Pasca Lebaran, Masyarakat Malas Beli Baju Hingga Belanja di Supermarket
Belanja di Supermarket. (Dok. Istimewa)
16:22
14 Mei 2024

Pasca Lebaran, Masyarakat Malas Beli Baju Hingga Belanja di Supermarket

Tren belanja masyarakat menurun setelah Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran kemarin. Banyak orang pasca lebaran yaitu pada bulai Mei ini yang enggan beli pakaian fesyen hingga belanja kebutuhan sehari-hari di supermarket.

"Berdasarkan kategori belanja, belanja Consumer goods melambat lebih dalam dibanding kelompok lain, terutama pada sub kelompok belanja kebutuhan sehari-hari (Supermarket) dan yang terkait fesyen," ujar Chief Economist Bank Mandiri, Andry Asmoro dalam konferensi pers virtual, Selasa (14/5/2024).

Menurut dia, pasca lebaran  belanja masyarakat memasuki periode normalisasi yang diperkirakan berlangsung hingga pertengahan Mei.

ilustrasi toko baju (Pixabay/LeeJeongSoo)ilustrasi toko baju (Pixabay/LeeJeongSoo)

"Meski demikian, belanja di sejumlah daerah masih menunjukkan kenaikan, seperti Bali dan Nusa Tenggara," ucap Andry.

Sementara, dia melihat, tingkat konsumsi rumah tangga masih tumbuh positif dan menjadi salah satu pendorong pertumbuhan ekonomi. Andry mengungkapkan, Mandiri Spending Index selama triwulan 1 2024 meningkat ke level 206,7, lebih tinggi daripada level 199,1 di triwulan 4 2023.

Secara umum belanja selama periode Ramadan - Idul Fitri 2024 lebih tinggi dibandingkan periode yang sama 2023.

Kenaikan signifikan belanja pada tahun ini terjadi pada periode pemberian THR—2 minggu sebelum Idul Fitri - belanja tumbuh 7,1% dibandingkan dengan periode sebelum pemberian THR. Angka ini lebih tinggi dibandingkan dengan periode pemberian THR tahun lalu yang sebesar 4,6%.

"Namun demikian kenaikan belanja ini lebih banyak didorong oleh kenaikan belanja dari segmen menengah dan atas yang masing-masing tumbuh sekitar 9,2% dan 7,1% dibandingkan dengan periode sebelum Ramadan," imbuh dia.

Editor: Achmad Fauzi

Tag:  #pasca #lebaran #masyarakat #malas #beli #baju #hingga #belanja #supermarket

KOMENTAR