Ketahui 5 Minuman Herbal yang Ampuh untuk Mengatasi Jerawat Secara Alami
Ilustrasi teh hijau baik untuk mengatasi jerawat. (Freepik)
07:51
26 September 2024

Ketahui 5 Minuman Herbal yang Ampuh untuk Mengatasi Jerawat Secara Alami

- Jerawat menjadi salah satu gangguan kulit yang umum terjadi kepada siapapun. Jerawat timbul akibat sumbatan folikel rambut pada kulit oleh sel-sel kulit mati, bakteri, dan minyak (sebum).

Jerawat bisa muncul kapan saja, terutama ketika seseorang sedang mengalami pubertas karena terjadi perubahan hormon di dalam tubuh. Namun, jerawat juga bisa muncul karena beberapa hal, misalnya menggunakan produk pembersih wajah yang tidak cocok, tidak membersihkan sisa riasan atau membiarkan wajah dalam keadaan kotor.

Jerawat yang timbul sering kali mengganggu penampilan kita sehari-hari, oleh karenanya saat jerawat muncul kita sering melakukan berbagai cara untuk mengatasinya.

Jerawat bisa diatasi dengan berbagai cara, mulai dari penggunaan skin care yang rutin hingga cara herbal. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi jerawat dengan cara alami adalah dengan mengkonsumsi minuman herbal yang dapat mencegah timbulnya jerawat dan baik untuk kulit.

Berikut beberapa minuman alami yang dapat digunakan untuk mengatasi jerawat:

Teh Hijau

Melansir Healthline, teh hijau ternyata memiliki kandungan untuk mencegah timbulnya jerawat. Teh hijau memiliki zat yang disebut sebagai zat katekin. Zat katekin merupakan senyawa berbasis tanaman atau polifenol yang memiliki sifat antioksidan, anti radang serta antibiotik.

Selain itu, teh hijau juga kaya akan zat epigallocatechin gallate (EGCG), menurut penelitian zat ini mampu mengatasi jerawat dan kulit berminyak.

Zat ini juga memiliki kandungan yang dapat menurunkan kadar lipid dan anti androgen sehingga dapat mengurangi sebum pada kulit.

Perasan kunyit

Air perasan kunyit juga menjadi salah satu minuman yang dapat diminum untuk mengatasi jerawat. Komponen pada kunyit memiliki zat anti radang, antivirus, antioksidan dan antijamur.

Meski beberapa penelitian belum secara pasti mengatakan kunyit dapat mencegah jerawat, namun zat yang terkandung di dalamnya berguna untuk mengatasi bakteri yang menimbulkan jerawat.

Jus Ceri

Walaupun memiliki rasa asam, jus ceri memiliki banyak kandungan vitamin seperti Vitamin A, Vitamin B, Vitamin C dan Vitamin D yang mampu menyeimbangkan pH kulit.

Mengutip laman Byrdie, jus ceri mempunyai kandungan melatonin dan anti radang yang juga dapat menyembuhkan jerawat.

Teh Spearmint

Kandungan teh spearmint sudah terbukti dapat membantu mengurangi jerawat yang meradang. Teh spearmint juga mampu mengurangi jerawat yang disebabkan oleh hormon, hal ini dikarenakan teh spearmint mengandung anti androgen, anti bakteri dan anti inflamasi.

Seduhan Jahe

Selain dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan pencernaan, jahe juga dapat membantu mengurangi jerawat. Jahe mengandung 30 kandungan senyawa gingerol yang bersifat antioksidan dan anti peradangan, sehingga dapat diminum untuk mengurangi jerawat.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #ketahui #minuman #herbal #yang #ampuh #untuk #mengatasi #jerawat #secara #alami

KOMENTAR