Berapa Gaji Wasit Eko Agus Sugiharto? Terancam Sanksi Berat Usai Laga Aceh vs Sulteng di PON
Momen wasit Eko beri kartu kuning untuk Sulteng di sepak bola PON. (ANTARA FOTO/Adeng Bustomi/YU)
12:44
18 September 2024

Berapa Gaji Wasit Eko Agus Sugiharto? Terancam Sanksi Berat Usai Laga Aceh vs Sulteng di PON

Pertandingan sepak bola PON XXI antara Aceh dan Sulawesi Tenggara (Sulteng) beberapa waktu lalu menjadi bahan pembicaraan publik. Salah satu pemain Sulteng, Muhammad Rizki Saputra meninju wasit pertandingan, Eko Agus Sugiharto.

Usut punya usut, bogeman tersebut diberikan karena pemain Sulteng merasa tidak terima atas beberapa keputusan wasit Eko Agus selama pertandingan. Usai kejadian tersebut, Eko Agus langsung mendapatkan perawatan. Sementara itu, Rizki Saputra diusir dengan kartu merah.

Terlepas dari kejadian yang kemudian menjadi perhatian dunia tersebut, beberapa warganet ada yang justru penasaran dengan gaji wasit sepak bola di Indonesia. Apakah Anda salah satunya? Jika iya, simak informasi berikut.

Berapa gaji wasit sepak bola di Indonesia?

Baca Juga: Beda Nasib Saaih Halilintar dan Putri Irfan Hakim di PON 2024

Jauh sebelum penyelenggaran PON XXXI, Erick Thohir selaku Ketua Umum PSSI sempat mengumumkan bahwa wasit-wasit yang akan memimpin pertandingan BRI Liga 1 2023/2024 bisa mendapatkan gaji lebih dari menteri.

“Alhamdulillah, mereka rata-rata 17 kali meniup peluit dalam semusim. sekali tiup, nominalnya titik-titik, dalam sebulan, gajinya titik-titik,” kala itu Erick Thohir memang tidak menyebutkan angka yang spesifik.

Namun, jika merujuk pada Liga 1 2022/2023, kala itu seorang pengadil pertandingan bisa mengantongi Rp10 juta tiap kali bertugas. Sementara itu, hakim garis memiliki gaji Rp7,5 juta, wasit tambahan Rp 5 juta, begitu pula dengan wasit cadangan.

Itu artinya, jika seorang wasit bisa memimpin 17 laga, mereka bisa mendapatkan gaji hingga Rp170 juta setiap musimnya. Jika semusim memakan waktu 11 bulan, maka setiap wasit seharusnya menerima bayaran sekitar Rp15,4 juta per bulan. Itu adalah gaji wasit Liga 1 di tahun 2022/2023. Artinya, bayaran di tahun 2023/2024 bisa lebih besar.

“Lebih tinggi gajinya dari menteri. Menteri Rp19 juta, mereka bisa Rp20 juta. Alhamdulillah, itu lebih tinggi. Selevel menteri mereka,” ujar Erick Thohir menambahkan.

Baca Juga: Viral Makanan Ringan di PON Aceh-Sumut Cuman Roti dan Santan Kemasan, Menpora: Itu Hoaks, Becandaan Oknum!

Kabar terbaru pemukulan wasit sepak bola PON

Merujuk pada kejadian di lapangan, Erick Thohir menyebut bahwa timnya akan melakukan penyelidikan lebih lanjut demi memberikan hukuman setimpal.

“Pastinya akan dilakukan investigasi mendalam. Indikasi pertandingan yang tidak fair menjadi materi serius yang ditelaah. Pun halnya reaksi pemain yang dipastikan berubah sanksi yang berat,” ujarnya.

Bahkan, Eko Agus Sugih terancam mendapatkan sanksi larangan untuk beraktivitas di sepak bola seumur hidup.

Demi mencegah insiden serupa, PSSI akan mengirim wasit Liga 1 dan 2 untuk memimpin pertandingan di Aceh.

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri

Editor: Agatha Vidya Nariswari

Tag:  #berapa #gaji #wasit #agus #sugiharto #terancam #sanksi #berat #usai #laga #aceh #sulteng

KOMENTAR