Hubungan Brasil-Israel Meruncing, Presiden Lula da Silva Tarik Dubes
Luiz Inacio Lula da Silva 
06:00
20 Februari 2024

Hubungan Brasil-Israel Meruncing, Presiden Lula da Silva Tarik Dubes

Hubungan antara Brasil dengan Israel kian meruncing gara-gara konflik Gaza.

Aksi saling berbalas antara pejabat Brasil dengan Israel berbuntut panjang. Presiden Brasil Luiz Inacio Lula da Silva menarik duta besarnya kembali untuk ke Brasilia pada Senin (19/2/2024).

Langkah ini dilakukan sebagai tanggapan atas perlakuan Israel yang 'mempersona non gratakan' Presiden Brasil terkait ucapannya mengenai Gaza.

Sebagai tanggapan, kepala penasihat Lula, Celso Amorim, seperti dikutip oleh outlet berita G1 mengatakan bahwa menyatakan presiden sebagai persona non grata adalah hal yang “tidak masuk akal.”

Akhir pekan lalu Lula da Silva mengatakan bahwa aksi-aksi Benjamin Netanyahu Perdana Menteri Israel terhadap warga Palestina sama dengan Hitler saat membunuhi Yahudi atau dikenal sebagai Holocaust Perang Dunia II.

Akibat pernyataan Lua da Silva, Menlu Israel, Israel Katz memanggil Dubes Brasil Frederico Meyer untuk melakukan protes.

Di sana, Katz menyebut kata-kata Lula sebagai “serangan antisemit yang serius” dan menunjukkan kepada Meyer nama kerabatnya sendiri yang dibunuh oleh Nazi.

“Kami tidak akan melupakan atau memaafkan,” kata Katz kepada Meyer, menurut postingannya di X (sebelumnya Twitter).

“Atas nama saya dan nama warga Israel – sampaikan kepada Presiden Lula bahwa dia adalah persona non grata di Israel sampai dia mengambilnya kembali.”

Namun Lula menepati janjinya dan memerintahkan Meyer kembali ke Brasil. Kedutaan Besar Brasil di Tel Aviv akan dijalankan oleh kuasa usaha, yang merupakan penurunan peringkat hubungan diplomatik.

Istri Lula, Rosangela ‘Janja’ da Silva, membela suaminya pada hari Senin, dengan mengatakan bahwa kata-katanya “merujuk pada pemerintah yang melakukan genosida dan bukan pada orang-orang Yahudi.”

“Saya bangga dengan suami saya yang sejak awal konflik di Jalur Gaza ini telah membela perdamaian dan terutama hak hidup perempuan dan anak-anak, yang merupakan mayoritas korban,” tulis Janja di X.

“Saya bangga dengan suami saya. yakin bahwa jika Presiden Lula mengalami Perang Dunia Kedua, dia akan membela hak hidup orang Yahudi dengan cara yang sama.”

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menggambarkan komentar Lula sebagai “melewati garis merah.”

Netanyahu menyatakan perang terhadap Hamas setelah serangan mematikan yang dilakukan kelompok Palestina pada 7 Oktober tahun lalu, yang menewaskan sekitar 1.200 warga Israel.

Sejak itu, lebih dari 29.000 warga Palestina terbunuh di Gaza, kebanyakan dari mereka adalah perempuan dan anak-anak. Sebagian besar daerah kantong tersebut telah menjadi puing-puing, sementara beberapa anggota pemerintahan Netanyahu secara terbuka menganjurkan pengusiran dua juta penduduknya ke Mesir.

Mahkamah Internasional bulan lalu meminta Israel untuk menahan diri dari tindakan yang dapat dianggap genosida, menyusul keluhan Afrika Selatan berdasarkan Konvensi Genosida. (G1/Reuters/Russia Today)

Editor: Hendra Gunawan

Tag:  #hubungan #brasil #israel #meruncing #presiden #lula #silva #tarik #dubes

KOMENTAR