SIG Perkuat Komitmen Keberlanjutan di Sektor Pertambangan
Karyawan PT Semen Gresik sedang melakukan pengontrolan di klinker storage area Pabrik Rembang. [Dok Semen Gresik]
20:17
4 Oktober 2024

SIG Perkuat Komitmen Keberlanjutan di Sektor Pertambangan

PT Semen Indonesia (Persero) Tbk atau SIG terus berupaya mewujudkan komitmennya terhadap keberlanjutan dalam setiap aspek operasional perusahaan.

Direktur Operasi SIG, Reni Wulandari, mengungkapkan bahwa SIG telah mengintegrasikan aspek lingkungan, sosial, dan tata kelola (ESG) dalam kegiatan pertambangan.

"SIG berkomitmen untuk meminimalisir dampak negatif dari aktivitas pertambangan dan menciptakan nilai tambah bagi masyarakat sekitar," ujar Reni dalam keterangannya dikutip Jumat (4/10/2024).

Upaya ini mencakup penerapan praktik pertambangan yang baik, pengelolaan lingkungan yang bertanggung jawab, serta peningkatan kesejahteraan masyarakat di sekitar area operasi.

Baca Juga: Teknologi Industri 4.0 Bikin SIG Tingkatkan Produktivitas dan Hemat Energi

“Dengan menjalankan pertambangan berkelanjutan, SIG mengambil tanggung jawab yang lebih besar dalam konteks yang lebih luas," kata Reni.

Pada kegiatan pertambangan di SIG Pabrik Tuban, misalnya. Menurut dia SIG menerapkan metode zero run off untuk menjaga keseimbangan air bawah tanah di area tambang. Sedangkan dalam pengelolaan lahan pascatambang, SIG menerapkan inovasi reklamasi dengan menggunakan sistem alur.

Teknik ini dilakukan dengan membuat lubang berbentuk alur memanjang, seperti parit dengan dimensi tertentu sebagai media tanam, sehingga lebih efektif dan efisien serta ramah lingkungan. Hingga tahun 2024, SIG telah melakukan revegetasi pada lahan greenbelt dan pascatambang di Tuban, Jawa Timur, dengan penanaman 526.563 pohon di total lahan seluas 251,80 hektare.

Segala upaya ini kata Reni telah membawa SIG meraih 16 penghargaan dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) pada ajang Good Mining Practice Award 2024 yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara.

Sebanyak 16 penghargaan yang diterima SIG dan anak usahanya ini, merupakan peningkatan hingga empat kali lipat dari tahun sebelumnya di mana SIG dan anak usaha menerima empat penghargaan Good Mining Practice 2023. 16 Penghargaan yang diraih SIG meliputi 8 penghargaan untuk SIG Pabrik Tuban dan Pabrik Rembang; 1 penghargaan untuk PT Semen Padang; 2 penghargaan bagi PT Semen Baturaja Tbk, serta 5 penghargaan untuk pabrik PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (SBI) di Narogong, Tuban dan Lhoknga.

Baca Juga: Performance 3 Klub Promosi BRI Liga 1 hingga Pekan ke-6: Tim Mana Lebih Moncer?

“SIG berkomitmen untuk terus menjalankan pertambangan berkelanjutan melalui penerapan kaidah teknik pertambangan yang baik, untuk menciptakan nilai tambah bagi seluruh pemangku kepentingan,” ujar Reni Wulandari.

Editor: Mohammad Fadil Djailani

Tag:  #perkuat #komitmen #keberlanjutan #sektor #pertambangan

KOMENTAR