Ini Alasan Pentingnya Memilih Skincare dengan Kandungan Ceramide
Ilustrasi memakai skincare (Pexels.com//EKATERINA BOLOVTSOVA)
07:04
2 Februari 2024

Ini Alasan Pentingnya Memilih Skincare dengan Kandungan Ceramide

Nama ceramide mungkin terdengar asing. Tapi, ini adalah sejenis asam lemak yang sebenarnya diproduksi secara alami oleh tubuh, yang fungsinya adalah melindungi lapisan penghalang kulit atau skin barrier.

Sayangnya, keberadaan ceramide kerap diabaikan. Hal ini, menurut dermatologist, dr. Ricky Maharis, Sp.DVE, lantaran masih banyak orang yang mementingkan produk pembersih yang memberikan efek kesat pada wajah dan tubuh. Padahal, ini justru akan menyebabkan ceramide terkikis.

Jika sudah begitu, maka zat alami tubuh ini pun hilang, menyebabkan kandungan air dalam lapisan kulit juga akan mudah menguap dan hilang, yang efeknya justru membuat kulit kering.

"Ketika kadar lemak hilang, jumlah air yang menguap jadi lebih tinggi, yang hasilnya membuat kulit kemerahan dan gatal. Jadi intinya ceramide merupakan pelembab natural yang bikin kulit nggak gampang kering," jelas dr. Ricky di House of CeraVe, Senayan City, Jakarta, Rabu (31/1/2024).

Dokter spesialis kulit dan kelamin di Maharis Clinic ini menambahkan, bukan hanya produk pembersih wajah, tapi kondisi genetik seseorang bisa mempengaruhi kondisi kulit dengan penguapan ceramide lebih cepat.

Sehingga, kata dr. Ricky, bukan hanya kulit kering, kekurangan ceramide juga bisa menimbulkan kondisi eksim kulit alias dermatitis atopik, yang ditandai ruam merah, kulit kering, gatal, dan bersisik. Kondisi ini juga jadi tanda seseorang alami gangguan skin barrier atau lapisan pelindung kulit.

"Kulit kering pecah-pecah, gatal kemerahan terjadi eksim atau atopik dermatitis. Jadi pada dasarnya kulit orang kering, ketika kering kena debu dan alergen, bahkan kena kain sekalipun bikin kita gatal juga," tambahnya.

Itu sebabnya, menurut dokter yang baru saja mendapat penghargaan sebagai lulusan terbaik program spesialis Fakultas Kedokteran Universitas Udayana itu, sangat penting menjaga kelembapan kulit, karena secara tidak langsung bisa mencegah kulit dari penuaan dini seperti kerutan.

"Jadi kan kalau kerutan itu kulit tidak mampu menampung air dan minyak, dengan membiasakan melembapkan kulit, sehingga bisa mencegah penuaan atau kerutan terjadi lebih cepat," paparnya.

Di acara yang sama, President Director Watsons Indonesia, Lilis Mulyawati, mengungkap maraknya tren masyarakat berburu produk dengan kandungan ceramide terbaik seperti CeraVe, bahkan meski harus jasa titip (jastip) atau bepergian ke luar negeri sekalipun.

Tapi tindakan itu tidak perlu dilakukan, karena menguras kantong lebih dalam. Apalagi kata Lilis, produk ini sudah tersedia di Watsons salah satu toko ritel kesehatan dan kecantikan di Indonesia.

"Bersama kehadiran CeraVe di toko kami, menandakan era baru bagi pelanggan kami. Mereka tidak perlu lagi bergantung pada jastip, CeraVe kini mudah dibeli dan sesuai komitmen Watsons dan L'Oreal dalam menyediakan produk-produk tren untuk kebutuhan perawatan kulit dan kecantikan,” pungkas Lilis.

Editor: Vania Rossa

Tag:  #alasan #pentingnya #memilih #skincare #dengan #kandungan #ceramide

KOMENTAR