Apa yang Terjadi di Haiti? Ini 7 Hal yang Perlu Diketahui
Pemimpin geng bersenjata Jimmy ''Barbecue'' Cherisier dan anak buahnya terlihat di Port-au-Prince, Haiti, 5 Maret 2024. 
11:50
8 Maret 2024

Apa yang Terjadi di Haiti? Ini 7 Hal yang Perlu Diketahui

Kekacauan tengah terjadi di Haiti, sebuah negara di Kepulauan Karibian yang berbatasan dengan Republik Dominika.

Geng kriminal yang bahkan lebih kuat dari pasukan keamanan negara tersebut, telah menyerang penjara dan bandara serta merebut ibu kota, Port-au-Prince, CBS News melaporkan.

Toko-toko dan sekolah tutup serta sekitar 15.000 orang mengungsi.

Pada hari Rabu (6/3/2024), pejabat tinggi hak asasi manusia PBB memperingatkan bahwa situasi di Haiti “sangat tidak dapat dipertahankan”.

Ia menyebut, lebih dari 1.190 orang telah terbunuh sejak awal tahun 2024 saja.

Namun kekacauan dan pertumpahan darah telah terjadi jauh sebelumnya di negara yang terbilang miskin itu.

Upaya internasional untuk mengirimkan bantuan sejauh ini belum membuahkan hasil.

Komisaris Tinggi PBB untuk Hak Asasi Manusia, Volker Turk, menyerukan pengerahan segera pasukan keamanan multinasional untuk mendukung polisi dan militer Haiti yang terkepung.

Berikut adalah penjelasan bagaimana Haiti mengalami kekacauan.

1. Apa yang terjadi baru-baru ini di Haiti?

Tangkapan layar yang diambil dari AFPTV menunjukkan ban terbakar di dekat penjara utama Port-au-Prince, Haiti, pada 3 Maret 2024, setelah pelarian beberapa ribu narapidana. - Setidaknya selusin orang tewas ketika anggota geng menyerang penjara utama di ibu kota Haiti, yang memicu pelarian beberapa ribu narapidana, kata seorang reporter AFP dan sebuah LSM pada 3 Maret. Kami menghitung banyak tahanan, kata Pierre Esperance dari Jaringan Nasional untuk Pertahanan Hak Asasi Manusia, menambahkan bahwa hanya sekitar 100 dari perkiraan 3.800 narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Nasional yang masih berada di dalam lembaga tersebut setelah penyerangan geng pada malam hari tanggal 2 Maret. (Photo by Luckenson JEAN / AFPTV / AFP) Tangkapan layar yang diambil dari AFPTV menunjukkan ban terbakar di dekat penjara utama Port-au-Prince, Haiti, pada 3 Maret 2024, setelah pelarian beberapa ribu narapidana.  (AFP/LUCKENSON JEAN)

Mengutip CBS News, gelombang kekerasan besar terbaru terjadi pada 29 Februari 2024 ketika Perdana Menteri Haiti, Ariel Henry terbang ke Kenya untuk mendorong pengerahan pasukan polisi yang didukung PBB untuk membantu memerangi geng-geng di negaranya.

Tembakan keras kemudian bergema di seluruh ibu kota.

Pemimpin geng terkemuka Jimmy "Barbecue" Cherizier mengumumkan bahwa kelompoknya, G9, bergabung dengan geng lain untuk memaksa Henry mundur.

Menteri Keuangan Patrick Boivert, yang menjabat sebagai penjabat perdana menteri Haiti saat Henry tidak ada, mengumumkan keadaan darurat pada Minggu, 3 Maret.

Ia mengatakan para pejabat memberlakukan jam malam untuk mengambil tindakan yang tepat guna mendapatkan kembali kendali atas situasi.

Pada tanggal 5 Maret, ketika Henry masih menjabat, meskipun tidak di dalam negeri, Cherizier memperingatkan bahwa jika perdana menteri tidak mengundurkan diri dan jika komunitas internasional terus mendukungnya, kelompoknya akan langsung menuju perang saudara yang akan mengarah pada genosida.

“Haiti akan menjadi surga atau neraka bagi kita semua. Tidak mungkin sekelompok kecil orang kaya yang tinggal di hotel-hotel besar menentukan nasib orang-orang yang tinggal di lingkungan kelas pekerja,” kata Cherizier.

Ia menyinggung pertemuan darurat Dewan Keamanan PBB yang diadakan di New York tentang nasib negaranya.

2. Di mana Perdana Menteri Haiti Ariel Henry sekarang?

Di tengah meningkatnya tekanan untuk mundur, Henry belum bisa kembali ke Haiti.

Sebelum terbang ke Kenya, ia berada di negara Amerika Selatan, Guyana, untuk menghadiri pertemuan yang diadakan oleh blok perdagangan regional yang dikenal sebagai Caricom, di mana Haiti menjadi agenda utama.

Henry mendarat di Puerto Rico pada sore hari tanggal 5 Maret setelah pesawatnya ditolak izinnya untuk mendarat di negara tetangga Republik Dominika, di mana para pejabat telah menutup wilayah udara ke dan dari Haiti.

Héctor Porcella, direktur Institut Penerbangan Sipil Dominika, mengatakan kepada wartawan bahwa pesawat tersebut tidak memiliki rencana penerbangan yang diperlukan.

Seorang pejabat Karibia mengatakan kepada The Associated Press pada tanggal 6 Maret bahwa para pemimpin Caricom telah berbicara dengan Henry malam sebelumnya.

Mereka menyajikan beberapa alternatif untuk mengakhiri krisis yang semakin parah, termasuk pengunduran dirinya, namun Henry menolak.

Perdana Menteri Haiti, Ariel Henry. Perdana Menteri Haiti, Ariel Henry. (AFP)

Ketika ditanya pada hari yang sama apakah pemerintah AS mendesak Henry untuk mundur, Duta Besar AS untuk PBB Linda Thomas-Greenfield hanya menjawab bahwa pemerintahan Biden telah memintanya untuk melangkah maju dalam proses politik yang akan mengarah pada pembentukan sebuah dewan transisi kepresidenan yang akan mengarah pada pemilihan umum.

“Kami pikir ini mendesak – sangat mendesak agar dia bergerak maju ke arah itu dan memulai proses mengembalikan keadaan normal kepada masyarakat Haiti,” katanya.

Politisi Haiti lainnya sudah mulai membentuk aliansi dengan tujuan memimpin negara tanpa kehadiran Henry.

Satu aliansi politik baru melibatkan mantan pemimpin pemberontak Guy Philippe dan mantan kandidat presiden serta mantan Senator Moïse Jean Charles.

Mereka mengatakan kepada Radio Caraïbes pada hari Rabu bahwa mereka menandatangani kesepakatan untuk membentuk dewan beranggotakan tiga orang untuk memimpin Haiti.

Henry belum memberikan komentar publik apa pun sejak geng tersebut mengepung lokasi infrastruktur penting akhir pekan lalu ketika dia berada di Kenya.

3. Bagaimana bisa keadaan di Haiti menjadi begitu buruk?

Korupsi di pemerintahan adalah akar dari ketidakstabilan yang sudah berlangsung lama di Haiti.

Negara kecil ini telah bergulat dengan kerusuhan politik yang disertai kekerasan selama 20 tahun.

Gempa bumi dahsyat pada tahun 2010 dan 2021 semakin memperparah hidup warganya.

Bencana tahun 2010 merupakan salah satu gempa bumi paling mematikan yang pernah terjadi, menewaskan sekitar seperempat juta orang dan menghancurkan infrastruktur pulau yang sudah lemah dari awal.

Gelombang serangan terbaru mencuat pada akhir Februari setelah Henry berjanji untuk mengadakan pemilihan umum yang telah lama ditunggu-tunggu.

Tetapi pemilu baru akan digelar pada pertengahan tahun 2025.

Henry seharusnya mengundurkan diri secara sukarela pada bulan Februari tetapi ia menolaknya, sehingga membuat marah banyak warga Haiti dan memicu pemberontakan geng tersebut.

Krisis yang terjadi saat ini dapat ditelusuri kembali ke tahun 2021, ketika Perdana Menteri saat itu Jovenel Moïse, yang menghadapi krisis ekonomi dan politik yang semakin parah ketika ia memimpin negara melalui dekrit dan tanpa mandat demokratis, dibunuh.

Henry dilantik sebagai perdana menteri segera setelah itu dengan dukungan komunitas internasional.

Namun wewenangnya tidak pernah kokoh karena rakyat Haiti terus menderita dengan melonjaknya harga-harga dan hancurnya infrastruktur.

Haiti gagal menyelenggarakan pemilihan parlemen atau pemilihan umum selama bertahun-tahun dan saat ini tidak memiliki pejabat terpilih.

4. Siapakah Jimmy "Barbeque" Cherizier?

Pemimpin geng bersenjata Jimmy Pemimpin geng bersenjata Jimmy "Barbecue" Cherisier dan anak buahnya terlihat di Port-au-Prince, Haiti, 5 Maret 2024. (AFP/CLARENS SIFFROY)

Cherizier adalah pemimpin federasi geng yang dikenal sepenuhnya sebagai Keluarga dan Sekutu G9.

Dia pernah menjadi perwira polisi elit sebelum mengangkat senjata melawan pemerintah Haiti.

Cherizier sebelumnya telah melancarkan serangan besar-besaran yang melumpuhkan negara tersebut.

Pada akhir tahun 2022, ia menguasai area sekitar terminal bahan bakar utama di ibu kota Port-au-Prince selama hampir dua bulan.

5. Berapa banyak geng yang ada di Haiti dan seberapa kuat mereka?

Diperkirakan ada 200 geng di Haiti.

23 geng utama diyakini beroperasi di wilayah metropolitan Port-au-Prince.

Hingga beberapa tahun terakhir, mereka menguasai sekitar 60 persen ibu kota.

Namun wilayah tersebut telah berkembang menjadi sekitar 80 persen, menurut pejabat PBB.

Penyelundupan senjata api dan pembayaran uang tebusan penculikan membuat geng-geng tersebut menjadi lebih mandiri secara finansial.

Hal ini meningkatkan kekuatan mereka seiring melemahnya negara.

Departemen kepolisian yang kekurangan dana dan sumber daya tidak mampu membendung geng-geng itu.

“Geng-geng masa kini mempunyai kapasitas militer yang jauh lebih tinggi dibandingkan satu dekade yang lalu,” menurut laporan terbaru yang diterbitkan oleh Initiative Global Against Transnational Crime (Inisiatif Global Melawan Kejahatan Transnasional).

“Hal ini sebagian besar didorong oleh kemampuan geng-geng tersebut untuk memperoleh senjata berkaliber tinggi.”

Organisasi tersebut mengatakan perolehan senjata api semacam itu oleh geng-geng telah mengubah ekosistem kekerasan di negara itu.

Laporan PBB tahun 2023 menyatakan, bahwa senjata yang ditemukan yang ditujukan ke pelabuhan Haiti di antaranya senapan penembak jitu kaliber .50, senapan .308, dan bahkan senapan mesin yang diberi sabuk pengaman.

6. Bagaimana situasi saat ini?

Mengutip Aljazeera, pada hari Kamis (7/3/2024), pemerintah Haiti memperpanjang keadaan darurat hingga 3 April di Departemen Ouest, tempat ibu kota, Port-au-Prince, berada.

Keadaan darurat pertama kali diberlakukan pada hari Minggu.

Meski ada jam malam dan larangan protes, kelompok hak asasi manusia mengatakan mereka tidak bisa berbuat banyak untuk membendung kekerasan.

Sebuah kantor polisi baru juga dibakar pada Rabu malam di lingkungan Port-au-Prince di Bas-Peu-de-Chose, menurut pernyataan yang diberikan oleh pemimpin serikat polisi SYNAPOHA kepada kantor berita AFP.

7. Apa yang terjadi selanjutnya?

Jaringan Pertahanan Hak Asasi Manusia Nasional, sebuah kelompok akuntabilitas pemerintah, mengatakan hanya ada sedikit harapan untuk membendung kekerasan dalam situasi saat ini.

Dalam sebuah makalah yang dirilis pada hari Rabu, jaringan tersebut mengatakan kerusuhan tersebut dipicu oleh kolusi antara hierarki Kepolisian Nasional Haiti dan geng kriminal.

“Saat ini, faktanya sudah jelas: Pemerintah telah mengundurkan diri. Jalan-jalan di ibu kota dan seluruh departemen Ouest diserahkan kepada bandit bersenjata,” kata kelompok tersebut.

“Dan penduduk Haiti telah dibiarkan begitu saja.”

Kelompok ini menyerukan sektor-sektor penting di Haiti untuk memberikan negara sebuah pemerintahan yang tidak bersifat predator terhadap hak asasi manusia, yang terdiri dari laki-laki dan perempuan yang memiliki integritas, yang berkomitmen untuk membangun lembaga-lembaga yang berfungsi, memberantas geng-geng dan memberantas korupsi.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken berbicara dengan Henry melalui telepon pada hari Kamis, menurut Brian Nichols, asisten menteri luar negeri AS untuk Urusan Belahan Barat.

Blinken membahas kebutuhan mendesak untuk mempercepat transisi menuju pemerintahan yang lebih luas dan inklusif, katanya.

(Tribunnews.com, Tiara Shelavie)

Editor: Suci BangunDS

Tag:  #yang #terjadi #haiti #yang #perlu #diketahui

KOMENTAR