'Hitler Amerika' Jadi Kritik Paling Disorot dari Vance ke Trump, Kini Maju Berpasangan di Pilpres 2024
Donald Trump dan J.D. Vance (instagram/teamjdvance)
11:40
16 Juli 2024

'Hitler Amerika' Jadi Kritik Paling Disorot dari Vance ke Trump, Kini Maju Berpasangan di Pilpres 2024

Senator JD Vance (R-Ohio) adalah salah satu dari banyak anggota Partai Republik yang berubah dari kritikus menjadi pendukung Donald Trump, tetapi perubahan sikapnya mungkin yang paling mencolok.

Dalam pesan pribadi di Facebook tahun 2016 kepada mantan teman sekamarnya di Yale Law School, Senator negara bagian Demokrat Georgia Josh McLaurin, Vance mengatakan bahwa Trump bisa menjadi "Hitler Amerika."

"Saya kadang-kadang berpikir bahwa Trump adalah seorang oportunis sinis seperti Nixon yang tidak akan seburuk itu (dan bahkan mungkin berguna) atau bahwa dia adalah Hitler Amerika," tulis Vance.

Komentar ini menjadi sorotan pada tahun 2022 selama kampanye Senat Vance dan merupakan salah satu dari banyak pernyataan kritis yang diabaikan Trump ketika memilih Vance sebagai pasangan wakil presidennya pada hari Senin.

Baca Juga: Lulusan Sekolah Menengah Bethel Park, Ini Catatan Thomas Crooks Si Penembak Donald Trump

Cawapres Donald Trump, JD Vance (instagram/teamjdvance)Cawapres Donald Trump, JD Vance (instagram/teamjdvance)

“Jelas dia licik, tetapi yang lebih penting dia marah dan pendendam. Sangat cocok untuk balas dendam Trump,” kata McLaurin di media sosial pada hari Senin, tak lama setelah Vance diumumkan sebagai wakil presiden pilihan Trump. “Kenaikan JD adalah kemenangan bagi orang-orang sinis yang marah di mana pun.”

Vance beberapa kali mengecam Trump pada tahun 2016 dalam wawancara terkait memoarnya yang berjudul "Hillbilly Elegy," yang membuatnya menjadi komentator terkenal tentang pedesaan Amerika dan kebangkitan politik Trump.

Dia berargumen bahwa calon presiden dari Partai Republik saat itu memberikan janji-janji kosong yang tidak akan menyelesaikan masalah komunitas yang sakit seperti di Ohio, tempat Vance dibesarkan.

“Trump adalah pahlawan budaya. Dia membuat beberapa orang merasa lebih baik sebentar. Tetapi dia tidak bisa memperbaiki apa yang membuat mereka sakit, dan suatu hari mereka akan menyadarinya,” tulis Vance dalam artikel The Atlantic pada Juli 2016.

Vance menggambarkan dirinya sebagai “Never Trump” dan menyebut Trump sebagai “idiot” dalam tweet yang telah dihapus sejak itu. Dalam wawancara pada Agustus 2016 dengan NPR, dia bahkan mengatakan bahwa dia mungkin akan memilih Hillary Clinton, calon presiden dari Partai Demokrat, jika dia berpikir Trump mungkin benar-benar menang.

Baca Juga: Donald Trump Ternyata Punya Lapangan Golf di Jawa Barat

“Saya pikir dia berbahaya dan memimpin kelas pekerja kulit putih ke tempat yang sangat gelap,” kata Vance.

Namun, ketika Vance memasuki dunia politik dengan mencalonkan diri sebagai Senator pada tahun 2021, dia menarik kembali semua pernyataan tersebut, dengan mengatakan bahwa dia menyesali komentarnya di masa lalu.

Mantan Presiden AS, Donald Trump. [Reuters]Mantan Presiden AS, Donald Trump. [Reuters]

“Saya meminta orang-orang untuk tidak menilai saya berdasarkan apa yang saya katakan pada tahun 2016, karena saya sangat terbuka bahwa saya mengatakan hal-hal kritis itu dan saya menyesalinya, dan saya menyesal telah melakukan kesalahan terhadap orang tersebut,” kata Vance kepada Fox News pada tahun 2021. “Menurut saya dia adalah presiden yang baik, menurut saya dia membuat banyak keputusan yang baik untuk rakyat, dan menurut saya dia menerima banyak kritik yang tidak adil.”

Perubahan sikap ini mendapat dukungan dari Trump, yang membantunya mengamankan pemilihan pendahuluan yang ketat di Partai Republik, dan akhirnya menempatkannya di Senat AS, di mana ia menjadi salah satu pendukung Trump yang paling agresif di Kongres. Dan sekarang, bergantung pada bagaimana pemilu presiden tahun ini berlangsung, Vance bisa saja menjadi wakil presiden Trump.

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #hitler #amerika #jadi #kritik #paling #disorot #dari #vance #trump #kini #maju #berpasangan #pilpres #2024

KOMENTAR