Baru Menemukan Passion yang Cocok Saat di Usia Dewasa, Berikut Cara Mengetahuinya Sedini Mungkin
Menemukan passion yang cocok berdampak di usia dewasa./Pixabay
16:38
12 September 2024

Baru Menemukan Passion yang Cocok Saat di Usia Dewasa, Berikut Cara Mengetahuinya Sedini Mungkin

Bukan pada masa anak-anak, di mana memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dan mulai mengeksplorasi berbagai hal, atau pada remaja, justru menemukan passion sering kali terjadi saat sudah memasuki usia dewasa.

Ketika banyak orang mulai menggeluti bidangnya yang sesuai dengan passion, beberapa di antaranya yang sudah memasuki usia dewasa cenderung terjebak di dalam rutinitas yang ‘membosankan’ dengan dalih zona nyaman.

Pada akhirnya, mereka mulai sibuk mencari passion yang cocok demi mencapai kebahagiaan versi masing-masing. Meski tidak mudah bagi sebagian orang, menemukan passion juga bisa dilakukan sedini mungkin.

Di sisi lain, passion yang sesuai keinginan akan berdampak pada kelancaran seseorang dalam suatu bidang yang digelutinya, meski serumit apapun proses perjalanan dalam mencapai tujuan yang dicita-citakan.

Bukan hanya itu, memahami passion tentu akan berdampak positif potensi diri, yang akhirnya meningkatkan kualitas diri. Lalu, bagaimana cara untuk menemukan passion dalam diri sebelum di usia dewasa?

Berikut tips yang bisa diterapkan dalam mengenali passion menurut Ditjen Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbud) RI:

1. Mengingat hal yang membuat diri bahagia

Buat kamu yang merasa masih bingung mengenali passion sendiri, mengingat hal yang membuat diri bahagia bisa menjadi cara untuk mengetahuinya.

Secara tidak langsung, mengingat hal-hal yang membuat bahagia bisa menjadi garis awal menemukan passion.

2. Mencari tahu kelebihan atau bakat diri sendiri

Seperti diketahui, setiap manusia lahir dengan membawa keistimewaan masing-masing, begitupula kelebihan atau bakat yang mereka miliki satu sama lain bisa berbeda.

Nah, agar dapat mengetahui bakat di dalam diri, maka perlu diawali dengan membuat daftar catatan yang memuat kelebihan atau kekuatan di diri sendiri.

Selain dengan mencatat, ada baiknya juga mulai mengeksplorasi setiap dari kelebihan atau kekuatan secara lebih dalam lagi, termasuk mengembangkannya hingga terlihat potensi.

3. Mengingat hal yang paling disukai

Mengingat hal yang paling disukai dapat dilakukan dengan cara kembali mengulang ingatan pada sewaktu kecil.

Hal tersebut dapat membantu karena pada masa kanak-kanak cenderung didominasi keingintahuan yang tinggi dengan banyak mimpi.

Maka, dengan mengingat mimpi-mimpi semasa anak-anak mampu membantu kamu menemukan dan mengetahui passion di dalam diri, sehingga ketika sudah menemukannya, maka kamu tinggal menggelutinya.

4. Pantang menyerah

Hal yang juga penting dilakukan dalam masa pencarian passion, yakni jangan mudah menyerah.

Sering kali saat menggeluti satu bidang, kamu dihadapkan oleh hambatan atau rintangan, seperti rasa bosan dan proses lambat.

Meski begitu, jangan membuat kamu memilih menyerah. Dengan sikap pantang menyerah, bukan hanya menemukan passion yang cocok, tetapi karakter dalam diri kamu juga akan terbentuk.

5. Renungkan pekerjaan

Bukan cuma terjadi saat memasuki usia dewasa, perasaan belum menemukan passion juga kerap terjadi pada orang-orang yang sudah bekerja.

Apabila kamu merasakan ini, sebaiknya kamu mengambil jeda sejenak dan merenungkan perasaan menyenangkan kamu ketika bekerja atau tidak.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #baru #menemukan #passion #yang #cocok #saat #usia #dewasa #berikut #cara #mengetahuinya #sedini #mungkin

KOMENTAR