Ini Perbedaan Kartu Debit BRI yang Punya CVV dan Tidak
Logo BRI. [BRI]
12:51
10 Januari 2024

Ini Perbedaan Kartu Debit BRI yang Punya CVV dan Tidak

Pernahkah kamu bertanya-tanya tentang perbedaan kartu debit BRI yang punya CVV dan tidak? berikut Suara.com akan memberikan cara membedakannya dengan mudah.

Seperti diketahui, beberapa kartu debit BRI dilengkapi dengan CVV. CVV, yang merupakan singkatan dari Card Verification Value, adalah tiga digit angka terakhir yang terdapat pada kartu kredit/debit MasterCard. 

Sesuai dengan namanya, CVV di kartu debit BRI ini berguna untuk verifikasi kepemilikan kartu. Biasanya, kode CVV akan diperlukan saat kamu membeli tiket pesawat atau hotel secara online di aplikasi.

Dengan memasukkan kode CVV, maka pihak aplikasi akan tahu bahwa kartu BRI yang kamu daftarkan benar-benar adalah milik kamu.

Apakah semua kartu debit BRI memiliki CVV? 

Tidak semua kartu debit BRI memiliki CVV. Kode ini hanya ada pada kartu debit berlogo Visa, MasterCard, dan JCB, dan terletak di tempat tanda tangan pada kartu kredit atau kartu debit BRI. 

Kartu Debit BRI dengan CVV yang tersedia meliputi BritAma, BritAma Bisnis, dan BritAma Valas.

Sementara jenis tabungan seperti Simpedes, BRI Junio, BritAma X (berlogo GPN), dan BRI Simpel tidak dilengkapi dengan CVV karena kartu debit ini menggunakan logo GPN bukan MasterCard. 

GPN sendiri merupakan Gerbang Pembayaran Nasional yang merupakan jenis kartu ATM dengan sistem pembayaran nontunai yang mendukung transaksi di dalam negeri. 

Sistem GPN telah terintegrasi secara nasional. Penting untuk diingat bahwa GPN hanya berlaku untuk transaksi di dalam negeri. Jika Anda berada di luar negeri, Anda akan memerlukan kartu debit dengan logo Visa atau MasterCard.

Jadi jika kartu debit kamu ada logo Visa, MasterCard, dan JCB, maka bisa dipastikan kartu debit BRI kamu memiliki CVV.

Akan tetapi apabila debit BRI kamu hanya memiliki kode GPN, maka debit BRI kamu tidak memiliki CVV di bagian belakangnya.

Perbedaan kartu debit BRI yang punya CVV dan tidak

  1. Kartu debit dengan CCV memiliki logo Visa, MasterCard, dan JCB.
  2. Kartu debit BRI dengan CVV adalah BritAma, BritAma Bisnis, dan BritAma Valas.
  3. Kartu debit dengan CVV terdapat tiga nomor di belakang tanda tangan.
  4. Kartu debit BRI dengan CVV bisa dipakai untuk melakukan transaksi online yang membutuhkan CVV.

Cara melihat kode CVV di kartu debit BRI

Untuk bisa melihat CVV ini, kamu hanya perlu membalik kartu debit kamu. Untuk pengguna BRI, kode CVV terletak di samping tanda tangan berupa 3 nomor terakhir di belakang.

Itulah perbedaan kartu debit BRI yang punya CVV dan tidak. Semoga bermanfaat!

Kontributor : Damai Lestari 

Editor: Agung Pratnyawan

Tag:  #perbedaan #kartu #debit #yang #punya #tidak

KOMENTAR