Pernikahan Prince Mateen, Putera Sultan Brunei Darussalam
Potret Prince Mateen dan pasangannya Anisha Rosnah. (Instagram)
21:06
13 Januari 2024

Pernikahan Prince Mateen, Putera Sultan Brunei Darussalam

Pada 11 Januari, Pangeran Abdul Mateen, dari Kerajaan Brunei menikah dengan pasangannya, Yang Mulia Anisha Rosnah. Upacara pernikahan digelar dengan mewah selama 10 hari di Brunei Darussalam.

Pangeran Mateen, 32, adalah putra kesepuluh Sultan Hassanal Bolkiah. Pasangannya, Anisha, 29 tahun, merupakan putri dari salah satu nasihat utama bagi Sultan Hassanal Bolkiah.

Upacara pernikahan Islam untuk Pangeran Mateen dan Anisha Rosnah dilaksanakan di Masjid Sultan Omar Ali Saifuddien yang memiliki dome emas di Bandar Seri Begawan, ibu kota Brunei. Pangeran Mateen mengenakan baju putih tradisional yang dihias dengan motif berlian dan hiasan kepala yang menawan.

Dia duduk di atas bantal kuning yang ditinggikan di depan imam yang memimpin upacara. Upacara pernikahan hanya untuk lelaki dan dihadiri Sultan dan keluarga lainnya.

Pangeran Mateen, yang dikenal karena pesona dan karismanya, serta aktif dalam bermedia sosial telah membuatnya menjadi salah satu anggota keluarga kerajaan dengan profil tertinggi. Dia adalah pilot helikopter dalam angkatan udara negaranya dan sering dibandingkan dengan Pangeran Harry dari Inggris.

Pangeran Mateen lulus sebagai kadet perwira dari Militer Akademi Sandhurst Inggris dan mewakili negara dalam polo pada Asian Games. Dalam beberapa tahun terakhir, dia telah memainkan peran yang semakin besar dalam diplomasi internasional.

Pernikahan Pangeran Mateen banyak menjadi sorotan publik. Puncak perayaan pernikahan gemerlap pada 14 Januari. Sejumlah tamu yang diundang mencakup anggota keluarga kerajaan dari berbagai negara dan para pemimpin politik terkemuka.

Percakapan terhadap berita pernikahan itu mencuat di sudut-sudut kota. Syahida Wafa Mohamed Shah, seorang mahasiswa, terpesona dengan keindahan acara itu. Dia menggambarkan pernikahan kerajaan sebagai sesuatu seperti dongeng.

Nazatul Izzati Saifulrizal, 19, menyatakan, pernikahan tersebut seolah-olah terlepas dari kenyataan dan lebih mirip adegan film.

Pernikahan Pangeran Mateen juga menjadi sorotan karena kekayaan luar biasa Brunei. Negara kecil itu, hampir seluruhnya mengandalkan cadangan minyak yang melimpah sebagai sumber pendapatan utama.

Brunei, yang terletak di Kalimantan di Asia Tenggara, memiliki sejarah panjang yang dipengaruhi agama Buddha dan Hindu sebelum masuknya Islam pada abad ke-14. Selama abad ke-19, Brunei berada di bawah kekuasaan Inggris sebelum akhirnya meraih kemerdekaan pada 1984.

Editor: Latu Ratri Mubyarsah

Tag:  #pernikahan #prince #mateen #putera #sultan #brunei #darussalam

KOMENTAR