Bos DIGI Beberkan Strategi Tingkatkan Pendapatan
Jajaran Komisaris dan Direksi PT Arkadia Digital Media Tbk (DIGI) dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) 2023 di Hotel Aryaduta, Jakarta, Kamis (27/6/2024)/(Suara.com/Alfian Winanto).
17:07
27 Juni 2024

Bos DIGI Beberkan Strategi Tingkatkan Pendapatan

Direktur Utama PT Arkadia Digital Media Tbk (DIGI), Suwarjono membeberkan, strategi-strategi untuk meningkatkan peforma kinerja keuangan maupun operasional. Pereseroan menetapkan tiga pilar utama strategi yakni, produksi konten yang bagus dan beragam, distribusi konten yang dilakukan secara maksimal, serta inovasi tanpa henti.

Dalam hal ini, perseroan juga selalu melanjutkan dan membuka kolaborasi dengan berbagai paik, baik sesama media maupun lembaga-lembaga nasional atau internasional, serta kerja sama dengan para kreator.

"Strategi itu pula yang sejauh ini telah menjaga dan makin menguatkan keberadaan Perseroan dan anak usahanya. Pada tahun 2023 lalu, Perseroan mengambil dan menjalankan beberapa langkah kebijakan strategis yang rata-rata cukup memberikan hasil yang mendukung keberlanjutan bisnis Perseroan, atau setidaknya mencatatkan progres positif dan memiliki prospek bagus hingga akhir tahun," ujarnya Suwarjono dalam paparan publik di Hotel Aryaduta, Jakarta, Kamis (27/6/2024).

Kemudian, perseroan juga fokus pada produksi konten dan pembagian unit-unit kerja di anak-anak perusahan. Hal ini dilakukan untuk merespon faktor eksternal dari platform internet yang memberikan dampak terhadap trafik portal-portal milik DIGI.

Baca Juga: Bos Kimia Farma Bakal Putar Otak, Siapkan Strategi Biar Untung

Selain itu, Suwarjono mengatakan, dalam momen ulang tahun Suara.com ke-9, Perseroan melakukan peluncuran salah satu produk sekaligus platform terbaru, yaitu Nexus Creator Hub.

"Ini merupakan sebuah platform yang mewadahi kerja sama maupun pengerjaan proyek oleh para kreator konten dan influencer, dengan para klien baik dari kalangan pemerintahan, swasta, juga brand. Seiring diluncurkannya platform ini, tim kami langsung bergerak merangkul atau mengumpulkan influencer lokal terutama dari kategori kecil dan mikro," jelas dia.

Suwarjono menyebut, kebijakan srategis lainnya yang menjadi andalan perseroan yaitu program yang dijalankan bekerja sama dengan lembaga International Media Support (IMS).

Lewat program, portal milik perseroan, menjadi tulang punggung pengembangan media-media lokal di Indonesia. Adapun, kegiatan yang dilakukan seperti workshop, pendampingan di program Start-up for Media Start-up (SMS), pengelolaan bantuan dana inovasi, hingga kegiatan besar seperti Jatim Media Summit (JMS), dan Local Media Summit (LMS) yang pada Oktober 2023 lalu sudah memasuki tahun keduanya.

"Lalu, kebijakan strategis Perseroan yang memberikan efek besar terhadap pendapatan adalah fokus kami pada aktivitas pengelolaan kegiatan (event), baik itu kegiatan berdasarkan permintaan klien, pemerintah maupun swasta, maupun kegiatan yang dirancang dan diinisiasi sendiri oleh tim Perseroan," kata dia.

Baca Juga: Mutuagung Lestari Siapkan 30 Persen Laba Bersih Buat Dividen

Suwarjono menerangkan, aktivitas pengelolaan kegiatan atau event organizer ini dikembangkan, karena dirasa memiliki potensi besar untuk menjadi salah satu sumber pendapatan penting Perseroan ke depan. Hasilnya, bermodalkan sumber daya dan unit kerja yang dimiliki, perseroan sukses mengelola event-event kecil, menengah, maupun besar, baik yang berskala lokal, nasional hingga internasional.

Mulai dari dalam bentuk kegiatan worskhop atau pelatihan, diskusi dan seminar (online maupun tatap muka), beragam festival, expo, acara penghargaan, perlombaan, hingga kegiatan bisnis, hiburan dan lain sebagainya. Menurut dia, tidak hanya sukses dan menambah penghasilan, semua itu pun memperkaya portofolio Perseroan.

Di sisi lain, Suwarjono memastikan, perseroan berkomitmen untuk senantiasa meningkatkan tata kelola perusahaan yang baik. Sejauh ini, hingga ke depannya kegiatan bisnis perseroan dijalankan dengan berlandaskan pada prinsip tersebut. Kemudian, perseroan senantiasa mematuhi hukum dan peraturan, serta pedoman yang berlaku baik di tingkat lokal, nasional, hingga internasional.

"Kami juga meyakini bahwa pengawasan dari Dewan Komisaris dan Komite Audit, serta pelaksanaan fungsi yang efektif dari Sekretaris Perusahaan dan Unit Audit Internal ditambah audit eksternal, telah dan akan senantiasa memberikan kontribusi terhadap tingginya tingkat transparansi dan akuntabilitas dalam setiap kegiatan Perseroan," tutup Suwarjono.

Editor: Achmad Fauzi

Tag:  #digi #beberkan #strategi #tingkatkan #pendapatan

KOMENTAR