Mengenal Prangko NFT yang Baru Diluncurkan PT Pos Indonesia
Sumber foto: IG Kominfo
15:18
3 Oktober 2024

Mengenal Prangko NFT yang Baru Diluncurkan PT Pos Indonesia

PT Pos Indonesia resmi meluncurkan Prangko NFT atau Non Fungibel Token dengan seri Art Mural Cenderawasih bertepatan dengan upacara peringatan hari bakti postel ke-79 di Kantor Pusat PT Pos Indonesia, Bandung, Jawa Barat, pada akhir September lalu.

Peluncuran prangko ini merupakan bagian dari Program Penerbitan Prangko tahun 2024 yang sejalan dengan upaya pemerintah dalam memajukan sektor pos dan telekomunikasi melalui adopsi teknologi digital.

Lantas, apa itu Prangko NFT yang baru diluncurkan PT Pos Indonesia?

Prangko NFT merupakan sebuah bentuk koleksi digital yang terverifikasi dengan menggunakan teknologi blockchain. Prangko NFT Seri Cenderawasih ini menjadi prangko NFT pertama di Indonesia yang menggunakan konsep twin stamps yakni, prangko yang memiliki versi fisik dan digital.

Inovasi ini bertujuan untuk memperkenalkan teknologi baru dalam industri prangko, sekaligus mempertahankan nilai sejarah dan seni yang dimiliki prangko sebagai benda koleksi.

Peluncuran prangko ini menandai babak baru dalam dunia filateli Indonesia dengan hadirnya Prangko NFT yang merupakan koleksi digital berbasis teknologi blockchain.

Berbeda dengan prangko tradisional yang memiliki bentuk fisik, prangko NFT ini tersimpan dalam dunia digital dan dijamin keasliannya melalui teknologi blockchain.

Pemerintah berharap, dengan kehadiran Prangko NFT Seri Cenderawasih, diharapkan masyarakat dapat semakin terlibat dalam perkembangan dunia digital, serta mendukung transformasi digital nasional yang terus digencarkan oleh pemerintah menuju Indonesia Emas 2045.

Melalui peluncuran prangko NFT pertama di Indonesia ini menjadikan Indonesia sebagai negara ketiga di Asia Tenggara yang memiliki prangko NFT setelah Thailand dan Malaysia.

Adapun keunggulan Prangko NFT, yakni dapat dikoleksi oleh filatelis dari seluruh dunia. Kemudian memberikan kemudahan akses bagi kolektor karena diperdagangkan dan ditransfer secara digital lewat
blockchain.

Serta memiliki versi fisik dengan nomor seri yang terhubung dengan catatan blockchain. Bahkan, Prangko NFT tidak akan dapat dipalsukan.

 

 

 

Editor: Mohamad Nur Asikin

Tag:  #mengenal #prangko #yang #baru #diluncurkan #indonesia

KOMENTAR