Holding BUMN Tambang Telah Serap Ribuan Tenaga Kerja dari Program Hilirisasi
Ilustrasi pekerja tambang Smelter. (Dok: MIND ID)
17:45
19 September 2024

Holding BUMN Tambang Telah Serap Ribuan Tenaga Kerja dari Program Hilirisasi

Holding BUMN Industri Pertambangan atau MIND ID telah menyerap 3.600 tenaga kerja baru dari program hilirisasi. Penyerapan tenaga kerja ini baru dilakukan di dua proyek smelter.

Direktur Utama MIND ID, Hendi Prio Santoso menjelaskan, dua proyek Smelter itu diantaranya, Smleter Grade Alumina Refinery (SGAR) di Mempawah, Kalimantan Barat yang menyerap 1.000 tenaga kerja.

Kemudian, Smelter Tembaga Manyar  yang bisa memberi pekerjaan 2.600 orang.

"Kualitas tenaga kerja juga terus meningkat yang dibuktikan dari kontribusi tenaga kerja lokal pada operasional dan manajerial yang semakin besar pada usaha-usaha Grup MIND ID," ujar Hendi seperti dikuti Kamis (19/9/2024).

Baca Juga: Akal Bulus Bos Timah: Sewa Smelter Swasta Lebih Mahal Rp2,2 Triliun Dibanding Pakai Milik Sendiri

Hendy melanjutkan, kontribusi pada penerimaan negara juga terus meningkat dari sisi pajak, dividen dan penerimaan bukan pajak lainnya seiring dengan peningkatan produksi serta nilai tambah dari produk turunan yang dihasilkan.

"Kami sadar sebagai aset milik negara, kami harus mampu memberikan kontribusi yang optimal bagi perekonomian. Kami pun yakin kekayaan sumber daya alam ini mampu dijadikan kekuatan untuk basis kita mengembangkan ekonomi masa depan," imbuh dia.

Selanjutnya, Grup MIND ID juga mampu menyediakan komoditas mineral yang mampu menyokong penguatan industri hilir Indonesia. Mineral kelolaan Indonesia juga mampu mencukupi kebutuhan industri untuk bertransformasi sekaligus menyongsong program transisi energi.

"MIND ID, tentunya dengan pelaku usaha swasta lainnya, mampu menjadi pemasok bahan baku untuk industri barang jadi yang akan membuat skala ekonomi nasional menjadi lebih kuat," pungkasnya.

Adapun, Hendi memaparkan sejumlah proyek strategis program hilirisasi yang saat ini tengah diselesaikan oleh Grup MIND ID. PT Freeport Indonesia (PTFI) akan meresmikan smelter baru berteknologi single lines terbesar di dunia. Ditambah dengan smelter yang telah ada, pabrik pemurnian konsentrat tembaga ini akan meningkatkan kapasitas produksinya dari 1 juta ton menjadi 3 juta ton.

Baca Juga: RI Punya Hilirisasi Pengolahan Kelapa Jadi Energi Terbarukan

"Program hilirisasi ini akan terus dilanjutkan. Sektor unggulan kita dari komoditas seperti timah, tembaga, aluminium, nikel, dan lainnya akan terus diperkuat agar mampu seoptimal mungkin memberikan manfaat bagi sebesar-besarnya kemakmuran dan kesejahteraan rakyat," pungkas dia.

Editor: Achmad Fauzi

Tag:  #holding #bumn #tambang #telah #serap #ribuan #tenaga #kerja #dari #program #hilirisasi

KOMENTAR