Waspada! Bukan Sekedar Bau Mulut Biasa, Ini 7 Penyakit yang Bisa di Deteksi Melalui Bau Mulut
Bau mulut mengganggu/ Sumber: freepik.com/stockking
19:46
2 April 2024

Waspada! Bukan Sekedar Bau Mulut Biasa, Ini 7 Penyakit yang Bisa di Deteksi Melalui Bau Mulut

 

 

 

 – Bau mulut merupakan salah satu gangguan kesehatan yang dialami banyak orang.

Meskipun banyak orang yang mengalami bau mulut, namun kondisi ini kadang tidak disadari.

Untuk mengatasi masalah bau mulut, kebanyakan orang biasanya menggunakan permen karet berbahan mint dan produk pembersih mulut guna menghilangkan bau tak sedap.

Namun, pemakaian bahan-bahan tersebut hanya membuat bau mulut hilang sementara.

Bicara soal bau mulut, tahukah kamu bahwa ada beberapa penyakit yang bisa menyebabkan bau mulut?

Dilansir dari Alodokter, Selasa (2/4), bau mulut yang berbeda dan beragam, seperti bau manis, bau buah, hingga bau busuk seperti kotoran bisa jadi pertanda suatu penyakit. 

Untuk itu, perhatikan sinyal kesehatan yang bisa kamu amati dari bau tak sedap yang dikeluarkan oleh mulut. 

  1. Gigi berlubang

Bau mulut dapat disebabkan oleh sisa makanan yang terjebak dalam gigi dan gusi, sehingga menghasilkan gas yang berbau. 

Sisa makanan dan bakteri dapat terperangkap di lubang pada gigi dalam waktu yang cukup lama hingga membusuk. Kondisi ini menyebabkan mulut berbau busuk.

  1. Radang gusi

Penyakit ini terjadi karena adanya plak gigi yang terbentuk dari air liur setelah kamu menyikat gigi.

Lapisan ini membuat bakteri dalam mulut menempel. Jika tidak menjaga kebersihan gigi, plak ini yang akan mengeras dan menjadi karang gigi yang dapat memicu terjadinya radang gusi.

  1. Sinusitis

Bau mulut yang dialami penderita sinusitis dapat terjadi ketika lendir yang mengandung bakteri dari hidung turun ke tenggorokan. Bau mulut penderita sinusitis cenderung berbau seperti kotoran.

Selain bau mulut, penderita sinusitis juga dapat mengalami pilek berkepanjangan, lendir hidung berwarna hijau atau kuning, demam, dan sakit kepala. 

  1. Penyakit asam lambung

Jika bau mulut karena sinusitis berbau seperti kotoran, bau mulut yang disebabkan oleh penyakit asam lambung cenderung berbau asam.

Bagi pengidap asam lambung kronis, Karena naiknya asam lambung ke kerongkongan dan rongga mulut dapat menimbulkan masalah bau mulut.

  1. Diabetes

Bau mulut menyerupai aroma buah ini muncul karena penyakit diabetes. Hasil pembakaran lemak ini, terbentuklah asam keton yang menimbulkan bau mulut menyerupai aroma buah.

Pengidap diabetes mengalami produksi insulin yang tidak memadai untuk mengambil gula dari darah sebagai sumber energi, sehingga tubuh membakar lemak sebagai gantinya. Dari pembakaran lemak ini, liver akan memproduksi asam keton sebagai energi untuk seluruh tubuh.

Hal tersebut menyebabkan bau mulut yang menyerupai aroma buah.

  1. Pertanda penyakit ginjal

Perubahan metabolisme pada pengidap gagal ginjal menyebabkan mulut kering dan menurunnya indera pengecap.

Hal tersebut terjadi karena air liur di mulut gagal diproduksi menyebabkan mulut kering akan memicu terjadinya bau mulut.

Bau mulut mungkin berkaitan dengan penyakit ginjal apabila baunya seperti urine atau berbau amis. Ginjal yang tidak berfungsi dengan baik maka racun dan zat sisa metabolisme tubuh tidak dapat dibuang melalui urine.

Menumpuknya racun dan zat sisa mengakibatkan menyebar ke seluruh tubuh, sehingga menimbulkan bau urine atau amis akan tercium dari mulut.

  1. Tanda Alergi

Alergi yang kamu alami akan membuat tenggorokan gatal, hidung tersumbat, dan mata berair. Selain itu, kamu akan mengalami bau mulut karena lendir yang menjadi tempat kuman untuk bersarang.

Bagi yang memiliki alergi, rajin bersihkan lendir dalam hidung, Agar lendir hilang dan mulut tetap bersih dan terhindar dari alergi dan bau mulut.***

 

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #waspada #bukan #sekedar #mulut #biasaini7 #penyakit #yang #bisa #deteksi #melalui #mulut

KOMENTAR