Jauh Dari Mana-mana, Kenapa 1.000 Lebih Warga Kanada Rela Terbang ke Ukraina Jadi Tentara Bayaran?
Ilustrasi tentara bayaran Ukraina 
15:10
17 Maret 2024

Jauh Dari Mana-mana, Kenapa 1.000 Lebih Warga Kanada Rela Terbang ke Ukraina Jadi Tentara Bayaran?

Banyak yang tidak menduga, warga Kanada banyak yang rela terbang ke Ukraina untuk berperang sebagai tentara bayaran.

Faktanya, dikutip dari Russia Today, Kanada ternyata berkontribusi lebih dari 1.000 orang terhadap tentara bayaran melawan pendudukan Rusia.

Angka tersebut menjadi negara keempat yang mengirimkan lebih dari 1.000 tentara bayaran setelah Polandia (2.960), Amerika Serikat (1.113) dan Georgia (1.042) .

Sebanyak 1.005 tentara bayaran terbang dari negara di utara Benua Amerika tersebut.

Dari angka sebanyak itu, diperkirakan hampir setengahnya tidak akan kembali lagi ke negaranya. Sebanyak 491 pasukan bayaran Kanada itu telah tinggal nama alias gugur di garis depan.

Lantas mengapa begitu banyak warga Kanada yang datang ke Ukraina menjadi tentara bayaran padahal jarak kedua negara tersebut sangat berjauhan? Ternyata Kanada memiliki ikatan emosional dengan Ukraina.

Masyarakat keturunan Uraina sendiri menjadi salah satu komunitas yang membangun Kanada ratusan tahun lalu.

Warga Ukraina, berdasar Canada Encyclopedia datang ke Kanada diperkirakan sejak tahun 1812.

Kemudian pada 1892, sekelompok kecil imigran yang diorganisir oleh Ivan Pylypow tiba di Winnipeg dari Nebyliw, Ukraina.

Dua tahun kemudian, keluarga Mykola Tychkowsky dan Antin Paish meninggalkan kelompok tersebut untuk menetap di sebelah timur Edmonton di Edna (sekarang Star). Itu adalah pemukiman blok Ukraina pertama dan terbesar di Kanada.

Tanahnya yang subur dengan aliran sungai yang cukup membuatnya cocok untuk bercocok tanam, sementara pepohonan yang melimpah menjadi bahan bangunan untuk rumah dan lumbung. Pylypiw pindah ke Edna setahun kemudian.

Pemukiman ini berkembang karena semakin banyak orang yang datang dari Galicia dan Bukovyna.

Pada tahun 1931, penduduk Kanada yang berasal dari Ukraina berjumlah 2,2 persen dari populasi Kanada.

Kemudian komunitas Ukraina yang sebagian besar berdatangan dari era pasca-Perang Dunia II, ketika kolaborator Nazi dari Ukraina melarikan diri ke negara tersebut secara massal, menghindari penganiayaan oleh Uni Soviet.

Saat ini, terdapat sekitar 1,36 juta warga Ukraina Kanada, yang mencakup hampir 4 persen populasi dan menjadikan mereka kelompok Slavia terbesar di Kanada.

Dengan banyaknya warga Kanada yang keturunan Ukraina, dan sebagian masih menggunakan bahasa mereka membuat ikatan emosional terhadap tanah leluhur mereka masih sangat kuat.

Pada saat negara Ukraina diinvasi oleh Rusia, warga Kanada keturunan Rusia pun banyak yang rela pergi ke Ukraina untuk membela tanah leluhur mereka.

Editor: Hendra Gunawan

Tag:  #jauh #dari #mana #mana #kenapa #1000 #lebih #warga #kanada #rela #terbang #ukraina #jadi #tentara #bayaran

KOMENTAR