Raja Charles III Didiagnosis Idap Kanker, Begini Kondisinya Sekarang
Raja Charles III didiagnosis mengidap penyakit kanker. (Akun resmi X Royal Family (@RoyalFamily))
10:39
6 Februari 2024

Raja Charles III Didiagnosis Idap Kanker, Begini Kondisinya Sekarang

Raja Charles III didiagnosis mengidap penyakit kanker. Hal ini disampaikan pihak Istana Buckingham pada Senin (5/2), melalui situs resminya di laman royal.uk. Pernyataan tersebut juga dipublikasikan di akun media sosial resmi keluarga kerajaan, seperti Facebook, Instagram, dan X (dulunya Twitter). Selain itu, kantor pers Istana Buckingham juga memberikan pengarahan kepada para wartawan tentang diagnosis kanker Raja Charles III.

Dilansir dari BBC, Selasa (6/2), jenis kanker yang diidap Raja Charles III belum diungkap. Kanker ini terdeteksi saat Raja menjalani pengobatan pembesaran prostat baru-baru ini.

Dalam pernyataan resmi, Istana Buckingham mengatakan bahwa Raja Charles III, yang berusia 75 tahun, telah memulai jadwal perawatan rutin, dan selama masa perawatan tersebut, ia disarankan oleh dokter untuk menunda tugas-tugas publiknya.

Ia akan akan menunda tugas-tugas publiknya, seperti menghadiri acara-acara resmi, mengunjungi tempat-tempat bersejarah, atau bertemu dengan masyarakat. Ia juga akan mengurangi perjalanan luar negeri, yang biasanya ia lakukan untuk mempromosikan hubungan diplomatik dan perdagangan dengan negara-negara lain.

Meski demikian, Raja Charles III tetap akan melanjutkan peran konstitusionalnya sebagai kepala negara, termasuk urusan administrasi dan pertemuan pribadi.

“Yang Mulia tetap bersikap sepenuhnya positif mengenai perawatannya dan menantikan untuk secepatnya kembali bertugas di hadapan publik,” kata Istana Buckingham kepada media.

Raja Charles III juga memilih untuk membagikan diagnosisnya kepada publik untuk mencegah spekulasi dan dengan harapan dapat meningkatkan pemahaman masyarakat tentang semua orang di dunia yang terkena dampak kanker. Raja Charles III memberi tahu kedua putranya secara pribadi tentang diagnosisnya, terutama pada Pangeran William dikatakan sering berhubungan dengan ayahnya.

Pangeran Harry yang tinggal di Amerika Serikat, telah berbicara dengan ayahnya dan akan melakukan perjalanan ke Inggris untuk menemuinya dalam beberapa hari mendatang.

Raja Charles III terlihat dalam sebuah kebaktian gereja di Sandringham pada Minggu (4/2), saat ia melambaikan tangan kepada kerumunan orang. Ia telah menjalani prosedur prostat di rumah sakit swasta di London lebih dari seminggu yang lalu. Saat itu, pihak Istana mengatakan bahwa perawatan tersebut adalah untuk kondisi yang masih baik.

Mengenai diagnosis pembesaran prostatnya, Raja Charles III memilih untuk mengumumkan pengobatan prostatnya kepada masyarakat, dengan tujuan mendorong lebih banyak pria untuk melakukan pemeriksaan prostat. Ia disebut sangat senang telah meningkatkan kesadaran mengenai masalah ini, dan situs layanan Kesehatan Inggris (NHS) melaporkan adanya lonjakan pelaporan mengenai kondisi prostat.

Para pemimpin dunia, termasuk Perdana Menteri Rishi Sunak, Pemimpin Partai Buruh Sir Keir Starmer, dan Ketua Dewan Rakyat Sir Lyndsay Hoyle, mengirimkan ucapan semoga lekas sembuh dan dukungan mereka kepada Raja Charles III.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #raja #charles #didiagnosis #idap #kanker #begini #kondisinya #sekarang

KOMENTAR