Upaya PIS Bantu Pemerintah Capai Net Zero Emission 2060
PT Pertamina International Shipping (PIS) ikut berperan mencapai Net Zero Emission pada 2060.
12:13
20 September 2024

Upaya PIS Bantu Pemerintah Capai Net Zero Emission 2060

PT Pertamina International Shipping (PIS) ikut berpartisipasi membantu pemerintah untuk mengurangi emisi karbon. Hal ini agar RI bisa mencapai Net Zero Emission pada 2060.

Salah satu yang dilakukan yaitu melestarikan Sungai Ciliwung lewat festival Ciliwung SH IML. Festival ini digelar atas kerja sama PIS dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) serta organisasi nirlaba Yayasan Sahabat Ciliwung.

Bertema 'Ciliwung Merdeka dari Sampah dan Limbah,' Festival Ciliwung SH IML bertujuan membangun peran serta masyarakat dalam menjaga dan merawat kelestarian Sungai Ciliwung.

Festival ini diadakan di Dermaga Perahu Sahabat Ciliwung, Depok, dan diharapkan dapat menjadi momentum penting dalam upaya pelestarian lingkungan serta meningkatkan kesadaran publik mengenai pentingnya menjaga kebersihan sungai Ciliwung.

Baca Juga: PIS Sediakan Sediakan Teknologi Pompa Air Tenaga Surya untuk Pertanian di NTT

"Melalui kolaborasi ini, PIS juga turut mendukung upaya pemerintah Indonesia untuk mencapai target Net Zero Emission pada 2060 melalui pelestarian Sungai Ciliwung agar dapat memberikan dampak positif kepada masyarakat baik secara lingkungan, sosial, maupun ekonomi" ujar Vice President Health, Safety, Security and Environment (HSSE) PIS Ade Gunawan yang dikutip, Jumat (20/9/2024).

Dalam program ini, KLHK, bersama dengan PIS dan tokoh masyarakat setempat, akan mengadakan lomba kebersihan bantaran sungai Ciliwung yang melibatkan lima kelurahan di sekitar Zona Gerbang Biru Ciliwung.

Lomba ini bertujuan untuk mendorong gotong royong warga dalam membersihkan dan menjaga kelestarian sungai Ciliwung, khususnya di wilayah kelurahan masing-masing.

Selanjutnya, PIS dan Yayasan Sahabat Ciliwung akan melakukan penjurian terhadap peserta lomba kebersihan dengan menilai tiga aspek utama: jumlah peserta kegiatan, luas area yang dibersihkan, serta volume sampah anorganik yang berhasil diangkat setelah kegiatan. Pengumuman pemenang dan penyerahan hadiah akan dilaksanakan pada acara penutupan Festival Ciliwung SH IML, yang akan diadakan pada 28 September 2024.

Program Festival Ciliwung SH IML juga sejalan dengan kontribusi Pertamina Group dalam Festival CIliwung 2024 yang dibuka langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya dan Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati pada Agustus 2024 lalu.

Baca Juga: PIS Kelola 5.300 Pelaut Demi Distribusikan 161 Miliar Liter Minyak hingga LPG

Pada kesempatan tersebut, Pertamina Group ambil bagian melalui Gerakan Membangun Bersih Indah Lestari Rahayu Ciliwung (Gerbang Biru Ciliwung) yang berfokus untuk rehabilitasi fungsi sungai Ciliwung yang berkelanjutan. Lebih lanjut Pertamina Group juga menanam 200 pohon serta mendonasikan 7 perahu karet untuk dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar.

PIS berterima kasih kepada seluruh pihak yang berpartisipasi dalam kolaborasi Festival Ciliwung SH IML, di mana sungai selain menjadi bagian penting dalam elemen kehidupan dan juga aliran akhirnya akan menuju ke laut menjadi bagian penting dalam aktivitas bisnis PIS, selaras dengan komitmen PIS mendukung NZE 2060.

"Kegiatan ini juga sekaligus diharapkan dapat menjaga kelestarian dan keberlangsungan ekosistem di Sungai Ciliwung sehingga ke depannya dapat memberikan manfaat yang berkelanjutan bagi generasi mendatang," pungkas Ade.

Editor: Achmad Fauzi

Tag:  #upaya #bantu #pemerintah #capai #zero #emission #2060

KOMENTAR