Serangan Israel Tewaskan Dua Tentara Iran
Seorang pria berjalan melewati lukisan mural bendera Iran di sebuah jalan di Teheran pada 26 Oktober 2024. - Warga Teheran terbangun dan melanjutkan aktivitas mereka sesuai rencana pada 26 Oktober setelah tidur mereka terganggu oleh serangan Israel yang memicu ledakan yang bergema di seluruh kota. (Photo by ATTA KENARE / AFP) 
19:10
26 Oktober 2024

Serangan Israel Tewaskan Dua Tentara Iran

Serangan Israel pada Jumat (25/10/2024) malam hingga sabtu dini hari menyebabkan dua militer Iran meninggal.

Angkatan Darat Republik Islam Iran mengonfirmasi dua pasukannya tewas dalam serangan oleh negara zionis tersebut.

Kedua pasukan tersebut gugur saat mempertahankan keamanan negara dan mencegah kerugian bagi bangsa dan kepentingan Iran.

Sementara itu Kantor hubungan masyarakat komando pertahanan udara Iran mengeluarkan pernyataan yang mengumumkan bahwa serangan udara Israel terhadap pusat-pusat militer di Teheran, provinsi barat Ilam, dan provinsi barat daya Khuzestan telah berhasil dicegat dan dilawan.

Pada hari Sabtu, komando sistem pertahanan udara Republik Islam mengonfirmasi serangan udara tersebut, dengan menyatakan bahwa serangan tersebut merupakan bagian dari tindakan eskalasi Israel dan menyebabkan kerusakan terbatas.

Meskipun Iran telah memperingatkan terhadap tindakan nekat Israel, agresi ini tetap terjadi, kata pernyataan tersebut.

Pernyataan tersebut juga mendesak masyarakat untuk tetap tenang, menjaga solidaritas, dan hanya mengandalkan berita dari media pemerintah. Pernyataan tersebut menyerukan kepada negara untuk mengabaikan rumor media musuh.

Sebelumnya, IRNA melaporkan bahwa sistem pertahanan udara Iran diaktifkan ketika pasukan Israel menyerang posisi-posisi di negara tersebut. 


Sistem pertahanan tersebut menetralkan upaya-upaya ini, dan berhasil mencegat dan melawan serangan, menurut seorang pejabat hubungan masyarakat angkatan pertahanan udara.

Pejabat tersebut mencatat bahwa rincian serangan tersebut sedang diselidiki.

Pada pukul 02:15 waktu setempat (10:45 GMT Jumat malam), suara-suara yang menyerupai ledakan terdengar di beberapa bagian Iran, terutama di sebelah barat ibu kota. 

Selain itu, sistem antirudal Iran sekali lagi diaktifkan di beberapa wilayah timur dan tengah sekitar dua setengah jam kemudian sebagai respons terhadap serangan baru.

Fasilitas Minyak Aman

Direktur Pelaksana Perusahaan Penyulingan Minyak Abadan Hakim Ghayyem menegaskan bahwa semua unit dan karyawan di perusahaan tersebut tetap beroperasi seperti biasa.

Berbicara kepada wartawan pada hari Sabtu, Ghayyem mengatakan bahwa operasi di kilang tersebut berjalan normal dan karyawan sibuk bekerja di unit mereka seperti biasa.

CEO tersebut membantah rumor tentang adanya serangan rudal terhadap Perusahaan Penyulingan Minyak Abadan, seraya menambahkan bahwa tidak ada masalah di kilang tersebut.

Ghayyem juga menjelaskan bahwa suara yang didengar oleh warga adalah gema tembakan pertahanan udara, dan tidak ada rudal atau peluru yang ditembakkan ke kilang tersebut; oleh karena itu, semua fasilitas minyak di kilang ini utuh dan beroperasi.

Perlu disebutkan bahwa karena aktivitas sistem pertahanan udara, beberapa suara ledakan terdengar di sekitar provinsi Teheran, Khuzestan, dan Ilam tadi malam.

Editor: Hendra Gunawan

Tag:  #serangan #israel #tewaskan #tentara #iran

KOMENTAR