Pusing Program Hamil Anak Kedua? Simak Tips Jitu dari Dokter Kandungan Ini
ilustrasi hamil / kehamilan anak kedua. [freepik.com/jcomp]
14:24
22 Februari 2024

Pusing Program Hamil Anak Kedua? Simak Tips Jitu dari Dokter Kandungan Ini

Ingin memiliki anak kedua tapi tak kunjung hamil? Hati-hati, dokter kandungan mengingatkan tentang risiko infertilitas sekunder yang kerap tak diketahui. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengungkapkan bahwa sekitar 1 dari 6 orang dewasa di seluruh dunia menghadapi tantangan infertilitas, menjadikannya salah satu masalah kesehatan global yang signifikan.

Tidak hanya terkait dengan perencanaan kehamilan anak pertama, tetapi infertilitas juga dapat menjadi hambatan saat merencanakan kehamilan anak kedua, dikenal sebagai infertilitas sekunder. Kondisi ini tidak hanya dipengaruhi oleh faktor organ reproduksi dan usia, tetapi juga oleh perubahan gaya hidup selama rentang waktu antara melahirkan anak pertama dan merencanakan kehamilan anak kedua.

Gaya hidup yang tidak sehat, seperti kenaikan berat badan yang tidak terkendali karena pola makan tidak seimbang, konsumsi junk food yang berlebihan, begadang secara rutin, dan kurangnya aktivitas fisik, dapat berkontribusi pada masalah infertilitas sekunder. Pada wanita, kondisi tersebut dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon, mengakibatkan siklus menstruasi yang tidak teratur dan menghambat pematangan sel telur. Pada pria, gaya hidup yang tidak sehat juga dapat merusak kualitas sperma, terutama jika disertai konsumsi alkohol dan merokok.

Ilustrasi kehamilan. (Pixabay)Ilustrasi kehamilan. (Pixabay)

Dalam mengatasi tantangan ini, dr. Ivan Maurits Sondakh, Sp.OG, seorang praktisi di Mayapada Hospital Tangerang, menekankan pentingnya menjaga berat badan ideal melalui gaya hidup sehat sebagai langkah mudah dan efektif untuk merencanakan kehamilan anak kedua.

“Menjaga berat badan tetap ideal dengan menerapkan gaya hidup sehat merupakan cara yang paling mudah dan efektif untuk merencanakan program kehamilan anak kedua. Mengonsumsi alkohol atau junk food berlebihan, jarang berolahraga, dan merokok dapat mengganggu keseimbangan hormon, sehingga akan merusak kualitas sperma dan pematangan sel telur,” ujarnya dalam keterangan yang diterima Suara.com.

Selain menjalani pola hidup sehat, pemenuhan kebutuhan zat besi, asam folat, dan vitamin D juga dianggap kunci dalam pencegahan infertilitas sekunder. Dr. Ivan menyarankan agar selain dari makanan, kebutuhan mineral dan vitamin tersebut juga dapat dipenuhi melalui suplemen yang tersedia di apotek.

Apotek Wellings, sebagai penyedia layanan kesehatan terbaik dan terlengkap, berkomitmen untuk membantu pasangan yang ingin memulai program kehamilan anak kedua. Dengan konsep "neighborhood pharmacy," Apotek Wellings selalu hadir di area pemukiman atau residensial, memudahkan masyarakat dalam mengakses produk-produk kesehatan, termasuk obat, vitamin, suplemen, dan bahkan sewa alat-alat kesehatan.

Elly Kohardjo, CEO Erajaya Beauty & Wellness, menambahkan Apotek Wellings menjadi solusi lengkap untuk berbagai kebutuhan kesehatan, termasuk obat, suplemen, vitamin, produk nutrisi, hingga alat-alat kesehatan. Dengan apoteker yang selalu siaga di setiap gerai, pelanggan dapat berkonsultasi mengenai vitamin atau suplemen yang paling tepat untuk perencanaan kehamilan. 

"Selain melakukan tindakan preventif pada infertilitas sekunder, persiapan yang matang dengan konsumsi vitamin dan mineral dapat membantu meningkatkan peluang keberhasilan terjadinya kehamilan," tutupnya.

Editor: M. Reza Sulaiman

Tag:  #pusing #program #hamil #anak #kedua #simak #tips #jitu #dari #dokter #kandungan

KOMENTAR