Meski Kaya Akan Protein, Simak 7 Dampak Mengonsumsi Telur Setiap Hari
ILUSTRASI: Telur dan blueberry merupakan makanan yang bantu jaga kesehatan otak. (Pexels)
12:42
1 Mei 2024

Meski Kaya Akan Protein, Simak 7 Dampak Mengonsumsi Telur Setiap Hari


Seperti yang kita ketahui, telur sangat kaya akan protein dan mengandung lemak tak jenuh yang menyehatkan jantung.

Selain itu, olahan telur juga menjadi cara yang dianggap paling praktis untuk sarapan di pagi hari dan memulai aktivitas.

Namun bagaimana efek dari mengonsumsi telur yang terlalu sering? 

Dilansir dari Health Shots, Rabu (1/5), berikut ini dampak dan manfaat yang akan Anda dapakan jika rutin mengonsumsi telur.

1. Memenuhi Protein dalam Tubuh

Tidak diragukan lagi apabila telur merupakan sumber protein yang sangat baik.

Telur memiliki protein lengkap, yang mengandung sembilan asam amino esensial yang tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh Anda.

Protein ini sangat penting untuk membangun dan memperbaiki jaringan otot, serta untuk produksi hormon dan enzim.

2. Kaya Vitamin dan Mineral

Telur merupakan sumber vitamin dan mineral penting, termasuk vitamin A, vitamin D, vitamin B12, kolin, zat besi, selenium, dan fosfor.

Nutrisi ini penting untuk berbagai fungsi tubuh, termasuk penglihatan, kesehatan kekebalan tubuh, kesehatan tulang, dan perkembangan otak.

3. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Telur telah terbukti memiliki dampak positif pada kesehatan jantung.

Sebuah penelitian menemukan bahwa makan telur dapat meningkatkan kadar kolesterol HDL (baik) dan menurunkan kadar kolesterol LDL (jahat).

Telur juga dapat membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan fungsi pembuluh darah.

4.Mendukung Pengelolaan Berat Badan

Telur adalah makanan yang mengenyangkan dan mengenyangkan yang dapat membantu Anda merasa kenyang dan mengurangi asupan kalori secara keseluruhan.

Telur juga merupakan sumber protein yang baik, yang dapat membantu meningkatkan metabolisme dan meningkatkan pertumbuhan otot.

5. Meningkatkan Kesehatan Otak

Telur adalah sumber kolin yang baik, nutrisi penting yang penting untuk perkembangan dan fungsi otak. Kolin juga penting untuk memori dan pembelajaran.

6. Kesehatan Otot

Protein berkualitas tinggi dalam telur sangat bermanfaat untuk menjaga dan membangun massa otot, menjadikan telur pilihan yang baik bagi mereka yang melakukan aktivitas fisik.

7. Baik untuk wanita hamil

Telur merupakan sumber protein berkualitas tinggi yang sangat baik, yang sangat penting untuk perkembangan jaringan, otot, dan organ bayi.

Selain itu, membantu memberikan rasa kenyang dan energi berkelanjutan, yang bermanfaat untuk mengatur nafsu makan selama kehamilan.

Secara keseluruhan, telur merupakan makanan bergizi dan sehat yang dapat dinikmati sebagai bagian dari pola makan seimbang.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #meski #kaya #akan #protein #simak #dampak #mengonsumsi #telur #setiap #hari

KOMENTAR