Skandal Khadafy, Mantan Ibu Negara Prancis Carla Bruni-Sarkozy Terancam 20 Tahun Penjara
Mantan ibu negara Prancis, Carla Bruni (Shutterstock).
12:40
30 Juli 2024

Skandal Khadafy, Mantan Ibu Negara Prancis Carla Bruni-Sarkozy Terancam 20 Tahun Penjara

Mantan supermodel Carla Bruni-Sarkozy ikut terseret ke dalam skandal dana kampanye yang melibatkan suaminya, mantan presiden Prancis Nicolas Sarkozy.

Awal bulan ini Bruni-Sarkozy, 56, didakwa melakukan penipuan dan perusakan saksi terkait uang sebesar $54 juta yang diduga diberikan mantan diktator Libya Moammar Khadafy kepada Sarkozy dalam sumbangan kampanye ilegal untuk kemenangannya dalam kampanye presiden tahun 2007, menurut surat kabar Prancis Le Monde.

Sarkozy, 69, adalah presiden Perancis antara tahun 2007 dan 2012. Khadafy dibunuh di Libya pada tahun 2011.

Mantan ibu negara, yang juga seorang penyanyi/penulis lagu dan pernah berkencan dengan pentolan Rolling Stones Mick Jagger serta Eric Clapton, menghadapi hukuman 20 tahun penjara jika terbukti bersalah, karena kedua dakwaan tersebut dapat membawa hukuman hingga 10 tahun. setiap.

Baca Juga: Jajal Lapangan Resmi Olimpiade, Tim Bulutangkis Indonesia Temukan Masalah

Menurut Le Monde, Bruni-Sarkozy juga dilarang oleh pengadilan untuk berbicara dengan orang lain yang terlibat dalam kasus ini selain suaminya.

Mantan ibu negara Perancis, Carla Bruni memiliki standar sendiri dan mengaku akan melakukan apapun demi bisa kurus (Instagram/carlabruniofficial)Mantan ibu negara Perancis, Carla Bruni memiliki standar sendiri dan mengaku akan melakukan apapun demi bisa kurus (Instagram/carlabruniofficial)

Pengacaranya, Paul Mallet, tidak membalas permintaan komentar pada hari Senin.

Tokoh-tokoh lain juga terlibat dalam skandal tersebut, termasuk seorang pengusaha wanita yang dijuluki “pendeta besar paparazzi” dan seorang pengusaha Lebanon serta pedagang senjata yang merupakan paman Amal Clooney.

Penyelidikan terhadap pembayaran dana kampanye dimulai pada tahun 2013, dua tahun setelah salah satu putra Khadafy, Saif al-Islam, menuduh Sarkozy mengambil jutaan dolar dari ayahnya untuk membiayai kampanye kepresidenannya.

Setahun kemudian, pengusaha Prancis-Lebanon dan paman Clooney, Ziad Takieddine, mendukung klaim tersebut.

Baca Juga: Hadiah Terlarang? Ibu Negara Korea Selatan Tersandung Skandal 'Tas Dior'

Takieddine, 74, mengatakan kepada hakim Prancis bahwa dia memiliki bukti bahwa Khadafy mendanai kampanye tersebut dan jutaan orang lainnya terus berdatangan ke Istana Elysée setelah Sarkozy menjadi presiden.

Takieddine – seorang pedagang senjata yang melarikan diri dari Prancis ke Lebanon setelah dijatuhi hukuman lima tahun penjara oleh pengadilan di sana karena menerima suap dari salah satu kesepakatannya, menurut layanan berita AFP – mencabut pernyataannya pada tahun 2020.

Perubahan nasib Takieddine menimbulkan kecurigaan bahwa Sarkozy, istrinya, dan orang lain di kamp mereka mungkin telah membayarnya untuk berubah pikiran.

Mantan Presiden Prancis Nikolas Sarkozy. (Shutterstock)Mantan Presiden Prancis Nikolas Sarkozy. (Shutterstock)

Menurut jaksa, pencabutan tersebut atas perintah Michele “Mimi” Marchand, seorang pengusaha wanita Perancis yang dikenal sebagai “pendeta besar paparazzi” dan tokoh pers selebriti di Perancis.

Dia dikenal dekat dengan ibu negara saat ini, Brigitte Macron, dan pernah menjadi penasihat publisitas untuknya dan presiden Emmanuel Macron.

Marchand, 77, memulai agensi paparazzinya sendiri setelah dipecat dari majalah gosip Prancis “Voici” yang mengatakan dia telah mengarang wawancara ‘eksklusif dunia’ dengan pengawal Putri Diana, Trevor Rees-Jones.

Majalah tersebut mencabut wawancara tersebut, namun Marchand terus bersikeras bahwa wawancara tersebut nyata meskipun tidak dapat memberikan bukti apa pun bahwa wawancara tersebut benar-benar terjadi.

Reese-Jones adalah satu-satunya yang selamat dari kecelakaan mobil di Paris pada Agustus 1997 yang menewaskan bangsawan Inggris, pacarnya, Dodi Al-Fayed dan sopir mereka.

Jaksa mendakwa Marchand atas gangguan saksi dan konspirasi untuk melakukan penipuan pada tahun 2021 setelah negosiasi yang mereka klaim dia lakukan dengan Takieddine sebelum membuat pencabutan publik, menurut Le Monde. Tak lama kemudian, pengacaranya membantah melakukan kesalahan apa pun atas namanya.

Penangkapan tersebut membuat marah Macron, yang mengatakan: “Anda tidak bisa memenjarakan orang seperti itu,” dalam sebuah wawancara dengan Agence France Presse. “Saya tidak mengerti. Itu diperuntukkan bagi orang-orang berbahaya.”

Setelah sempat dipenjara sebentar, Marchand dibebaskan tetapi masih di bawah dakwaan.

Pada bulan Juni, Bruni-Sarkozy diduga menghapus pesan teks yang dia kirim dengan Marchand, menurut France 24.

Sarkozy telah menjadi sasaran sejumlah penyelidikan kriminal sejak kalah dalam pemilihan presiden pada tahun 2012 dan dijadwalkan untuk diadili dalam kasus keuangan kampanye Khadafy tahun depan.

Mantan presiden tersebut dinyatakan bersalah menerima dana ilegal untuk kampanye pemilihannya kembali pada tahun 2012 dan dia juga dijatuhi hukuman percobaan tahun lalu karena mencoba menyuap seorang hakim, menurut BBC.

Kejahatan-kejahatan tersebut sekarang akan ditinjau oleh Mahkamah Agung Perancis.

Sarkozy adalah ayah empat anak yang dua kali bercerai. Ia menikah dengan Bruni kelahiran Italia pada tahun 2008, tak lama setelah menceraikan istri keduanya, Cecilia, pada tahun 2007.

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #skandal #khadafy #mantan #negara #prancis #carla #bruni #sarkozy #terancam #tahun #penjara

KOMENTAR