1 Oktober Hari Apa? Ketahui Sejarah di Balik Hari Kesaktian Pancasila
Ilustrasi pancasila - hari kesaktian pancasila (freepik)
14:29
27 September 2024

1 Oktober Hari Apa? Ketahui Sejarah di Balik Hari Kesaktian Pancasila

Hari Kesaktian Pancasila diperingati setiap tanggal 1 Oktober, di mana tahun ini peringatan Hari Kesaktian Pancasila jatuh pada Selasa (1/10/2024). Hari penting ini diperingati dengan tujuan untuk mengenang gugurnya pahlawan revolusi dalam peristiwa Gerakan 30 September (G30S) pada tahun 1965 silam. Selain itu, peringatan ini juga untuk mengingatkan seluruh masyarakat bahwa ideologi Pancasila tidak akan pernah bisa digantikan oleh paham apapun.

Sejarah Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober

Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober ditetapkan tidak lepas dari peristiwa G30S, di mana sebanyak enam perwira tinggi dan satu perwira menengah TNI Angkatan Darat menjadi korban, yaitu:

1. Letnan Jenderal Anumerta Ahmad Yani

Baca Juga: Bantah Tudingan Jadi Biang Kerok Kericuhan Menara Kadin, Umar Kei Beberkan Kronologi: Jangan Provokasi Kami

2. Mayor Jenderal R Suprapto

3. Mayor Jenderal MT Haryono

4. Mayor Jenderal Siswondo Parman

5. Brigadir Jenderal D I Panjaitan

6. Brigadir Jenderal Sutoyo Siswomiharjo

Baca Juga: Kronologi Kasus Sum Kuning, Penjual Telur Korban Pemerkosaan Tahun 1970

7. Lettu Pierre Andreas Tendean

Pada awalnya, Hari Kesaktian Pancasila hanya diikuti oleh TNI Angkatan Darat sesuai dengan Surat Keputusan Menteri/Panglima Angkatan Darat tanggal 17 September 1966 (Kep 977/9/1966). Hingga kemudian, pada 24 September 1966, Menteri/Panglima Angkatan Kepolisian mengusulkan supaya Hari Kesaktian Pancasila diperingati seluruh jajaran Angkatan Bersenjata. 

Selanjutnya, dalam Keputusan Nomor (Kep/B/134/1966) tanggal 29 September 1966, Jenderal Soeharto selaku Menteri telah menerbitkan Keputusan Menteri Utama Bidang Pertahanan dan Keamanan supaya Hari Kesaktian Pancasila diperingati seluruh orde Angkatan Bersenjata. Maka dengan surat tersebut, upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober diperingati oleh seluruh komponen pemerintahan. Setelah Soeharto naik menjadi Presiden ke-2 Indonesia, beliau kemudian menerbitkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 153 Tahun 1967 tentang Hari Kesaktian Pancasila. Dalam Keppres itu, Soeharto lalu menjadikan Hari Kesaktian Pancasila sebagai hari nasional yang wajib diperingati oleh seluruh masyarakat Indonesia. 

Fakta Menarik Hari Kesaktian Pancasila

Berikut ini adalah beberapa fakta menarik seputar Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober:

1. Lahir bersama hari penting lainnya

Ternyata 1 Oktober tidak hanya diperingati sebagai Hari Kesaktian Pancasila. Jadi, pada tanggal 1 Oktober 2017 silam juga diperingati Hari Kopi Internasional yang dirayakan sejak tanggal 29 September hingga 1 Oktober 2017.

2. Tidak Libur

Menurut Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri tentang libur nasional dan cuti bersama 2024, diketahui bahwa Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2024 ternyata tidak libur. Merujuk pada sumber yang sama, dipastikan bahwa tidak ada tanggal merah, baik libur nasional maupun cuti bersama pada bulan Oktober 2024.

3. Upacara di Monumen Pancasila Sakti

Setiap tahunnya, upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober selalu dilaksanakan di Monumen Pancasila Sakti. Monumen Pancasila Sakti sendiri dibangun dengan tujuan untuk mengingat perjuangan para Pahlawan revolusi yang berjuang mempertahankan ideologi bangsa dari ancaman ideologi komunis. Monumen Pancasila Sakti tersebut berada di Jalan Raya Pd. Gede, Lubang Buaya, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur.

Kontributor : Rishna Maulina Pratama

Editor: M. Reza Sulaiman

Tag:  #oktober #hari #ketahui #sejarah #balik #hari #kesaktian #pancasila

KOMENTAR