3 Fakta Tender Offer META, Selangkah Menuju Go Private
Karyawan melintas di samping layar elektronik yang menunjukkan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Jumat (9/9/2022). . ANTARA FOTO/Galih Pradipta/aww.
17:00
20 Maret 2024

3 Fakta Tender Offer META, Selangkah Menuju Go Private

PT Nusantara Infrastructure atau yang dikenal dengan META, secara resmi telah memperoleh pernyataan efektif dari OJK untuk melakukan rencana tender offer yang mereka miliki. Sekilas mengenai 3 fakta tender offer META, bisa Anda lihat di artikel ini.

Penjadwalan ulang tender offer sendiri sebenarnya telah dilakukan beberapa kali. Hal ini dikarenakan META tidak segera mendapatkan pernyataan efektif dari OJK, yang secara harfiah berarti lampu hijau untuk melaksanakan agenda ini.

Berikut fakta seputar tender offer META yang bisa disampaikan dalam artikel singkat ini.

1. Jadwal Resmi Tender Offer META

Setelah beberapa kali mengalami penjadwalan ulang, akhirnya META secara resmi dapat melakukan tender offer. Hal ini ditetapkan setelah memperoleh pernyataan efektif dari OJK pada Jumat, 15 Maret 2024 lalu.

Proses tender offer telah secara resmi dimulai pada tanggal 19 Maret 2024 lalu, dan akan berlangsung hingga tanggal 17 April 2024 mendatang dengan jadwal pembayaran atas pembelian di tanggal 24 April 2024.

Penawaran sendiri dapat diikuti pada pukul 08.30 WIB hingga pukul 16.00 WIB setiap hari selama periode penawaran berlangsung.

2. Langkah Wajib untuk Go Private

Sebenarnya tender offer ini adalah salah satu kewajiban dari PT Metro Pacific Tollways Indonesia Services atau MPTIS untuk melangkah go private. PT MPTIS sendiri adalah pengendali META dan menjadi pemegang saham mayoritas.

Selanjutnya tender offer juga disebut sebagai salah satu bagian dari strategi efisiensi dan perampingan PT Nusantara Infrastructure Tbk agar memiliki fleksibilitas lebih baik dalam perencanaan pertumbuhan ke depan.

Tentunya, langkah strategis ini telah direncanakan dengan matang sehingga dapat membawa dampak yang diinginkan oleh setiap pihak.

3. Nilai Saham yang Ada dan Ditawarkan

Hingga saat ini, PT MPTIS memegang kepemilikan sebesar 74,65% saham META, atau sekitar 13,22 miliar lembar saham. Sementara itu, ada juga PT Infrastructure Finance yang memegang sebanyak 8,19% saham dengan total 1,45 miliar lembar.

Sisanya sebanyak 2,65 miliar lembar atau setara 14,98% merupakan saham yang dipegang oleh masyarakat. Nantinya saham dari META akan ditawarkan dengan harga Rp250 per lembar saham, nilai yang cukup menarik untuk langkah awal investasi.

Kontributor : I Made Rendika Ardian

Editor: M Nurhadi

Tag:  #fakta #tender #offer #meta #selangkah #menuju #private

KOMENTAR