Satu Per Satu Temanmu Mulai Menjauh? Berikut Adalah 8 Perilaku yang Membuat Teman Menjauh dan Hilang Respect
Ilustrasi teman yang menjauh./ (Freepik)
12:22
10 Oktober 2024

Satu Per Satu Temanmu Mulai Menjauh? Berikut Adalah 8 Perilaku yang Membuat Teman Menjauh dan Hilang Respect

Pola perilaku seseorang adalah indikasi kuat mengenai penggambaran kualitas mereka sebagai individu.

Kita bisa melihat apakah seseorang akan memberikan pengaruh baik atau buruk pada hidup kita dari bagaimana cara mereka bersikap.

Anda mungkin pernah mendengar sebuah peribahasa “Gajah di pelupuk mata tak nampak, semut di seberang lautan nampak” yang artinya, kesalahan atau kekurangan diri sendiri, meskipun besar tidak terlihat, sedangkan kesalahan atau kekurangan orang lain, meskipun kecil akan terlihat jelas.

Menilai perilaku orang lain bisa terasa lebih mudah daripada menyadari kekurangan pribadi. Ini karena untuk mengakui kesalahan pribadi, kita memerlukan kemampuan menerima keterbatasan, yang tidak semua orang bisa lakukan.

Meskipun demikian, penting untuk kita melakukan wawas diri dan belajar mengakui kesalahan, selain menghindari merugikan orang lain, perilaku ini juga dapat membantu kita untuk tumbuh menjadi pribadi yang lebih baik.

Dilansir dari laman Your Tango pada Kamis (10/10), berikut adalah delapan perilaku yang membuat teman-temanmu menjauh dan kehilangan rasa hormat terhadapmu:

1. Ketidaksabaran

Orang yang selalu terburu-buru menunjukkan kurangnya kontrol diri, dan terlihat kurang terhormat.

Orang lain akan mengira bahwa ada yang tidak beres dalam hidup mereka, karena mereka tidak hanya membuat dirinya stres dengan fokus tajam pada urgensi, tetapi juga mengganggu orang-orang disekitarnya.

Bergegas dalam keadaan darurat adalah hal yang wajar, namun jika ketidaksabaran sudah menjadi kebiasaan buruk, Anda harus mulai belajar untuk mengontrol diri dan menjadi lebih tenang.

2. Menginterupsi

Percakapan adalah komunikasi interaktif antara dua orang atau lebih, yang berarti ada bagian Anda berbicara, juga mendengarkan. Anda harus tahu kapan waktunya berhenti berbicara, dan mulai mendengarkan.

Memotong pembicaraan orang lain, hanya akan menunjukkan ketidak hormatan dan dapat menghasilkan persepsi negatif. Ini adalah perilaku yang sangat menjengkelkan dan bisa membuat orang memandang Anda sebagai pribadi yang tidak punya sopan santun.

3. Mudah mengubah pendapat

Sering mengubah pendapat tanpa pertimbangan mendalam dapat menandakan kelemahan berpikir.

Merubah pendirian seharusnya memerlukan pemikiran yang mendalam, dengan tambahan fakta dan perspektif yang berbeda, dan bukan asal merubah begitu saja.

Mengakui kesalahan dan melakukan koreksi dengan hati-hati masih bisa dibenarkan, namun asal setuju dan mengubah pendapat tanpa berpikir, akan menunjukkan kelemahan dan kurangnya kepercayaan diri pada pandangan pribadi, hal ini dapat membuat orang lain menjadi hilang respect kepada Anda.

4. Berdebat

Ada perbedaan antara berdebat dan terlibat dalam perdebatan sehat tentang suatu topik. Berdebat sering kali mencerminkan kebutuhan untuk membuktikan diri, melakukannya secara agresif, enggan mendengarkan pandangan yang berlawanan, dan tidak jarang saling merugikan.

Terlibat dalam pertengkaran yang tidak ada gunanya, hanya akan memancing kemarahan orang lain dan membuat mereka kehilangan rasa hormat kepada Anda, sebaliknya debat yang baik dan sehat, perlu dilakukan dengan diskusi yang tenang dan konstruktif.

5. Mengeluh

Mengeluh kepada teman tentang segala hal, dapat menguras energi percakapan dan mengurangi rasa hormat mereka terhadap Anda. Membahas sesuatu yang tidak dapat diubah hanya akan mencemari suasana dengan beban yang seharusnya bisa dihindari.

Menurut sebuah penelitian, mengeluh selama hanya 30 menit dapat merusak otak secara fisik.

Alih-alih mengeluh, cobalah untuk mengangkat semangat orang lain. Usahakan untuk lebih banyak menceritakan solusi, daripada hanya menyambat tentang apa yang salah dengan segalanya dan mengapa Anda tidak bisa mengubah keadaan.

6. Kurang menunjukkan minat pada orang lain

Fokus hanya pada diri sendiri dalam percakapan membuat Anda terlihat egois. Jika Anda terus-menerus berbicara tentang diri sendiri tanpa menanyakan orang lain, rasa hormat mereka terhadap Anda akan memudar.

Fokuslah mendengarkan dengan seksama, mengajukan pertanyaan lanjutan, dan memberikan perhatian penuh kepada orang lain, serta jangan terganggu oleh media sosial, pesan teks, dan lainnya.

Menjadi pendengar yang baik akan membuat mereka merasa di dengar, ini akan menunjukkan bahwa kita peduli dengan apa yang mereka katakan.

7. Meremehkan waktu Anda

Terus-menerus memprioritaskan kebutuhan orang lain di atas kebutuhan pribadi, menunjukkan kurangnya rasa hormat terhadap diri sendiri. Anda mungkin melakukannya murni untuk membantu, atau sekedar menyenangkan orang lain.

Namun, kebiasaan ini akan membuat orang lain berpikir bahwa Anda adalah orang yang gampangan, dan mereka akan mulai meremehkan Anda. Sebaiknya, prioritaskan diri Anda terlebih dahulu sebelum membantu orang lain.

8. Menjadi pembunuh suasana

Adakalanya, kita harus bisa bersikap fleksibel, karena tidak semua hal harus disikapi secara serius dan menutup diri dari keceriaan. Menyikapi segalanya secara kaku, dapat membuat orang lain menjauh dan mengubah cara pandang mereka terhadap kita.

Menurut sebuah penelitian, menjadi sadar dan fleksibel secara emosional dalam situasi yang sulit dan menantang tidak hanya meningkatkan kehidupan individu, tetapi juga bisa memperkuat dan memperkaya hubungan dekat mereka.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #satu #satu #temanmu #mulai #menjauh #berikut #adalah #perilaku #yang #membuat #teman #menjauh #hilang #respect

KOMENTAR