IKN Mulai Dihuni, Airnya Udah Bisa Diminum?
Menteri Basuki uji coba air minum IPA Sepaku. [Ist]
13:54
4 Agustus 2024

IKN Mulai Dihuni, Airnya Udah Bisa Diminum?

Pemerintah mulai mempersiapkan segala infrastruktur agar Ibu Kota Nusantara (IKN) bisa dihuni. Salah satu yang disorot yaitu air minum yang masih belum tersedia di IKN.

Menteri PUPR sekaligus Plt. Kepala OIKN Basuki Hadimuljono memastikan, Kementerian PUPR telah menyelesaikan 15 embung di KIPP IKN yang berfungsi sebagai estetika dan preservasi air.

"Sedangkan untuk fasilitas air minum mulai dari Instalasi Pengolahan Air meliputi pipa transmisi, reservoir, pipa distribusi hingga pipa persil/gedung/kantor pemerintahan akan secara bertahap beroperasi pada 10 Agustus 2024," ujarnya seperti yang dikutip dari instagram @kemenpupr, Sabtu (3/8/2024).

Selain air, Basuki menegaskan, akses menuju Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN dari Balikpapan dapat melalui Jalan Tol Balikpapan-Samarinda KM 11 exit gate Karangjoang, kemudian melewati Jalan Nasional Akses TPK Kariangau dan Tol IKN fungsional (Seksi 3A - 3B – 5A - Jembatan Pulau Balang Panjang) dengan total jarak rute tersebut sepanjang 88 km dengan waktu tempuh sekitar 90 menit.

Baca Juga: Kementerian PUPR Janji Segera Ganti Rugi Lahan Warga Terdampak IKN, Nilainya Rp90 M

Jaringan jalan di dalam KIPP dengan kondisi aspal sepanjang 7 km serta jalan kerja yang sudah dipadatkan.

"Jalan menuju Istana Negara dan Istana Garuda yang akan fungsional sepanjang 1.260 meter sudah dilakukan perkerasan aspal," kata dia.

Sementara, Basuki mengungkapkan, progres prasarana Istana Negara dan Istana Garuda telah mencapai 95 persen, saat ini keduanya dalam tahap pemasangan furniture dan ditargetkan selesai pada 10 Agustus.

Kemudian dari 4 Kantor Kementerian Koordinator yang masing-masing memiliki 4 tower yang akan difungsikan pada saat upacara nanti sebanyak 7 tower yaitu Koordinator 1 (1 tower), Koordinator 2 (1 tower), Koordinator 3 (2 tower), dan Koordinator 4 (3 tower).

"Hunian ASN akan fungsonal minimal 8 tower dengan masing-masing tower terdiri dari 60 unit hunian dan Rumah Tapak Jabatan Menteri akan berfungsi 14 unit yang telah lengkap dengan meubelair," pungkas Basuki.

Baca Juga: Upacara HUT RI Digelar di IKN, Tamunya Nginep di Mana?

Editor: Achmad Fauzi

Tag:  #mulai #dihuni #airnya #udah #bisa #diminum

KOMENTAR