Alasan Sebenarnya Iran Tak Segera Membalas Israel
Sebuah rudal Iran terlihat saat upacara parade Hari Tentara Nasional di Teheran, Iran. Pakar universitas di Israel mengatakan alasan sebenarnya Iran tak segera membalas serangan Israel 
15:10
16 Agustus 2024

Alasan Sebenarnya Iran Tak Segera Membalas Israel

- Iran telah membuat dunia gelisah sejak berjanji menyerang Israel, lebih dari dua pekan lalu.

Ancaman Iran tersebut ditengarai para pakar militer bisa menjerumuskan kawasan Timur Tengah dalam ketegangan perang habis-habisan.

Serangan yang dijanjikan oleh Republik Islam Iran dimaksudkan sebagai pembalasan atas pembunuhan pemimpin politik Hamas, Ismail Haniyeh, di Teheran pada 31 Juli.

Pemimpin Tertinggi, Ayatollah Ali Khamenei, mengatakan setelah pembunuhan tersebut, Iran "berkewajiban" untuk membalas dendam atas meninggalnya "tamunya" itu.

Serangan Iran sudah "dekat" selama dua minggu terakhir, dan antisipasi ini telah menyebabkan seringnya terjadi histeria di media sosial yang memprediksi serangan oleh Iran dan sekutunya, termasuk kelompok militan Lebanon Hizballah.

"Saya pikir mereka benar-benar menikmatinya: menyaksikan Israel terjebak dalam masa penantian ini, membayar harga ekonomi dan psikologis yang mahal," kata Raz Zimmt, peneliti senior di Institut Studi Keamanan Nasional di Tel Aviv, dikutip dari oilprice.

Namun, dampak dari antisipasi tersebut merupakan pedang bermata dua yang juga merugikan Iran dan sekutunya.

"Dampak negatif terhadap Israel, baik itu tekanan di dalam negeri, mobilisasi militer, dan bahkan konsekuensi ekonomi, tidak akan terbatas pada Israel saja, tetapi juga akan memengaruhi Iran dan Lebanon," demikian peringatan Michael Horowitz, kepala intelijen di konsultan Le Beck International yang berpusat di Bahrain.

Mengapa Menunggu?

Para analis mengatakan gagasan Iran menunda pembalasannya karena menikmati dampak psikologis yang ditimbulkannya lebih merupakan alasan daripada strategi yang tepat.

Mereka sepakat perdebatan dalam negeri yang intens, kompleksitas koordinasi dengan proksi, dan penilaian risiko yang terkait dengan serangan, semuanya telah berkontribusi terhadap keraguan Iran.

Zimmt mengatakan Iran "menghadapi dilema besar" karena sementara Khamenei dan Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) yang kuat ingin memulihkan pencegahan Iran terhadap Israel, ada elemen-elemen di Iran yang khawatir serangan skala besar dapat menyeret Iran ke dalam perang dengan Israel dan bahkan mungkin Amerika Serikat.

Sekalipun keputusan tentang cara menanggapi pembunuhan Haniyeh telah dibuat, koordinasi dengan Hizballah dan anggota lain dari apa yang disebut poros perlawanan -- jaringan negara-negara regional dan sekutu non-negara serta proksi Teheran -- merupakan proses yang memakan waktu.

Faktor lain yang mungkin memengaruhi pengambilan keputusan Iran adalah Amerika Serikat meningkatkan kehadiran militernya di kawasan itu lebih dari yang dilakukannya pada April, menjelang serangan pesawat tak berawak dan rudal Iran yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap Israel.

"Kami melihat respons yang lebih besar [dari Amerika Serikat] daripada pada bulan April, yang mungkin dimaksudkan untuk menyamai cakupan ancaman, karena Iran mungkin akan melakukan respons yang lebih besar daripada yang dilakukan pada bulan April," kata Horowitz.

"Pesan [dari Amerika Serikat] dalam pengiriman aset pertahanan -- tetapi juga aset ofensif -- adalah pesan pencegahan dan mungkin satu-satunya jenis pesan yang benar-benar penting pada tahap ini."

Gencatan Senjata?

Teheran telah menolak seruan negara-negara Barat untuk menahan diri, dan menegaskan mereka memiliki hak yang sah untuk menanggapi pembunuhan Haniyeh oleh Israel di wilayah Iran.

Meski demikian, serangkaian panggilan telepon yang dilakukan kepada Presiden baru, Masoud Pezeshkian, dan penjabat Menteri Luar Negeri, Ali Baqeri-Kani, telah memunculkan spekulasi, upaya diplomasi telah membantu menunda serangan dan berpotensi menggagalkannya.

"Saya skeptis bahwa diplomasi saja sudah cukup untuk benar-benar mengubah perhitungan Iran," kata Horowitz.

"Iran akan melakukan apa yang menurutnya terbaik untuk kepentingannya, terlepas dari seruan dan pernyataan yang mendesak untuk menahan diri."

Namun, Iran telah menyarankan bentuk diplomasi yang berbeda dapat meyakinkannya untuk setidaknya "menunda" serangan yang dijanjikan: gencatan senjata permanen di Gaza antara Israel dan Hamas.

Farzan Sabet, peneliti senior di Geneva Graduate Institute, berspekulasi Iran "mungkin mencari jalan keluar" untuk membenarkan respons yang lebih lunak, dan semacam gencatan senjata di Gaza bisa jadi merupakan "kemenangan diplomatik" yang dibutuhkannya untuk melakukan itu.

Zimmt mengatakan gencatan senjata di Gaza mungkin tidak penting bagi Iran, tetapi hal itu memberi Teheran "alasan atau penjelasan untuk melegitimasi penundaan ini, baik secara internal maupun eksternal."

Ia mengatakan gencatan senjata dapat menyebabkan Iran mengurangi skala serangannya atau memilih metode pembalasan yang berbeda secara keseluruhan yang tidak melibatkan serangan langsung terhadap Israel.

Iran diam-diam makin mengintensifkan pengembangan dan uji coba program senjata nuklir menjelang serangan militer yang akan dilancarkannya ke Israel. Iran diam-diam makin mengintensifkan pengembangan dan uji coba program senjata nuklir menjelang serangan militer yang akan dilancarkannya ke Israel. (JPost)

Masih menjadi misteri kapan dan bagaimana Iran akan menanggapi, tetapi melihat keadaan saat ini, Teheran tampaknya tidak punya pilihan bagus.

"Para pengambil keputusan di Teheran mungkin bimbang dalam menemukan opsi 'Goldilocks'," kata Sabet.

Dia menjelaskan, itulah teka-teki Iran untuk melancarkan "serangan balasan yang tidak terlalu lemah hingga tidak memiliki nilai simbolis atau pencegahan, tetapi tidak terlalu kuat hingga menyebabkan siklus eskalasi yang tidak terkendali yang berujung pada perang yang lebih besar."

Teheran pada dasarnya hanya memberikan respons yang lemah atau respons yang melewati ambang perang.

Horowitz mengatakan, kedua pilihan tersebut "mengandung risiko yang signifikan," "baik bagi kekuatan proyeksi regional Iran maupun risiko yang dapat diambil Iran jika melewati batas dan mendapat serangan balik."

(Tribunnews.com/Chrysnha)

Editor: Pravitri Retno W

Tag:  #alasan #sebenarnya #iran #segera #membalas #israel

KOMENTAR