Emiten TLKM Perkuat Bisnis Pusat Data
(Dok: Telkom)
10:20
8 Oktober 2024

Emiten TLKM Perkuat Bisnis Pusat Data

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. (TLKM) menggenjot kinerja dengan memperkuat bisnis data center. Hal ini sebagai langkah adaptif untuk mengikuti perkembangan teknologi yang berkembang pesat.

Head of Digital Vertical Ecosystem Government & Public Service Telkom Indonesia Gde Ngurah Sandhy Widyasthana mengatakan, kebutuhan data center tengah meningkat, terlebih untk penyimpanan data yang aman.

Dirinya menjelaskan, perseroan memperkuat bisnis data center dengan memanfaatkan kecerdasan buatan atau AI.

"Karena memang ke depannya data center sangat dibutuhkan," ujarnya diskusi Penguatan BUMN Menuju Indonesia Emas di Sarinah Jakarta, yang dikutip Selasa (8/10/2024).

Baca Juga: Telkom Rilis Platform Video Analitik Antares Eazy, Intip Fungsinya

TLKM juga tidak sendiri dalam pengembangan data center. Sandhy menyebut, TLKM akan menggandeng perusahaan lain, di mana harus sesuai dengan jalannya bisnis perseroan.

"Terutama yang bisa AI, terus harus memperhatikan ESG juga, hemat energi, green, dan lain sebagainya. Dan kami punya kapabilitas di sana," kata dia.

Kekinian, TLKM tengah membangung pusat data berbasis AI di Batam, Kepulauan Riau. Rencananya, pembangunan ini bsa selesai pada kuartal III tahun 2025.

Adapun pembangunan pusat data seluas 10 hektare itu memakan baiaya Rp 1,5 - 1,6 triliun. Lewat proyek tersebut, TLKM bisa beri sumbangsih ke negara sebesar Rp 50 triliun dalam setahun.

Baca Juga: NeutraDC Perkenalkan Pemanfaatan AI bagi UKM Binaan Telkom Mandalika

Editor: Achmad Fauzi

Tag:  #emiten #tlkm #perkuat #bisnis #pusat #data

KOMENTAR