Simak! Ini Dia 5 Jenis Sayuran yang Bisa Memperlancar ASI
Ilustrasi sayuran warna pelangi/ freepik
19:08
12 September 2024

Simak! Ini Dia 5 Jenis Sayuran yang Bisa Memperlancar ASI

Nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu menyusui memang lebih banyak. Hal ini karena apapun makanan yang dikonsumsi ibu menyusui akan mempengaruhi kesehatan bayi karena ASI merupakan satu-satunya sumber nutrisi untuk bayi hingga umur 6 bulan.

Namun, tidak sedikit ibu menyusui yang mengalami masalah terkait kurangnya produksi ASI. Masalah tersebut telah menjadi masalah umum yang terjadi di kalangan ibu menyusui.

Untuk itu, sangat disarankan untuk mengatur pola makan sehat agar bisa memperlancar produksi ASI.

Ibu menyusui dapat mengkonsumsi makanan sehat pelancar ASI, seperti mengkonsumsi sayur-sayuran.,

Ada beberapa jenis sayuran yang diketahui dapat memperlancar produksi ASI pada ibu menyusui. Berikut ini merupakan lima jenis sayuran yang bisa memperlancar ASI yang dilansir dari akun YouTube Sehat Secara Alami pada Kamis (12/9).

1. Wortel

Wortel tak hanya bermanfaat bagi mata, tetapi juga bermanfaat bagi ibu menyusui. Hal ini karena sayuran wortel mengandung beta karoten dan vitamin A yang tinggi dapat membantu ibu menyusui dengan memasukkan energi dan menjaga kualitas ASI.

Tak hanya itu saja, wortel juga dapat mendorong perkembangan ASI. Sayuran ini dikategorikan sebagai makanan galactagogue yang artinya dapat bermanfaat untuk memproduksi dan meningkatkan ASI.

2. Bawang Putih

Selanjutnya, yaitu bawang putih yang dipercaya dapat memperlancar ASI pada ibu menyusui.

Bawang putih merupakan makanan galactagogue yang dapat membantu ibu menyusui untuk menghasilkan lebih banyak ASI.

3. Bayam

Sayuran bayam ini memiliki kandungan zat besi yang diketahui sangat baik untuk meningkatkan kadar zat besi dan kecukupan nutrisi zat besi yang sangat penting bagi ibu menyusui.

Jika kekurangan zat besi, maka akan mempengaruhi jumlah ASI yang diproduksi. Oleh karena itu, bayam menjadi makanan yang memiliki peran penting untuk ibu menyusui.

Selain itu, wanita yang mengalami pendarahan pada saat persalinan dapat mengkonsumsi bayam untuk mempercepat pemulihan.

4. Daun Kelor

Daun kelor dikenal sebagai sayuran yang memiliki banyak manfaat baik untuk ibu menyusui. Sayuran ini memiliki kandungan zat besi, kalsium, dan flavonoid yang dapat membantu memperlancar produksi ASI.

Sayuran ini juga mengandung banyak nutrisi lain, seperti kandungan zat besi 25 kali lebih banyak daripada sayuran bayam serta kandungan vitamin C sebanyak 7 kali lipat lebih banyak daripada jeruk.

Oleh karena itu, sangat disarankan untuk konsumsi daun kelor agar memperlancarkan ASI.

5. Asparagus

Asparagus merupakan sayuran yang dipercaya dapat meningkatkan produksi ASI. Sayuran ini telah dijadikan sebagai obat untuk meningkatkan produksi ASI.

Selain itu, asparagus juga mengandung banyak nutrisi, seperti serat, vitamin A, dan Vitamin K. Asparagus juga dapat merangsang hormon laktasi yang bertugas dalam memproduksi susu.

Itu dia informasi mengenai lima jenis sayuran yang bisa memperlancar ASI.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #simak #jenis #sayuran #yang #bisa #memperlancar

KOMENTAR