6 Manfaat Merapikan Gigi dengan Clear Aligner!
Ilustrasi Aligner Gigi (Unsplash/Diana Polekhina)
07:08
27 Januari 2024

6 Manfaat Merapikan Gigi dengan Clear Aligner!

 

 

 – Perkembangan teknologi semakin canggih dan pesat di berbagai bidang, tak terkecuali di bidang kesehatan gigi.

Namun, ketika berbicara tentang perawatan ortodontik, masyarakat masih memikirkan perawatan tradisional dengan kawat gigi logam.

Hal ini dapat dimaklumi karena behel mungkin pernah dilihat dan digunakan oleh banyak orang.

Namun, dalam memperbaiki senyum yang tak sempurna, Aligner Gigi menawarkan banyak keunggulan dibandingkan kawat gigi biasa.

Dilansir dari Spark Aligners, Sabtu (27/1), berikut adalah beberapa manfaat dari menggunakan Aligner Gigi dibandingkan dengan kawat gigi biasa.

  1. Hampir tidak terlihat

Dikarenakan hampir tidak terlihat, Aligner Gigi menawarkan hasil estetika yang jauh lebih baik karena tidak adanya komponen logam yang terlihat jelas pada gigi.

Hal ini memudahkan pasien untuk memakainya di sekitar orang lain, atau bahkan saat beraktivitas sehari-hari.

  1. Dapat dilepas

Manfaat utama lainnya dari Aligner Gigi adalah dapat dilepas dengan mudah. Karena pasien dapat melepasnya sebelum makan dan ngemil, tidak ada batasan apa yang boleh mereka makan selama perawatan.

Mereka bisa makan apapun yang mereka suka tanpa khawatir kabelnya putus atau behelnya copot.

  1. Nyaman dipakai

Pasien selalu mengeluh dan melaporkan bahwa behel tidak nyaman, bahkan terkadang menyakitkan.

Itu bahkan bisa menyebabkan iritasi pada gusi, sariawan, dan kerusakan gigi. Salah satu keunggulan lain dari Aligner Gigi dibandingkan kawat gigi logam adalah lebih nyaman dipakai sehingga proses perawatan menjadi lebih menyenangkan.

Tidak ada kabel atau behel logam pada Aligner Gigi yang membuat mulut pasien iritasi; sebagai gantinya, Retainer digunakan untuk memindahkan gigi ke tempatnya secara bertahap seiring waktu.

Pasien diwajibkan menggunakan tiap set Aligner Gigi selama sekitar dua minggu sebelum beralih ke set berikutnya.

Perubahan gigitan selama perawatan dapat menyebabkan ketidaknyamanan sementara.

  1. Mudah dipakai

Menggunakan behel membutuhkan kunjungan rutin untuk mengencangkan behel logam pada gigi pasien yang di mana membuat mereka tidak nyaman dan waktu yang dibutuhkan pun juga lumayan lama.

Namun jika menggunakan Aligner Gigi, pasien hanya perlu janji temu setiap satu hingga dua kali seminggu untuk mengganti Retainer yang mudah dan tidak merepotkan karena mereka akan mendapatkan Aligner yang sudah disesuaikan. Janji temu yang biasa dilakukan pasien adalah untuk mengecek senyum mereka.

Selain itu, dengan keuntungan ini menjadikan Aligner Gigi sebagai pilihan tepat bagi para profesional sibuk yang ingin menjaga senyum mereka tetap tampil menawan tanpa mengganggu aktivitas sehari-hari.

  1. Kebersihan mulut yang lebih baik

Saat memakai behel, pasien dilarang menyikat dan membersihkan gigi dengan benang secara efektif.

Salah satu manfaat terbesar dari Aligner Gigi adalah tidak adanya behel atau kabel logam sehingga pasien dapat menyikat dan membersihkan gigi dengan normal tanpa usaha ekstra.

Hal ini dapat melindungi gigi dari gigi berlubang selama perawatan dan mengurangi risiko penyakit gusi juga.

  1. Perawatan yang berpotensi lebih cepat

Perawatan jenis ini bisa lebih cepat dibandingkan kawat gigi tradisional karena hanya memerlukan penggunaan satu set Aligner Gigi tiap waktu. Durasi perawatan akan bervariasi tergantung pada kebutuhan spesifik pasien.

Perawatan yang lebih cepat adalah salah satu manfaat dari Aligner Gigi karena pasien tidak perlu menunggu gigi mereka bergerak tiap kali memasang Aligner Gigi yang baru.

Aligner Gigi adalah alternatif bagus untuk behel karena beberapa alasan. Mereka nyaman dan dapat dilepas dengan mudah sehingga lebih mudah untuk menjalani kehidupan normal tanpa mengganggu aktivitas sehari-hari.

Mereka juga kasat mata, jadi tidak membuat pasien khawatir akan behel yang menarik perhatian yang tidak diinginkan.

Rencana perawatan ortodontik yang efektif untuk meluruskan gigi sangat penting untuk senyum dan kesehatan mulut yang sehat.

Tidak ada ruginya jika mencermati dan mengerti manfaat dari Aligner Gigi sebagai alternatif behel gigi.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #manfaat #merapikan #gigi #dengan #clear #aligner

KOMENTAR