Mengenal Pendekatan People Analytics, Solusi Human Resource di Masa Depan
Acara diskusikan topik “2024 Human Resource Vision: Transformative People Analytics for Talent Predictions” yang digelar oleh Talentlytica dan PMSM Indonesia, Selasa (30/1). (Istimewa)
20:45
31 Januari 2024

Mengenal Pendekatan People Analytics, Solusi Human Resource di Masa Depan

People Analytics merupakan pendekatan yang menggunakan data dan analisis statistik untuk memahami, memantau, dan memprediksi perilaku serta kinerja sumber daya manusia (SDM) di suatu perusahaan.

People Analytics atau yang dikenal juga sebagai Human Resource Analytics ini bertujuan untuk mengubah data menjadi insight yang dapat membantu pembuat keputusan agar lebih informasional dan strategis.

"Tidak mungkin rasanya, dengan kompleksitas yang ada di dalam Human Capital, kita tidak mendasarkan suatu proses kerja yang tidak berbasis pada teknologi," kata Direktur dari PT Galva Galindra Multi Cipta, Andy Purwandi dalam acara C-Level Human Resource Gathering untuk mendiskusikan topik “2024 Human Resource Vision: Transformative People Analytics for Talent Predictions” yang digelar oleh Talentlytica dan PMSM Indonesia, Selasa (30/1).

Dengan People Analytics, human resource dapat melakukan proses rekrutmen dengan sangat efektif, manajemen kinerja yang optimal, retensi karyawan, hingga menganalisis data untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi di tempat kerja.

Namun, tidak semua perusahaan bisa mencapai People Analytics yang optimal. Perusahaan lebih sering melakukan tracking tetapi lupa untuk melakukan analytics. Di era teknologi modern ini justru human resource didorong untuk tidak lagi hanya berhenti di tahap seperti matrix, benchmarking dan prediktif saja, tetapi juga sampai di tahap preskriptif.

“Kita (Human Resource) saat ini lebih sering melakukan tracking seperti benchmark, scorecard, hingga survey. Tetapi lupa untuk melakukan analytics, dari correlation, causation, hingga prediction," ucap CEO dan Founder dari Talentlytica Aswin Januarsyaf.

Sementara itu, Vice President Director of Zurich & Chairman of PMSM Indonesia Heriyanto Agung Putra, menyatakan bahwa perusahaan-perusahaan terkemuka saat ini tidak hanya berfokus pada model bisnis, namun juga pada model operasi dan teknologi yang memungkinkan hal tersebut dan dilakukan secara terus-menerus.

"Melalui studi kasus dan pemahaman peran dalam People Analytics dalam memprediksi talent di perusahaan, acara ini diharapkan dapat membantu para praktisi human sesource dalam mengatasi tantangan Talent Management di perusahaan mereka," ujarnya.

Editor: Mohamad Nur Asikin

Tag:  #mengenal #pendekatan #people #analytics #solusi #human #resource #masa #depan

KOMENTAR