5 Cara Optimalkan Profil LinkedIn Agar Dilirik HR Perusahaan
Ilustrasi LinkedIn. (searchenginejournal.com/linkedin)
13:50
2 Oktober 2024

5 Cara Optimalkan Profil LinkedIn Agar Dilirik HR Perusahaan

LinkedIn menjadi salah satu sosial media berbasis profesional yang digandrungi masyarakat. Termasuk dari berbagai generasi.

Banyak aktivitas yang dapat dilakukan di LinkedIn. beberapa di antaranya adalah membangun personal branding, menjaring relasi, mencari kerja, mencari kandidat/karyawan, bahkan berinteraksi langsung dengan HR perusahaan.

Simak cara-cara di bawah ini untuk kamu yang ingin mempercantik profil LinkedIn!

  1. Gunakan Foto Profil Semi/Profesional

Foto menjadi salah satu hal yang pertama kali dilihat orang lain ketika mengunjungi profil kita. Memang tidak ada peraturan tertulis mengenai foto yang harus dipakai untuk profil LinkedIn, tetapi pemilihan foto yang baik dan profesional akan lebih mudah untuk memikat perhatian orang lain, terutama HR.

Tidak harus menggunakan foto profesional, tetapi kamu juga bisa menggunakan foto semi profesional yang sedikit lebih santai namun tetap menunjukkan sisi profesionalmu. Jangan lupa untuk memakai pakaian yang sesuai dengan konsep foto dan pastikan latarnya terlihat rapi.

  1. Cantumkan Highlight di Headline

Setelah foto, hal selanjutnya yang dilihat oleh orang lain adalah headline. Rangkuman tentang dirimu sebetulnya dapat digambarkan pada deskripsi yang dicantumkan di headline.

Headline bisa diisi dengan posisi saat ini, ketertarikan terhadap suatu bidang, keahlian soft skill atau hard skill, dan masih banyak lagi hal yang bisa kamu cantumkan di headline untuk mendeskripsikan dirimu secara singkat.

Jika kamu sedang dalam posisi bekerja, kamu bisa cantumkan di mana kamu bekerja dan apa posisi, tetapi jika kamu belum bekerja, kamu bisa jelaskan secara singkat kegiatan saat ini, misalnya sedang magang atau menjadi freelance.

  1. Tulis Ringkasan Tentang Dirimu

Pada kolom deskripsi, kamu bisa ceritakan secara singkat mengenai latar belakang. Narasi yang kamu ciptakan pada kolom deskripsi ini akan menjadi daya tarik yang unik jika kamu bisa mendeskripsikan dirimu dengan baik.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa ceritakan kehidupan akademik dan nonakademik yang kamu jalani, kemampuan dan keahlian dalam suatu bidang yang spesifik, dan hal penting lainnya yang menurutmu dapat memikat perhatian orang lain. Optimalkan kolom deskripsi agar orang lain bisa mengenalmu lebih baik lagi.

  1. Lengkapi Kolom Pendidikan dan Sertifikasi

Tak dapat diungkiri bahwa pendidikan dan sertifikasi cukup krusial bagi pengguna LinkedIn. Orang lain akan mengetahui di mana kamu mengenyam pendidikan dan apa keahlian yang telah diuji pada sebuah ujian sertifikasi atau lisensi.

Pada saat mengisi kolom pendidikan, pastikan kamu mengisi nama institusi pendidikan yang sesuai, judul penelitian jika ada, dan nilai akhir yang kamu peroleh selama mengenyam pendidikan.

Untuk kolom sertifikasi, kamu bisa mengisinya dengan sertifikat kompetensi yang kamu dapatkan dengan cara mengikuti ujiannya terlebih dahulu. Biasanya, sertifikat kompetensi memiliki batas waktu yang telah ditentukan. Akan tetapi, kamu bisa hubungkan sertifikat yang kamu miliki dengan fitur Show Credential, dengan begitu orang lain dapat mengakses dan melihat kevalidan sertifikat atau lisensimu.

  1. Cantumkan Pengalaman yang Kamu Miliki

Pengalaman menjadi salah satu poin penting yang bisa menjadi nilai tambah untukmu. Kamu bisa masukkan pengalaman yang kamu miliki untuk meningkatkan kualitas di LinkedIn.

Banyak pengalaman yang bisa kamu cantumkan, misalnya seperti pengalaman kerja, organisasi, magang, freelance, pertukaran pelajar, kolaborasi project, dan masih banyak lagi.

  1. Minta Rekan Terdekat untuk Merekomendasikanmu

Salah satu kolom yang cukup penting dalam mempercantik profil LinkedIn adalah rekomendasi. Kamu bisa meminta rekan terdekat untuk memberikan rekomendasi pada profil LinkedIn-mu.

Hal yang bisa ditulis dalam kolom rekomendasi adalah tentang bagaimana perasaan rekan saat bekerja denganmu, penilaian kinerja, atau bahkan kepribadianmu.

Memang rekomendasi ini bersifat subjektif, tetapi penilaian orang lain terhadap dirimu juga merupakan hal yang penting untuk kamu mengetahui bagaimana dirimu di mata orang lain.

Itulah cara yang bisa kamu coba untuk mempercantik profil LinkedIn agar memikat perhatian HR. Tips tambahan di luar mempercantik profil adalah kamu bisa mencoba untuk aktif berinteraksi dengan orang lain yang sudah terkoneksi denganmu.

Interaksi yang bisa kamu lakukan adalah dengan memberikan komentar, mengunggah ulang sebuah posting-an, menyapa koneksimu melalui direct message, dan membuat unggahan sendiri di akunmu.

Editor: Latu Ratri Mubyarsah

Tag:  #cara #optimalkan #profil #linkedin #agar #dilirik #perusahaan

KOMENTAR