Bisnis MICE Berpotensi Tumbuh 17% di 2024
Bisnis meeting, incentives, conferences, dan exhibition (MICE) di Indonesia masih sangat potensial. (Dok MICE)
13:28
2 Agustus 2024

Bisnis MICE Berpotensi Tumbuh 17% di 2024

Bisnis meeting, incentives, conferences, dan exhibition (MICE) di Indonesia masih sangat potensial. Tahun 2024, bisnis ini diprediksi dapat tumbuh berkisar 12-17% dibandingkan 2023.

“Bisnis MICE di Indonesia sangat potensial. Kami perkirakan bisa tumbuh berkisar 12-17% pada 2024. Salah satu pemicu adalah kondusifnya perekonomian nasional,” tutur Iqbal Alan Abdullah, komisaris utama PT Royalindo Expoduta, kepada media di Jakarta, Jumat (2/8/2024).

Dia menambahkan, lancarnya perhelatan pemilihan presiden( pilpres) dan pemilihan legislatif (pileg) serentak pada 2024, juga ikut menopang pertumbuhan bisnis MICE.

“Tahun 2023, nilai bisnis MICE secara nasional mencapai sekitar US$ 3 miliar atau sekitar Rp45 triliun,” ujar mantan Ketua Umum DPP Dewan Pariwisata Indonesia (Depari) itu.

Baca Juga: Indonesia MICE Youth Challenge Cari Potensi Anak Muda Terbaik di Bidang MICE

Pada 2022, sektor MICE di Indonesia mencatatkan peningkatan sebesar 14% dengan nilai US$ 2,23 milliar dibandingkan dengan 2021 yang senilai US$ 1,95 miliar. Tahun 2021, bisnis MICE tumbuh sekitar 20% setelah diterpa pandemi Covid-19 pada 2020.

“Pada 2021, pemerintah mendorong digelarnya pertemuan internasional sehingga bisnis MICE kembali bangkit dibandingkan dengan 2020. Pertumbuhan terus terjadi hingga 2023. Bahkan, akan terus bertumbuh pada masa mendatang,” tegas Iqbal.

Menurut Iqbal, selain digerakkan oleh kegiatan-kegiatan pemerintah, bisnis MICE di Indonesia juga dipengaruhi oleh aktivitas organisasi-organisasi profesi internasional.

“Misal, organisasi profesi kedokteran yang memiliki banyak spesialis mulai dari dokter jantung, THR hingga bedah. Organisasi profesi internasional secara rutin melakukan pertemuan dan berpindah dari satu negara ke negara lain,” tutur Ketua DPP Asosiasi Kongres & Konvensi Indonesia (INCCA) tersebut.

Iqbal menambahkan, sebagai perusahaan yang telah 35 tahun berkecimpung di bisnis MICE, pihaknya optimistis pasar Indonesia masih sangat besar.

Baca Juga: Lion Parcel Sebut Mitra Agen Jadi Kontributor Pertumbuhan Bisnis

“Kami melihat pasar MICE yang ada masih belum digarap secara maksimal. Karena itu, potensinya masih besar,” tegas dia.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) pernah menyatakan bahwa MICE memiliki kontribusi yang tinggi terhadap perekonomian masyarakat, karena turis MICE ditengarai mempunyai spending 3-4 kali lebih besar dari leisure.

Lalu, memiliki lama tinggal lebih panjang dan kegiatan MICE berskala internasional merupakan ajang promosi yang efektif bagi Indonesia di kancah global.

Editor: Mohammad Fadil Djailani

Tag:  #bisnis #mice #berpotensi #tumbuh #2024

KOMENTAR