Terungkap! Menteri Basuki Angkat Suara Soal Absen Dampingi Jokowi Resmikan Jalan Tol
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono (baju putih) dan Ketua Satuan Tugas (Satgas) Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN, Danis Hidayat, di UC Hotel UGM, Jumat (27/1/2023). [Suarajogja.id/Hiskia Andika Weadcaksana]
14:04
13 Februari 2024

Terungkap! Menteri Basuki Angkat Suara Soal Absen Dampingi Jokowi Resmikan Jalan Tol

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono membeberkan alasan soal absen mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk meresmikan ruas Jalan Tol di Sumatera Utara pada 7 Februari lalu.

Menurut Basuki, dia memang tengah mendapat tugas untuk melakukan kunjungan kerja ke Tunisia dan Portugal. Sehingga dirinya tak bisa hadir dalam peresmian dua ruas Jalan Tol Trans Sumatera.

Duar ruas tol yang diresmikan Jokowi diantaranya, ruas tol seksi Tebinggi-Indrapura dari ruas Kuala Tanjung-Tebingtinggi dan seksi Indrapura-Limapuluh dari ruas Indrapura-Kisaran.


Besok Nyoblos Siapa? Ini Pilihan Menteri Basuki

Dirinya pun baru kembali ke Indonesia pada hari Sabtu setelahnya, dan langsung mengunjungi Demak untuk memantau banjir rob.

"Saya kan ke Tunisia dan Portugal, baru pulang kemarin Sabtu malam, terus kemarin saya ke Demak yang banjir," ujarnya di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Selasa (13/2/2024).

Sebelumnya, memang ada yang tidak biasa dalam peresmian jalan tol tersebut. Pasalnya untuk pertama kali, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono absen mendampingi Jokowi.

Jokowi hanya ditemani Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Pimpinan Komisi I DPR RI Meutya Viada Hafid, serta pejabat daerah setempat dalam peresmian infrastruktur itu.

Dalam kunjungannya ke Tunisia , Menteri Basuki menyebut, bahwa RI bisa bekerja sama dalam pengembangan infrastruktur di bidang produktivitas pertanian, ketahanan pangan, pertanian berkelanjutan, dan pemberdayaan komunitas petani lokal.

"Kami sangat mengapresiasi dukungan penuh dari Pemerintah Tunisia kepada Pemerintah Indonesia sebagai tuan rumah penyelenggaraan World Water Forum ke-10 dan atas kontribusi aktifnya dalam proses regional Mediterania sebagai bagian dari World Water Forum ke-10," ujar Menteri Basuki seperti dikutip dari Instagram @Kemenpupr.

Editor: Achmad Fauzi

Tag:  #terungkap #menteri #basuki #angkat #suara #soal #absen #dampingi #jokowi #resmikan #jalan

KOMENTAR