3 Tewas Saat Rudal Militer Yaman Hantam Kapal True Confidence AS, Houthi: Tak Sengaja Sasar Sipil
TERBAKAR - Penampakan kapal tanker Kapal curah, True Confidence, yang mengalami kerusakan serius di lepas pantai Yaman seusai kena rudal Angkatan Bersenjata Yaman terafiliasi Houthi pada Rabu (6/3/2024). 
18:10
7 Maret 2024

3 Tewas Saat Rudal Militer Yaman Hantam Kapal True Confidence AS, Houthi: Tak Sengaja Sasar Sipil

Angkatan Bersenjata Yaman mengaku bertanggung jawab atas serangan terhadap kapal tanker AS True Confidence di Teluk Aden, Rabu (6/3/2024).

Juru bicara militer Yaman yang terafiliasi kelompok Ansarallah Houthi, Brigadir Jenderal Yahya Saree mengatakan pasukan Yaman menyerang kapal dengan rudal dan drone ke kapal tersebut.

Pengumuman tersebut sekaligus menjadi keterangan resmi atas serangan yang telah diselimuti misteri selama berjam-jam setelah penyerangan yang disebut pihak Yaman sebagai 'insiden'

“Rudal angkatan laut Yaman menghantam kapal AS di Teluk Aden, yang menyebabkan kebakaran,” kata Saree.

Serangan tersebut, klaim Militer Yaman, dilakukan setelah awak kapal Amerika menolak pesan peringatan dari angkatan laut Yaman.

"Sebuah "insiden maritim" di Laut Merah menyebabkan tiga awak kapal hilang dan menyebabkan luka bakar parah pada empat orang lainnya setelah sebuah kapal curah berbendera Barbados mengalami kerusakan dalam operasi berawan di lepas pantai Yaman," tambah keterangan tersebut.

Belakangan Markas Komando Pusat Angkatan Darat AS di kawasan (CENTCOM) mengakui kalau tiga orang tewas dan sedikitnya empat orang terluka dalam serangan rudal pasukan Yaman terhadap kapal True Confidence.

Al-Houthi: Yaman Tak Sengaja Targetkan Warga sipil

Anggota Dewan Politik Tertinggi di Yaman, Muhammad Ali Al-Houthi, mengatakan Militer Yaman tidak sengaja menargetkan warga sipil dalam serangan mereka.

Dia menambahkan, apa yang dilakukan angkatan bersenjata Yaman adalah respons terhadap serangan Amerika yang tidak bertanggung jawab dan militerisasi laut untuk memblokade kapal-kapal berentitas Israel.

Al-Houthi mengatakan, jika klaim Amerika tentang kematian warga sipil di kapal MV True Confidence benar, yang menolak peringatan tersebut, maka AS harus memberi kompensasi ke para korban serangan Yaman tersebut.

"Kami percaya bahwa Washington harus memberikan kompensasi kepada para korban ini atas tindakan yang disengaja."

“Kami siap memberikan kompensasi atas tindakan yang tidak disengaja serupa dengan kompensasi yang akan diperkirakan Amerika dan Israel bagi warga sipil di Gaza, karena apa yang dilakukan angkatan bersenjata Yaman adalah respons terhadap serangan sembrono Amerika dan militerisasi Washington. laut untuk melindungi kapal-kapal Israel,” pungkas Al-Houthi.

Kapal tanker, True Confidence, mengalami kerusakan serius di lepas pantai Yaman pada hari Rabu, dan salah satu sumber pelayaran mengatakan kepada Reuters bahwa kapal tersebut tampaknya telah ditinggalkan setelah insiden tersebut.

Badan Operasi Perdagangan Maritim Inggris (UKMTO) menerima laporan mengenai insiden yang terjadi 54 mil laut barat daya kota pelabuhan Aden di Yaman.

Penampakan kapal tanker Kapal curah, True Confidence TERBAKAR - Penampakan kapal tanker Kapal curah, True Confidence, yang mengalami kerusakan serius di lepas pantai Yaman seusai kena rudal Angkatan Bersenjata Yaman terafiliasi Houthi pada Rabu (6/3/2024).

Pemilik The True Confidence awalnya mengaitkan serangan tersebut dengan serangan rudal yang diyakini berasal dari Yaman, yang telah melakukan aktivitas serupa sejak pertengahan November.

Pihak USCENTCOM menyebut kapal berbendera Barbados itu dimiliki oleh Liberia, klaim yang berbeda oleh Houthi yang menyebut kapal tersebut berkepemilikan AS. 

Industri maritim telah menghadapi gangguan yang signifikan akibat serangan-serangan ini, yang memaksa perusahaan pelayaran untuk mengubah rute kapal mereka untuk perjalanan yang lebih lama dan lebih mahal di sekitar Afrika bagian selatan, dan Angkatan Bersenjata Yaman menggarisbawahi bahwa mereka akan mengizinkan dimulainya kembali perdagangan ketika perang di Gaza berakhir. 

Seorang pejabat pertahanan AS, yang berbicara tanpa menyebut nama, melaporkan melihat asap keluar dari True Confidence dan mencatat adanya sekoci di perairan dekat kapal.

(oln/almyadn/pt*)

Tag:  #tewas #saat #rudal #militer #yaman #hantam #kapal #true #confidence #ashouthi #sengaja #sasar #sipil

KOMENTAR