Instagram merupakan bentuk komplektitas terkait identitas suatu individu. Dengan adanya identitas ganda ini dinilai mampu memberikan ruang lebih nyaman dalam bermedia sosial.

Fenomena ini ramai di kalangan gen Z sebagai pengguna Instagram terbanyak lebih dari separuh jumlah pengguna dari kaum milenial.

Second account yang dibuat oleh para gen Z bertujuan untuk menggandakan akun yang didasari oleh berbagai alasan seperti agar terciptanya ruang aman dalam bersosial media yang lebih privasi, membagikan konten eksklusif dan menampilkan sisi yang berbeda dari akun Instagram utama mereka.

Disisi lain, second account bak pisau bermata dua yang juga bisa menjadi sumber celaka jika tidak digunakan dengan bijak.

Menurut para ahli, kebiasaan seperti itu dikhawatirkan menjadikan mereka pribadi yang kurang percaya diri serta menanggung tekanan emosional yang kian meninggi akibat ‘strugling’ dalam menjaga kesehatan mental di dunia digital.

Guru Besar Psikologi Universitas Diponegoro, Dian R Sawitri mengungkapkan bahwa media sosial merupakan ruang ilusi yang menciptakan kehidupan seolah sempurna, dimana para penggunanya seringkali hanya mempertontonkan sisi positif atau bahagianya saja.

Hal tersebut tentu akan menimbulkan kecemasan, depresi dan rasa tidak puas saat kehidupan pengguna tidak sesuai ekspektasinya yang bisa memenuhi standar menurut media sosial.

Perbandingan sosial yang ada pada dunia maya tersebut tentunya akan menjadikan para penggunanya merasa tidak percaya diri.

Belum lagi sosial media juga akan menimbulkan distraksi serta ketergantugan terutama di kalangan gen Z yang kerap menunjukkan dua kepribadian melalui akun media sosial tambahan.

Karena melalui akun sosial media tambahan tersebut dinilai sebagai inisiasi atau siasat bagi mereka untuk menampakkan sisi kehidupan yang lebih nyata daripada di akun utamanya.

Adanya akun kedua tersebut secara tidak langsung menunjukkan bentuk ketidakpercayaan diri seseorang dengan realitas kehidupannya yang akan dibagikan melalui media sosial.

Perlu diingat bahwa gejala depresi diantaranya adalah merasa sedih, murung, gelisah, merasa rendah diri, tidak berharga setelah membandingkan kehidupannya dengan orang lain.

Apakah kamu yang punya second account juga merasakan hal demikian? kalau benar, kemungkinan besar termasuk dari seseorang yang mengalami gejala depresi. Jadi, kamu udah punya akun Instagram berapa? Dua atau lebih? Tetap bijak dalam bermedia sosial, termasuk di second accountmu!

Editor: Edy Pramana

Tag:  #benarkah #yang #punya #second #account #instagram #mengalami #gejala #depresi #berikut #penjelasannya

KOMENTAR