3 Langkah Mengatasi Bibir Pecah-pecah, Jangan Dijilat Ya!
Ilustrasi bibir kering, bibir pecah-pecah. (freepik)
15:56
9 Mei 2024

3 Langkah Mengatasi Bibir Pecah-pecah, Jangan Dijilat Ya!

Bibir pecah-pecah, kering dan berwarna gelap kerap mengganggu rasa percaya diri. Apalagi bagi perempuan bibir merupakan salah daya tarik hingga mampu mencerminkan karakter pemiliknya.

Seseorang dengan bibir kering juga kerap merasakan nyeri, apalagi jika kulit bibir sudah terkelupas maka akan menimbulkan luka dan berisiko infeksi.

Adapun penyebab masalah bibir kering yaitu sering terekspos, terkena sinar matahari, udara, polusi dan juga sering terkena lipstik untuk mempercantik riasan. Berikut ini cara mengatasi bibir pecah yang bisa dilakukan mengutip rilis yang diterima suara.com, Kamis (9/5/2024).

ilustrasi bibir kering (freepik.com/freepik)ilustrasi bibir kering (freepik.com/freepik)

1. Stop kebiasaan menjilat dan mengupas kulit bibir

Bibir kering merupakan kondisi yang sering terjadi ketika sedang berada di ruangan ber-AC atau saat tubuh kekurangan cairan. Saat kondisi bibir kering, tidak sedikit perempuan yang akan menjilat atau mengupas bibir.

Kebiasaan ini seringkali tidak disadari saat bibir terasa kering. Menjilat atau mengupas kulit bibir hanya akan memperburuk kondisi bibir. Kulit bibir akan terasa perih dan bibir akan semakin kering karena air liur akan menguap dan tidak meresap ke bibir.

2. Penuhi cakupan cairan tubuh

Rutin dan cukup minum air putih memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Dengan memenuhi asupan cairan dalam tubuh, maka kulit tubuh akan terhidrasi dengan baik, termasuk bibir yang akan terlihat sehat dan tidak kering.

Perempuan yang sedang menjaga kesehatan bibir wajib minum air putih kurang lebih 2 liter sehari atau setara dengan 8 gelas. Tidak hanya membantu mencegah bibir kering, minum air yang cukup setiap harinya dapat melembapkan dan mencerahkan warna bibir.

3. Exfoliasi

Tidak hanya bagian tubuh lainnya yang membutuhkan eksfoliasi, bibir juga membutuhkan hal yang sama menggunakan scrub khusus bibir dan diamkan selama 2 hingga 3 menit. Lalu pijat bibir dengan lembut dan perlahan dengan gerakan melingkar sekitar bibir, lalu bilas dengan air atau dapat menggunakan tisu.

Adapun manfaat eksfoliasi adalah proses pengangkatan sel-sel kulit mati dari permukaan kulit menggunakan bahan-bahan khusus atau teknik tertentu. Ini adalah bagian penting dari perawatan kulit yang dapat memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan kulit.

Editor: M. Reza Sulaiman

Tag:  #langkah #mengatasi #bibir #pecah #pecah #jangan #dijilat

KOMENTAR