IKN Peroleh Dana Hibah Pembangunan Smart Forest City dari Lembaga Independen Amerika Serikat
Titik Nol Ibu Kota Nusantara atau IKN [ANTARA]
18:07
4 Mei 2024

IKN Peroleh Dana Hibah Pembangunan Smart Forest City dari Lembaga Independen Amerika Serikat

U.S. Trade and Development Agency (USTDA) atau Badan Perdagangan dan Pengembangan Amerika Serikat adalah badan yang menghubungkan dunia usaha Amerika Serikat dengan peluang ekspor lewat pendanaan persiapan proyek dan kegiatan pembangunan kemitraan yang mengembangkan infrastruktur berkelanjutan dan mendorong pertumbuhan ekonomi di negara-negara mitra.

Badan ini adalah lembaga independen pemerintah Amerika Serikat untuk memajukan pembangunan ekonomi dan kepentingan komersial Amerika Serikat di negara-negara berkembang.

Dikutip dari kantor berita Antara, kerja sama antara Indonesia dan Amerika Serikat terus berlanjut yang diresmikan lewat penandatanganan perjanjian hibah sebesar 2,49 juta dolar Amerika Serikat (AS), dari pemerintah negara itu melalui USTDA.

Hibah USTDA tadi akan digunakan mendanai Ibu Kota Nusantara dalam rangka mewujudkan Nusantara di Kalimantan Timur sebagai smart forest city.

Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Republik Indonesia telah menandatangani perjanjian hibah kota cerdas dengan Amerika Serikat, dalam bentuk dana bantuan teknis terkait usulan penerapan teknologi dan solusi kota cerdas di IKN.

Selain itu, Otorita IKN dan USTDA juga sedang dalam proses diskusi lanjutan untuk mempersiapkan kerja sama hibah bagi pilot project pembangunan command center tahap kedua.

Mohammed Ali Berawi, Deputi Bidang Transformasi Hijau dan Digital Otorita IKN menyatakan bahwa pembangunan IKN adalah kesempatan langka dalam melakukan pemindahan ibu kota di dunia.

"Kami mengundang kolaborasi internasional untuk menjadi bagian dalam pembangunan kota global yang modern dan berkelanjutan. Kami menghargai dukungan hibah USTDA untuk memfasilitasi kolaborasi antara kedua negara di IKN," papar Mohammed Ali Berawi di Jakarta, Sabtu (5/5/2024).

Ia pun menyatakan apresiasinya atas dukungan pemerintah Amerika Serikat dalam membangun IKN sebagai kota cerdas.

Sedangkan Enoh T. Ebong, Direktur USTDA Amerika Serikat menyatakan dukungan pihaknya terhadap pembangunan IKN.

“Pembangunan IKN adalah pekerjaan yang luar biasa yang belum pernah saya lihat sebelumnya selama 20 tahun karir saya dalam bidang pengembangan infrastruktur. Nusantara dapat melakukannya dengan kerja dan dedikasi yang sangat baik. Untuk itu, kami berterima kasih kepada OIKN atas kerja kerasnya sehingga kemitraan ini dapat diwujudkan dengan sangat baik dan kita dapat melakukan penandatanganan hibah ini. Hal ini menjadi simbol kerja sama yang kuat di antara kedua pemerintahan,” ungkap Enoh T. Ebong.

“Forum USTDA dapat mendukung keberhasilan pembangunan IKN, memfasilitasi pertukaran pengalaman dan praktek terbaik dalam pembangunan kota cerdas, serta membuka peluang kerja sama dalam perencanaan dan implementasi,” tutupnya.

Editor: RR Ukirsari Manggalani

Tag:  #peroleh #dana #hibah #pembangunan #smart #forest #city #dari #lembaga #independen #amerika #serikat

KOMENTAR