Bus Transjabodetabek Punya Rute Baru Naik-Turun dari Mal, Ini Daftarnya
Transjabodetabek Premium di halte Plaza Senayan, Jakarta, Jumat (8/9).
12:37
23 Januari 2024

Bus Transjabodetabek Punya Rute Baru Naik-Turun dari Mal, Ini Daftarnya

Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) membuka rute baru untuk angkuta bus Transjabodetabek. Salah satunya, rute pelanggan Transjabodetabek bisak naik dan turun di pusat perbelanjaan atau mal.

Dalam pembukaan rute ini, BPTJT menggandeng Dishub Provinsi DKI Jakarta dan BUMD PT Transportasi Jakarta (Transjakarta). Nantinya, TransJakarta akan melayani rute-rute Transjabodetabek tersebut.

"Transjakarta telah tertarik sebagai operator pada 6 dari 117 rute baru JR Connexion yang telah kami petakan dengan jumlah 22 unit," ujar Plt Kepala BPTJ Suharto dalam keterangannya, Selasa (23/1/2024).

Adapun, Transjakarta juga siap mengembangkan rute Transjabodetabek di 8 mall yang ada sekitar Bodetabek diantaranya Margocity Mall (Depok), Grand Serpong Mall (Tangerang) dan Mega Mall Ciputat (Tangerang Selatan). Total armada yang akan disiapkan adalah 18 unit.

Transjabodetabek merupakan pengembangan dari layanan Angkutan Perbatasan Terintegrasi Bus Transjakarta. Layanan ini terdiri dari dua jenis, yaitu Transjabodetabek Reguler dan Transjabodetabek Premium.

Keduanya melayani kebutuhan transportasi ulang alik masyarakat di seputaran Bodetabek menuju Jakarta dan sebaliknya. Kekinian, 4 mall yang eksisting telah dilayani Transjabodetabek adalah Mega City Bekasi (Bekasi), BTC Bintaro (Tangerang Selatan), Lippo Cikarang (Bekasi), dan TangCity Mall (Tangerang)

Transjabodetabek yang akan didukung oleh Pemprov DKI merupakan layanan Transjabodetabek Premium dengan origin yang dianggap potensial berdasarkan hasil analisa BPTJ yang dilakukan pada tahun 2023 lalu.
Pemetaan dilakukan pada mall yang dianggap mempunyai fasilitas park and ride, sehingga memiliki demand yang cukup tinggi untuk menjadi alternatif jika tidak memungkinkan melakukan penjemputan ke perumahan secara langsung.

"Ini merupakan langkah awal yang baik dalam mewujudkan realisasi percepatan reformasi transportasi dalam rangka mengurangi kemacetan dan polusi di Jabodetabek. Di pertemuan selanjutnya kami akan membahas hal-hal teknis yang lebih detail sebelum melakukan penandatanganan MoU. Kami juga akan mengundang para pengembang, operator dan pihak mall untuk nantinya bisa merealisasikan penyediaan JRC, Transjabodetabek dan feeder LRT di wilayah Bodetabek," pungkas Suharto.

Editor: Achmad Fauzi

Tag:  #transjabodetabek #punya #rute #baru #naik #turun #dari #daftarnya

KOMENTAR