7 Platform Pencari Kerja Terbaik, Ada Info Lowongan di Luar Negeri Juga, Lho!
Platform untuk Pencari Kerja (Freepik)
16:47
7 Oktober 2024

7 Platform Pencari Kerja Terbaik, Ada Info Lowongan di Luar Negeri Juga, Lho!

Bosan dengan lamaran yang menumpuk tanpa kabar? Atau mungkin kamu sedang mencari tantangan baru di luar negeri? Tenang saja, di era digital seperti sekarang, mencari pekerjaan jadi jauh lebih mudah. Banyak platform pencari kerja yang menawarkan ribuan lowongan, bahkan di luar negeri.

Penasaran apa saja platform pencari kerja yang bisa membantumu mendapatkan pekerjaan impian? Yuk, simak ulasan berikut!

1. JobStreet

JobStreet adalah salah satu aplikasi yang menyediakan informasi lowongan pekerjaan dan sangat populer. Aplikasi ini menawarkan setidaknya 230 ribu lowongan pekerjaan. Platform ini tidak hanya menawarkan informasi pekerjaan di Indonesia, tetapi juga menjangkau lowongan pekerjaan di beberapa negara Asia lainnya, seperti Singapura, Malaysia, Vietnam, dan Filipina. Selain itu, JobStreet dilengkapi dengan fitur notifikasi seluler maupun email yang memberikan informasi terbaru tentang lowongan pekerjaan setiap hari.

Baca Juga: Kabar Gembira Buat Anak Muda, Pemkab Gorontalo Buka Pendaftaran CPNS hingga 6 Desember 2024

2. LinkedIn

Tak hanya berfungsi sebagai platform media sosial, LinkedIn juga dapat dimanfaatkan untuk menemukan pekerjaan impian. Jutaan profesional memiliki akun di platform ini, dan banyak perusahaan yang memanfaatkannya untuk mencari kandidat terbaik. LinkedIn tidak hanya menawarkan fitur pencarian lowongan pekerjaan, tetapi juga memberikan informasi bisnis dan peluang untuk membangun jejaring sosial yang dapat memperluas koneksi di dunia karier.

Melalui LinkedIn, pengguna dapat menemukan pekerjaan yang sesuai dengan keterampilan. Platform ini juga dapat berfungsi sebagai portofolio online bagi pencari kerja.

Fitur pengisian data diri mengenai keterampilan memungkinkan LinkedIn memberikan notifikasi tentang pekerjaan yang relevan bagi pencari kerja. Selain itu, pengguna LinkedIn juga dapat menulis artikel yang bisa dibagikan dan dibaca oleh pengguna lain serta perusahaan-perusahaan.

3. Glints

Baca Juga: Waspada! Penipuan Lowongan Kerja Berkedok Rekrutmen Pertamina Kembali Beredar di Media Sosial

Glints adalah platform pencari kerja yang berasal dari Singapura. Selain menawarkan informasi mengenai lowongan pekerjaan, Glints juga memberikan informasi tentang lowongan magang yang sangat cocok untuk fresh graduate yang belum memiliki pengalaman kerja. Dalam aplikasi Glints, terdapat fitur konsultasi dan rekomendasi pengembangan karier melalui live chat yang dapat membantu pengguna menemukan pekerjaan yang paling sesuai.

Selain itu, Glints juga menyediakan layanan untuk menjelajahi berbagai bidang karier dan pelatihan keterampilan khusus untuk meningkatkan kemampuan penggunanya.

Menariknya, Glints tidak hanya fokus pada pekerjaan penuh waktu, tetapi juga merupakan aplikasi pencari kerja paruh waktu yang dapat diandalkan di Indonesia.

Selain pencarian lowongan pekerjaan, Glints juga menawarkan kelas atau webinar yang bisa diakses secara gratis oleh pengguna. Sambil menunggu pekerjaan yang tepat, pengguna dapat meningkatkan keterampilan atau fokus pada pengembangan diri melalui video yang disediakan oleh Glints.

4. Kalibrr

Kalibrr adalah platform asal Filipina yang digunakan oleh perusahaan untuk merekrut karyawan baru. Beberapa perusahaan besar di Indonesia menggunakan Kalibrr sebagai sarana untuk merekrut kandidat. Aplikasi pencari kerja ini dapat memberikan rekomendasi mengenai pekerjaan dan perusahaan terbaik yang sesuai dengan kemampuan, minat, dan pengalaman Anda. Selain itu, Kalibrr juga memiliki fitur unggulan, yaitu menyediakan tes pengembangan bakat yang akan dinilai.

5. TopKarir

TopKarir adalah aplikasi pencari kerja yang dapat diunduh di Play Store dan App Store. Aplikasi ini menyediakan informasi lowongan pekerjaan di berbagai bidang, baik untuk pelajar, fresh graduate, maupun profesional.

TopKarir menawarkan banyak fitur yang sangat bermanfaat bagi pencari kerja. Selain informasi lowongan kerja, terdapat juga program UMKM TopKarir yang dirancang khusus untuk pelaku bisnis di Indonesia. Selain itu, TopKarir menyediakan lowongan magang dan beasiswa bagi mereka yang membutuhkannya.

Selain informasi mengenai pekerjaan, portal TopKarir juga menyajikan informasi tentang magang, beasiswa pendidikan, pelatihan dan sertifikasi, serta informasi terkait kewirausahaan.

6. Indeed (Jobs by Indeed)

Indeed menyediakan banyak lowongan kerja dengan penawaran pekerjaan baru di berbagai negara. Indeed memiliki lebih dari 200 juta lowongan yang tersedia di lebih dari 60 negara dan dalam 28 bahasa.

Jika Anda tidak ingin mencari pekerjaan terlalu jauh, fitur GPS di ponsel dapat membantu menemukan lowongan di sekitar tempat tinggal Anda. Daftar pencarian di Indeed mencakup pekerjaan tetap serta posisi magang bagi mahasiswa.

7. KitaLulus

KitaLulus adalah aplikasi pencari kerja jarak jauh yang sangat cocok untuk mencari pekerjaan di Indonesia, dengan lebih dari 50 ribu perusahaan yang terdaftar. Setiap lowongan pekerjaan yang ditampilkan di KitaLulus telah diseleksi sebelumnya, sehingga dijamin kredibel dan bebas dari penipuan.

Selain informasi lowongan kerja, KitaLulus juga menyediakan fitur pembelajaran bagi para pencari kerja. Melalui fitur ini, job seeker dapat mengikuti tryout atau latihan psikotes sebagai persiapan untuk memasuki dunia kerja.

Itulah 7 platform untuk pencari kerja yang bisa Anda manfaatkan untuk mendapatkan pekerjaan impian. 

Kontributor : Dini Sukmaningtyas

Editor: Vania Rossa

Tag:  #platform #pencari #kerja #terbaik #info #lowongan #luar #negeri #juga

KOMENTAR