Harga Emas Dunia Meroket Imbas Konflik Iran dan Israel
Ilustrasi emas batangan (Antara/Reuters )
11:18
15 April 2024

Harga Emas Dunia Meroket Imbas Konflik Iran dan Israel

 

- Harga emas dunia tercatat naik pada hari Senin (15/4) karena sentimen risiko serangan balasan Iran terhadap Israel yang memicu kekhawatiran akan konflik regional yang lebih luas.

Pada saat yang sama, dolar mencapai level tertinggi barunya dalam 34 tahun terhadap yen di tengah meningkatnya ekspektasi bahwa tekanan inflasi yang kuat di Amerika Serikat (AS) akan membuat suku bunga di sana tetap tinggi lebih lama.

Setelah Iran, pada Sabtu (14/4) malam, meluncurkan drone dan rudal peledak ke Israel sebagai balasan atas dugaan serangan Israel terhadap konsulatnya di Suriah pada Senin, 1 April 2024. Ini menandai serangan langsung pertama Iran terhadap wilayah Israel.

Mengutip Reuters, ancaman perang terbuka antara musuh-musuh Timur Tengah dan Amerika Serikat telah membuat kawasan ini gelisah. Presiden AS Joe Biden memperingatkan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu bahwa AS tidak akan mengambil bagian dalam serangan balasan terhadap Iran. Namun, Israel mengatakan bahwa kampanye ini belum berakhir.

Ketegangan yang meningkat juga memicu perpindahan dana ke aset-aset yang lebih aman yang menyebabkan emas naik 0,51 persen menjadi USD 2,356.39 per ounce, memperpanjang kenaikan 1,6 persen dari minggu lalu.

Namun, harga minyak tidak bereaksi terhadap berita tersebut, karena para pedagang sebagian besar telah memperkirakan serangan balasan dari Iran yang kemungkinan akan semakin mengganggu rantai pasokan. Hal ini membuat minyak mentah berjangka Brent mencapai puncaknya pada USD 92,18 per barel pada minggu lalu, tertinggi sejak Oktober.

Brent terakhir turun 0,5 persen menjadi USD 90,01 per barel, sementara minyak mentah berjangka West Texas Intermediate AS turun sekitar 0,6 persen menjadi USD 85,13 per barel.

“Risiko utama bagi perekonomian global adalah apakah hal ini akan meningkat menjadi konflik regional yang lebih luas dan bagaimana respons pasar energi,” kata Kepala Ekonom Kelompok di Capital Economics, Neil Shearing.

“Kenaikan harga minyak akan mempersulit upaya untuk mengembalikan inflasi ke target di negara-negara maju, namun hanya akan berdampak material pada keputusan bank sentral jika harga energi yang lebih tinggi berdampak pada inflasi inti.”

Di sisi lain, imbal hasil Treasury AS bertahan di dekat level tertingginya baru-baru ini karena para pedagang mengurangi ekspektasi mereka terhadap kecepatan dan skala penurunan suku bunga dari Federal Reserve atau The Fed tahun ini.

Imbal hasil acuan 10-tahun terakhir berada di 4,5277 persen, sedangkan imbal hasil dua-tahun bertahan di dekat level 5 persen dan terakhir di USD 4,8966.

Berlanjutnya data ekonomi AS yang tangguh, khususnya laporan inflasi yang lebih tinggi dari perkiraan pada minggu lalu telah menambah pandangan bahwa suku bunga AS dapat tetap lebih tinggi untuk jangka waktu yang lebih lama. Bahkan, hal itu akan membuat siklus pelonggaran kebijakan Fed diprediksi tidak akan dimulai pada bulan Juni.

 

 

Editor: Kuswandi

Tag:  #harga #emas #dunia #meroket #imbas #konflik #iran #israel

KOMENTAR