Stok Beras Nasional Melimpah Cukup Sampai Lebaran
Sejumlah pekerja melakukan bongkar muat beras impor di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (12/10/2023). [ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah/Spt]
16:36
10 Januari 2024

Stok Beras Nasional Melimpah Cukup Sampai Lebaran

Badan Pangan Nasional (Bapanas) memastikan stok beras nasional mencukupi untuk sampai konsumsi lebaran nanti. Tercatat, stok beras nasional sebesar 4 juta ton pada awal tahun 2024.

Stok itu berasal dari Stik beras Bulog, penggilingan padi, distributor, pedagang hingga masyarakat.

"Dihitung sekitar 4 juta ton. Nah ini sebenarnya relatif cukup dalam rangka menghadapi sampai Lebaran karena ditambah dengan awal tahun atau di bulan Januari pun ada beberapa daerah yang akan panen kemudian diikuti Februari, Maret," ujar Deputi Bidang Ketersediaan dan Stabilisasi Pangan Bapanas, I Gusti Ketut Astawa seperti dikutip Antara, Rabu (10/1/2024).

Ketut memaparkan, dari total jumlah stok beras nasional, Bapanas menguasai stok beras di Bulog sebagai cadangan beras pemerintah (CBP) sebesar 1,3 juta ton. Jumlah itu merupakan pelimpahan stok yang melibihi di tahun 2023 yang ditetapkan sebesar 1,2 juta ton.

Dia melanjutkan, stok tersebut sebagai bantalan konsumsi hingga panen raya yang diperkirakan pada April mendatang. Sebab, pasokan CBP akan ditambah menjadi 3 juta ton sesuai dengan instruksi Presiden Joko Widodo.

Penambahan stok beras bertujuan untuk stabilisasi harga dan pasokan dilakukan Bapanas dengan menyerap hasil panen petani dalam negeri di sejumlah daerah yang sudah mulai melakukan panen awal pada Januari hingga Maret mendatang. Ditambah dengan penugasan impor beras dari India dan Thailand dengan total 3 juta yang ditargetkan setengahnya dapat tiba di tanah air sebelum April.

"Pak Mentan (Menteri Pertanian) selalu bilang beliau sudah melakukan langkah-langkah banyak dan menurut kami itu sangat tepat. Mudah-mudahan apa yang dilakukan beliau dalam rangka memperkuat produksi, setelah produksi menjadi bagian dari Badan Pangan Nasional karena kami bisa memperkuat cadangan pangan pemerintah," imbuh dia.

Selain menjaga stok beras di dalam negeri, Ketut menyebut, pemerintah juga menjaga stabilisasi harga beras dengan melakukan sejumlah program.

Pertama, menyalurkan bantuan pangan beras kepada 22 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang diberikan selama tiga bulan yakni Januari, Februari, dan Maret. Bahkan pemerintah juga berencana kembali memperpanjang untuk periode April, Mei, dan Juni.

Kemudian bagi masyarakat yang tidak terdata sebagai penerima bantuan pangan, Bapanas juga telah menyiapkan 1,2 juta ton beras Stabilisasi Pasokan Harga Pasar (SPHP) yang akan dibagikan secara bertahap setiap bulannya.

"Dalam setahun itu 1,2 juta ton, rata-rata dalam sebulan mungkin ada yang 100 ribu ton. Lihat kondisi, kala bantuan pangan tinggi (penyaluran) SPHP disedangkan, sehingga bisa menjaga ritme harga supaya tidak bergerak lagi naik karena bagaimana pun tatkala bantuan tangan dihentikan harga melonjak lagi naik karena terkait dengan produksi," pungkas Ketut.

Editor: Achmad Fauzi

Tag:  #stok #beras #nasional #melimpah #cukup #sampai #lebaran

KOMENTAR